Belajar Rumus excel SUM, SUMIF, SUMIFS lengkap

Belajar Rumus excel SUM, SUMIF, SUMIFS lengkap- Melanjutkan belajar kita bersama mengenai kelanjutan rumus excel administrasi perkantoran yang lalu. Kali ini Kita akan belajar pada rumus poin yang ke 2 yaitu belajar rumus excel SUM.SUMIF,SUMIFS Secara lengkap. Dengan menggunakan contoh soal sumif  kamu wajib praktek agar kamu memahami administrasi perkantoran.

Pertama kita harus mengetahui Arti Kata SUM terlebih dahulu, jadi Kata SUM berarti Penjumlahan. tentunya Rumus Penjumlahan ini kita gunakan dalam kegiatan-kegiatan sehari seperti menghitung data penjualan, data belanja, data aconting perkantoran maupun Data Bank
Belajar Rumus excel SUM, SUMIF, SUMIFS lengkap
Microsoft excel jika di gunakan sebagaimana mestinya tentunya akan mempermudah pekerjaan kita, Misalkan contoh kasus anda sedang membuat data penjualan online baju anda tentunya anda membutuhkan data laporan mingguan maupun bulanan bukan, 

Dengan Rumus excel SUM ini anda tidak usah repot-repot berkutik dengan kalkulator anda dengan manual dengan menghitung satu persatu data minggu ini terjual celana berapa, modal berapa dengan excel hitung menghitung menjadi mudah.

Di era serba digital ini kita harus Selalu Update Ilmu kita biar tidak ketinggalan zaman, Jika anda berkenan silahkan ikuti website ini karena sesuai dengan judul nya update informasi menarik tentunya anda membaca di website yang tepat disini kita akan belajar bersama,

Kita rehat sejenak, Sebelum kita lanjut ke contoh soal RUMUS Excel SUM . Apabila anda sudah memahami analogi tentang Pengertian Rumus  Excel SUM di jelaskan di atas kita mulai belajar nya.

Contoh Soal Fungsi Rumus Excel SUM


Contoh soal : Jadi Begini Si Joni ini sebagai bendahara karang taruna di desa sugihan kecamatan toroh. Dia ingin melihat pengeluaran dana karang taruna selama bulan ramadan ini. untuk mempermudah penghitungan, Kita akan belajar membantu joni Menggunakan RUMUS EXCEL SUM sederhana dulu ya,, Oke kita Praktek Sekarang, Buat data seperti gambar di bawah ini :

tabel buku kas karang taruna

Data yang di isi yang debet sama kredit ya karena yang saldo itu menggunakan rumus sendiri dengan campuran sum dan min  kita fokus di debit dan kredit saja dulu karena kita akan belajar secara bertahap oke teman-teman. Jika sudah selesai

langkah Kedua yaitu aktifkan sel pada D13 dengan cara klik saja di samping kata Jumlah. kemudian Pilih rumus excel Sum dengan cara seperti gambar di bawah ini :

tabel buku kas karang taruna
langkah ketiga kita merubah sel mana yang akan kita jumlahkan dalam kasus di atas yang kita jumlahkan dari sel D3 sampai D12 untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar di bawah ini.
tabel buku kas karang taruna
Maka kita sudah membantu joni dalam menghitung pemasukan bulan ini, memang soal ini saya buat simple perbulan saja, Jika joni menggunakan kalkulator berapa lama si joni menyelesaikan nya jika data yang di analisa dalam setahun bikin capek bukan. Sekarang kita sudah praktek Rumus excel SUM untuk membantu pekerjaan si Joni.. Kita Bisa istirahat sejenak sembari rilexskan Pemikiran kita terlebih dahulu sebelum nya di sini yang kita bahas rumus dasar nya dulu ya, 



Pada dasarnya Rumus excel SUMIF merupakan fungsi statistik yang menggabungkan fungsi SUM dengan Fungsi IF. sudah saya singgung di postingan sebelum nya mengenai arti sum dan if untuk lebih jelasnya silahkan cek dahulu jika ingin tahu arti dari  SUM dan IF. Jadi Fungsi dari SUMIF ini sangat berguna jika kita menjumlahkan cell dengan satu kriteria tertentu. Kriteria yang di maksut disini adalah bisa berupa angka, text atau sel

Syntax penulisan rumus  excel SUMIF  nya adalah sebagai berikut :

=SUMIF(range, criteria, [SUM_range])

keterangan :

range = merupakan area dari kriteria atau kategori yang akan kita pilih

Criteria = merupakan variabel kriteria yang akan kita ambil sebagai ketentuan penjumlahan, bisa berupa angka, text atau“Roti, Kacang, sama Minuman” tergantung pada jenis yang diinginkan
sum_range = merupakan area nilai angka yang hendak kita jumlahkan berdasarkan kriteria yang telah kita tentukan nilainya berupa angka.

