6 cara belajar efektif dan efisien di rumah

Cara belajar efektif dan efisien di rumah - Belajar efektif itu seperti apa sih. Kalau menurut saya belajar efektif adalah dimana kemampuan dalam memahami materi dengan cepat. Banyak para pelajar yang belum mengetahui belajar efektif dan efisien. Dahulu saya pernah belajar sampai larut malam. Kemudian besoknya Lupa lagi. Apalagi kalau mendapatkan PR(pekerjaan rumah dari sekolah ) biasanya di kerjakan sistem kebut semalam.
belajar di rumah
image source : Pixabay.com
Belajar efektif dan efisien bila di terapkan dengan baik. Hal tersebut akan membantu kamu dalam memahami materi pembelajaran dengan baik.  Belajar memang baik. Tapi alangkah bagusnya kamu dalam belajar dapat terstruktur, itu akan memberikan manfaat tersendiri. Selain belajar efektif dan efisien waktu yang di butuhkan sangat sedikit. Dan kualitas dalam belajar sangat  memuaskan. Sehingga kamu dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

Contoh belajar efektif : Banyak Pelajar di sekolah yang kategori pendiam, tetapi nilai dia selalu bagus. Tahukah kamu dia belajar efektif dan efisien dirumah mereka. Pengalaman saya temen saya di sekolah tidak akif. Tetapi setiap ada ulangan di mendapatkan nilai yang memuaskan. Waktu belajar di rumah yang paling baik adalah antara jam 7 sampai jam 9 malam. Kalau menurut agama islam waktu emas untuk belajar adalah pada waktu setelah subuh, kenapa dengan waktu subuh karena konsentrasi kita dalam belajar baru bagus bagus nya.

Dalam memahami materi pembelajaran setiap orang memiliki kapasitas tersendiri. Buat kalian yang sering belajar dirumah. Mungkin sudah terbisa dengan belajar yang menyenangkan. Dan apabila hanya belajar di sekolah saja. Maka tidak ada salah nya belajar di rumah menjadi tambahan. Cara agar belajar kamu menjadi efektif dan efisien  maka akan bagikan beberapa tips supaya belajar kamu menjadi menyenangkan dan materi pembelajaran yang kalian pahami cepat paham.

Tips cara belajar efektif dan efisien di rumah :


1.    Sebelum belajar  Berdoa

Dengan Kamu berdoa tentunya pikiran yang menggangu akan hilang sendiri. Bila kamu dalam hal belajar di awali dengan berdoa itu sangat bagus. Karena dengan berdoa akan menambah niat kokoh kamu dalam belajar. Berdoa merupakan kekuatan yang paling utama. Karena belajar dan berdoa akan membantu kamu menjadi lebih konsentrasi. Jangan Anggap remeh kegiatan berdoa. Karena waktu kecil sewaktu SD setiap pagi Ibu guru mengajari kita dalam berdoa.

Dengan berdoa hati kita akan mendapatkan ketenangan tersendiri. Jika kalian dalam belajar dengan Hati yang tenang. Maka belajar kalian akan menjadi lebih menyenangkan, beda apabila hati kamu sedang jengkel atau sedang ngapain. Tentunya dalam belajar kamu akan kurang santai. Dan parahnya materi yang kamu pelajari akan susah masuk (Paham).

2.    Buat Kamar belajar menjadi nyaman

Kamar belajar rapi tentunya membuat  psikologi sebelum belajar menjadi lebih bersemangat. Untuk kalian ingin belajar kalian lebih efektif dan efisien. Maka sebaiknya perhatikan kamar kamu sudah rapikah, Karena dengan tempat belajar yang rapi maka dalam kita mencari buku sumber belajar kita mudah di ketemukan. Pernahkah kamu mau belajar kok buku nya tidak ada. Nah hal hal kecil seperti itu dapat mengganggu kegiatan dalam belajar,  mau belajar eh buku nya tidak  ada.

Bila kalian sudah terbiasa kamar yang berantakan dan membuat kamu nyaman.  Boleh kalian belajar dengan keadaan kamar yang berantakan. Yang terpenting adalah tempat belajar kamu nyaman buat kamu sendiri. Tapi saya sarankan coba deh buat tempat belajar kamu menjadi bersih dan nyaman, karena dengan keadaan yang bersih dan nyaman. Kalian akan lebih fokus dalam belajar. Hal tersebut  akan membantu media belajar kamu menjadi efektif dan nyaman.

