Pengertian Bahasa Pemograman PHP

Pengertian Bahasa Pemograman PHP- Sebelum Kita Belajar Pemograman PHP setidaknya kita harus mengerti Php Itu apa dulu, jadi PHP singkatan dari PHP: Hypertext Preprocessor. PHP adalah bahasa pemrograman yang bisa disisipkan ke dalam script HTML, dan berjalan di sisi server, biasanya dipakai untuk membuat website agar lebih dinamis. Selain itu menggunakan bahasa PHP kita bisa terhubung dengan database.

PHP merupakan server-side scripting language, seperti ASP Skrip PHP dieksekusi di server, PHP mendukung banyak database (MySQL, Informix, Oracle, Sybase, Solid, PostgreSQL, Generic ODBC, dll), PHP merupakan perangkat lunak open source. Jadi Jika bersifat opensource tentunya kita dalam menggunakan bahasa  pemograman php ini. tidak ada suatu pembayaran tertentu untuk menggunakan nya. dalam istilah PHP juga sebagai tempat dimana kita dapat mengolah sebuah data perkantoran menggunakan bahasa pemograman php. ini sperti operator aritmatika. yang pada umumnya untuk menyelesaikan suatu perhitungan. dan masih banyak lagi fungsi penggunaan bahasa pemogragaman php ini.


Pada awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page (Situs personal). PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web. dengan Pendaftaran melalui formulir web memudahkan kita dalam pengoperasian sebuah data yang dimana hal tersebut akan mempermudah dalam mendata humanis suautu perusahaan.

Selanjutnya Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI. Dengan perilisan kode sumber ini menjadi sumber terbuka, maka banyak programmer yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP. Jadi Rasmus tidak mematok untuk hak ciptanya dengan beberapa dolar akan tetapi rasmus memberikan source apabila publik progamer ingin ikut mengembangkan Bahasa pemograman tersebut.  hal tersebut dilakukan agar semakin berkembangnya teknologi yang di rilis Rasmus.

Pada November 1997, dirilis PHP/FI 2.0. Pada rilis ini, interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam program C. Dalam rilis ini disertakan juga modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan. dengan Modul tersebut secara otomatis banyak orang akan tertarik mengembangkan lagi. dengan di rilis nya PHP /FI 2.0 rasmus tentunya dengan senang adanya suatu kemajuan yang terjadi. hal ini menjadi tolak ukur untuk rasmus untuk mengembangkan lebih jauh lagi.

Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian pada Juni 1998, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0 dan singkatan PHP diubah menjadi akronim berulang PHP: Hypertext Preprocessing.

Pada pertengahan tahun 1999, Zend merilis interpreter PHP baru dan rilis tersebut dikenal dengan PHP 4.0. PHP 4.0 adalah versi PHP yang paling banyak dipakai pada awal abad ke-21. Versi ini banyak dipakai disebabkan kemampuannya untuk membangun aplikasi web kompleks tetapi tetap memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi.

Pada Juni 2004, Zend merilis PHP 5.0. Dalam versi ini, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukkan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek.

Baca Juga :
 3 Aturan Cara Penulisan Variabel PHP Untuk Pemula
Cara Menampilkan Bilangan Prima di PHP

Demikian Sedikit penjelasan mengenai Pengertian bahasa pemograman php dan Perjalanan bahasa pemograman php pada awal dulu dan saat itu sangat membantu dalam suatu perkantoran yang ada di dunia, dan sampai sekarang pun selalu ada pembaharuan pembaharuan para progamer yang sudah terkenal sampai ke indonesia. tentunya bagi kalian jurusan Informatika. Kenyang dalam belajar bahasa pemograman php. Dan saya katakan kepada kalian GOOD JOB Friend.
Tag : Pemograman
1 Komentar untuk "Pengertian Bahasa Pemograman PHP"

belajar bahasa pemrograman php memang rada susah, ane sudah pada lupa tuh tentang code2nya hehe

Back To Top