Belajar Rumus excel Perhitungan,Perkalian Otomatis di Excel 2010

Rumus Excel Perhitungan dan Perkalian  Otomatis di Excel 2010-Perhitungan dan Perkalian pada umumnya sangat mudah di lakukan pada program microsoft excel.Untuk pemula mungkin akan bingung bagaimana rumus nya.Nah sebelum kita belajar kesana alangkah baiknya kita mengenali apa itu microsoft excel. Microsoft excel atau istilah lainya microsoft office excel adalah sebuah program software aplikasi lembar kerja spreadsheet atau istilah lainya merupakan Lembar Kerja Elektronik.

Software ini menampilkan lembaran tabel-tabel contoh pembelian barang, Stock barang. Biasanya yang menggunakan aplikasi ini administrasi perkantoran,admin sekolah maupun kegiatan-kegiatan pribadi kita pun bisa menggunakan software ini. Software ini untuk sistem operasi Windows dan Mac OS. Sedangakan dalam cara menggunakannya pun sangat mudah sehingga Microsoft Excel menjadi salah satu software komputer yang sangat user friendly atau mudah di pahami.

Perhitungan otomatis tentunya akan membantu kita untuk menghitung range angka dengan cepat, tanpa harus berpikir dahulu. Untuk itu jika kita dapat memahami rumus-rumus ini tentunya akan cepat membantu dalam hal menyelesaikan pekerjaan kita dengan cepat dan lugas. 

Perkalian otomatis pun kita tidak usah capek-capek memencet kalkulator kita karena rumus excel nya sangat mudah sekali. Dan secara otomatis kita bisa menjumlah angka-angka yang membuat kita pusing walaupun pada saat kita mau update data juga lebih enak menggunakan microsoft excel ini.

Perhatikan dan Baca dengan Santai saja langkah-langkah Di bawah ini  ?

1. Buka Microsoft Excel 2010 kamu. Dan kemudian Klik Formula pada bagian atas sidebar. perhatikan gambar di bawah ini


2. Kemudian langkah ke dua Klik Calculation Options - Centang Automatics.Seperti gambar dibawah ini ya.

3. Selanjutnya kita buat lokasi cell yang akan kita jumlah kan barang atau harga total nya . 


4. Kemudian Klik aja kotak D14 dan kita akan menjumlahkan total harga yang dari 4.000.000 itu sampai yang 5000. klik Autosom(di sebelah kanan atas home). dan Enter


Keterangan Rumus Excel Sum : =SUM(E4:E13) merupakan kotak tempat hasil penjumlahan dari kotak E4 sampai E13 .Jadi setiap kita masukan atau merubah data angka dari kotak E4-E13 Maka rumus Kotak E14 akan Menjumlahkannya Secara Otomatis.

5. Selesai. Setelah kita mengatur perhitungan secara otomatis, Mudah bukan Rumus auto sum nya.Silahkan Baca Selengkapnya Belajar Rumus Excel SUM, SUMIF dan SUMIFS lengkap

Rumus Excel Perkalian otomatis 

Untuk perkalian Otomatis kali ini saya akan memberitahu dimana rumus excel perkalian di microsoft excel yang saya gunakan pada tabel daftar pembelian barang karang taruna sugihan adalah kotak E4 sampai dengan E13 lihat kotak di bawah ini :
Perhatikan Rumus nya ya :


Pada Fx itu merupakan fungsi atau rumus dalam istilah excel untuk perkalian kali ini rumus yang di gunakan adalah =C4*D4  maksut nya pada kotak E4 itu kolom C4 adalah kotak yang nilai nya 4.000.000 kemudian di kalikan ke Kolom D4 yaitu samping nya dan hasil perkalian tersebut adalah 4.0000.000 pada kolom E4.

Kumpulan Contoh Soal Latihan Excel Komputer di perusahaan
Rumus Excel Administrasi Perkantoran 
Fungsi Freeze panes Excel 2010

Singkat Penjelasan saya mungkin temen-temen  sudah paham dalam rumus yang saya jelaskan di atas tadi .. untuk lebih jelasnya silahkan bisa kunjungi chanel youtube saya di situ saya jelaskan secara rinci. Demikian belajar excel kali ini mengenai Cara Membuat Rumus Excel Perhitungan dan Perkalian  Otomatis.
Back To Top