Membuat Perintah dasar Comment Di SQL untuk pemula

Membuat Perintah dasar Comment Di SQL untuk pemula- Hal pertama dalam belajar SQL kita harus mengetahui terlebih dahulu mengenai perintah dasar Sql, baik jika sebelumnya saya membahas mengenai sejarah Sql dan pengertian dasar, silahkan bagi temen temen yang belum membaca silahkan baca terlebih dahulu, agar kita bisa lanjut pada materi perintah dasar SQL ini,

Membuat Perintah dasar Comment Di SQL untuk pemula
Membuat Perintah dasar Comment Di SQL untuk pemula

Dalam hal belajar kita harus mengetahui konsep terlebih dahulu penting nya konsep dalam bahasa pemograman sangat penting, jika temen temen belajar harus bertahap karena tidak mungkin dalam waktu sehari anda menguasai SQL. untuk itu saya membuat materi ini juga bertahap ya. banyak materi pembelajaran di dalam internet terkadang kita bisa bingung sendiri, tetapi jika anda belajar bisa mengonsep saya yakin kita dalam belajar sql ini dapat paham seutuhnya.

comment sql adalah perintah dasar kita ingin membuat sebuah komentar pada script yang kita buat, komentar biasanya untuk membuat sebagai catatan mengenai script tersebut. atau juga bisa untuk menonaktifkan sebuah script.

 untuk itu kita pahami terlebih dahulu aturan perintah dasar Comment kita pelajari itu dahulu ya, jadi Dalam perintah dasar sql coment sendiri ada 2 macam yaitu:

1. Single line Comment 

Single line Comment adalah sebuah script yang di non aktifkan dalam satu baris. berikut contoh untuk membuat sebuah comment dalam Sql. menggunakan dengan simbol "--" tanpa tanda petik ya. untuk membuat sebuah komentar nya

Contoh:
a. menonaktifkan script dalam satu baris:

-- SELECT * From nama_tabel ;

 b. membuat sebuah catetan

-- Query untuk melihat tabel

Dalam contoh di atas merupakan 2 contoh yang biasa di gunakan seorang operator dalam untuk menghafalkan tabel dalam suatu database.
2. Multi line Comment

Multi line Comment adalah sebuah script perintah dasar query yang di awali dengan simbol " /* " dan di akhiri dengan "*/" fungsi sama untuk membuat komentar di dalam pemograman SQL.

Contoh :

a. Contoh menonaktifkan script SQL yang terdiri 2 baris
/*Select * from 
nama_tabel where sebuah kondisi ;*/
   
b. Contoh Comment didalam sebuah statment script di dalam Pemograman SQL

SELECT * FROM /*nama_Tabel1*/ Nama_Tabel 2;

Pada perintah di atas secara otomatis tabel satu sudah tidak aktif lagi. dan perintah yang akan di eksekusi adalah Nama_Tabel 2. Dengan cara menggunakan Comment ini otomatis kita tidak perlu menulis perintah dasar yang sebelumya. 

Dalam hal ini  saya rasa anda paham untuk perintah dasar Comment di dalam SQL ya. silahkan anda mulai untuk praktek membuat sebuah komentar  di local komputer anda bila temen temen belum instal Sql silahkan baca terlebih dahulu cara menginstal SQL di komputer anda melalui web resmi yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

Demikian sedikit coretan mengenai  Membuat Perintah dasar Comment Di SQL untuk pemula yang wajib anda ketahui, dan wajib anda pahami terlebih dahulu agar dapat membantu pekerjaan anda mengenai database.

Tag : Pemograman
0 Komentar untuk "Membuat Perintah dasar Comment Di SQL untuk pemula"

Back To Top