CONTOH SOAL : Kali ini kita akan membantu joni menghitung uang yang akan  di berikan pada sebuah toko untuk acara Takjil buka bersama karena si joni dulu ambil barang  dulu atau istilah nya hutang, maka si joni ingin melihat total uang yang akan di berikan  berdasarkan TOKO? Untuk itu kita akan menggunakan RUMUS excel SUMIF :

buku belanja acara takjil karang taruna

Silahkan anda  lihat kotak yang saya beri warna merah di situ sel aktif di jumlah yang aan mart bukan,, dan lihat di kotak merah yang diatas sudah saya beri fungsi rumus excel sumif. tugas anda silahkan ganti toko yang pak warung pak joko kira-kira habis berapa ya. silahkan anda praktek dan buat buku belanja seperti di atas.  jika anda sudah selesai membuatnya maka hasilnya akan seperti ini :

buku belanja acara takjil karang taruna

selamat anda sudah membantu si joni untuk membayar setiap toko yang dia hutang  saat pembelian,untung si joni hutang nya cuma 2 toko, bagaimana dia suruh menghitung ribuan  toko jika acara yang di adakan Joni besar dari itu, jika anda sudah mengerti analogi dari rumus excel SUMIF . Baca juga :

Fungsi Rumus excel SUMIFS

Pada dasarnya Rumus excel SUMIF dan SUMIFS itu sama cuman yang berbeda dari SUMIFS ini dia Kategori nya bisa bertingkat maupun ganda maka dari itu saya akan membuat soal beda lagi dengan yang sumif di atas karena  rumus yang saya berikan Rumus Sumif Yang di gunakan sebagai administrasi keungan. Biasaya rumus excel SUMIFS ini di gunakan untuk mendata stok Barang yang ada di toko anda, Misalkan nanti saya akan memberikan toko onlain pakaian anda ya. agar data Stok masih  berapa nanti saya akan memberikan tips dari rumus SUMFIS ini, 

CONTOH SOAL :
Pada hari Minggu Sinta ingin Mendata Paketan Barang Datang  dari surabaya solo dan Yogyakarta, Berupa Celana , Baju dan sepatu. Setiap kota tadi pesannya jumlah barangnya berbeda-beda, Untuk Itu untuk mempermudah pekerjaan sinta kita akan membantu dengan Menggunakan rumus excel SUMIFS. yuk kita mulai Membuat datanya. 

laporan Toko online

Langkah-langkah di atas adalah Pertama buatlah data  seperti di atas Kemudian jika anda sudah selesai.selanjuta anda gunakan rumus Sumif dengan lihat Kotak merah di atas itu merupakan Rumus excel SUMIFS dengan Bertingkat  jika di jelaskan seperti ini menurut pendapat saya .. bunyi rumus excel  nya seperti ini:

"hasil akhir sama dengan Jumlahnya akan ketemu jika antara sel D3 sampai D12 atau C3 sampai C12 adalah sepatu dengan Syarat e harus ada Solo nya di sel B3 sampai B12 otomastis  ketemu hasilnya "

Coba  aja  ada data sepatu nya ada 2 di solo otomatis akan menjumlahkan sendiri, mudah bukan dalam proses membantu pekerjaan nya sinta. Lantas jika sinta ingin mengetahui 2 kota saja stok sepatu dari solo dan jogja terus bagimana rumus excel Sumif yang di gunakan. silahkan anda tulis rumus excel yang sudah di kotak warna merah seperti gambar di bawah ini :

laporan Toko online
Terus kok Jumlahnya seratus padaha kan harus nya lebih, tidak usah panik kita rehat sejenak dulu sambil tarik  nafas, oke kenapa masih seratus saya akan menjelaskan karena sistem penghitungan menggunakan array,, jadi untuk bisa tampil sesuai jumlah silahkan tambahkan RUMUS excel SUM di depan nya jadinya akan seperti ini :

laporan Toko online

Demikian Belajar excel kali ini mengenai Kumpulan Soal Rumus excel  SUM, SUMIF, SUMIFS di Excel kita belajar mengenai data dari acounting sampai data stok barang semoga akan mengembangkan ilmu kita dan bisa menghitung dengan excel karena excel membantu akan pekerjaan kita sehingga waktu kita bekerja lebih singkat dalam proses pekerjaan administrasi.  baca juga Kumpulan soal rumus excel if lengkap
0 Komentar untuk "Belajar Rumus excel SUM, SUMIF, SUMIFS lengkap"

Back To Top