3.    Tentukan Target yang akan Di pelajari

Membuat target yang akan di pelajari ini sangat penting. Karna dengan target belajar menjadi efektif dan efisien.  Target misal kamu hari ini belajar matematika. Nah selesain dulu kasus matematikan kamu. Jangan Misal Kamu target kamu belajar matematika eh 10 menit kemudian kamu membaca cara menggunakan excel. Maka dalam belajar seperti itu membuat kamu tidak bisa fokus belajar. Saya sarankan dengan membuat target yang akan di pelajari tentunya apa yang kamu ingin pahami dapat cepat terwujud.

Dengan Membuat pembelajaran dengan target maka belajar kamu akan menjadi menantang, pasti kalian sedang membaca ini suka belajar nya sampai larut malam tapi tugas tak kunjung  kelar. Untuk membantu kamu dalam belajar maka sempatkan membuat poin poin dalam belajar. Karena dengan adanya target kamu akan berlatih dengan tanggung jawab. Maka jika kamu nantinya sudah dalam dunia kerja, maka target sudah menjadi hal biasa.

4.    Istirahat setiap 20 menit sekali.

Denagn kamu melakukan belajar dengan istirahat setiap 20 menit sekali  maka fokus kamu akan telatih dan bertahan lama. Jadi banyak pelajar jika belajar mereka cepat pusing karena pikiran mereka terkuras untuk memikir kan masalah tersebut, Bila di rasa kamu sudah tidak tajam lagi memahami materi saya sarankan istirahat dulu sekitar 5 menit cukup. Untuk sekedar minum atau makan camilan. Karena dengan belajar seperti itu mood dalam belajar anda akan semakin meningkat.

Tapi jangan kelamaan ya. Belajar nya 15menit istirahatnya sampai 2 jam. Maka hal tersebut tidak lah efektif dan efisien. Banyak temen saya melakukan sistem pembelajaran dengan istirahat sebentar maka mereka cepat mengeluarkan ide ide yang sedang mereka hadapi. Dengan sistem pembelajaran yang seperti itu akan membantu kamu dalam menenangkan pikiran kamu.

5.    Mendengarkan Musik yang di sukai

Mendengarkan musik memang dapat merefleksikan otak kamu. Bila kamu sedang belajar di temani dengan musik, pastinya dalam berfikir mungkin akan rilexs. Dan tugas tugas yang ada di hadapan kamu dapat kamu selesaikan dengan cepat. Adapula orang yang suka belajar dengan ketenangan. Memang setiap orang memiliki teknik sendiri. Namun kebanyakan orang dalam belajar selalu di temani dengan musik.

Belajar dengan efektif di rumah memang banyak cara yang di lakukan untuk itu buat lah hati dan fikiran kamu senang, maka tugas seberat apapun pasti kamu selesaikan. Dengan Musik maka hidupmu lebih berwarna. Musik juga dapat meningkat imun dan semangat kamu bila kamu suka lagu yang dapat memberikan semangat dalam belajar.

6.    Belajar dengan sumber yang  banyak

Sumber belajar merupakan sebuah ilmu yang dimana point utama. Karena dengan sumber yang banyak dan jelas akan membuat tugas kamu cepat selesai. Sumber buku memang sangat penting sekali dalam kita melakukan pembelajaran. Untuk itu wajib kamu menyiapkan sumber buku yang akan sekiranya membantu menyelesaikan tugas kamu. Bila kamu tidak memiliki buku dengan kemajuan teknologi yang saat ini berkembang . Kamu bisa memanfaatkan internet. Maka Informasi yang akan kamu dapat akan kaya sekali. Dan kemungkian untuk menyelesaikan tugas akan lebih cepat.


Ada lima cara belajar kamu menjadi efektif  dan efisien. Semua cara di atas dapat anda gunakan dalam menciptakan belajar yang menyenangkan. Untuk itu belajar dengan hati yang tenang dan fikiran yang rilexs tentunya akan membantu kamu dalam belajar di rumah menjadi menyenangkan.

Demikian tips bagaimana cara belajar efektif dan efisien di rumah dan membantu kamu menyelesaikan tugas sekolah ,atau pekerjaan kantor. Baik sekali bila anda ingin mencoba tips tips di atas. Dan apabila tips di atas dapat membantu kamu dalam mencapai target prestasi kamu, maka saya sangat dapat memberikan sedikit motivasi dalam belajar di rumah.
Tag : Dunia Kerja
0 Komentar untuk "6 cara belajar efektif dan efisien di rumah"

Back To Top