Contoh Menjadi Pribadi Konsisten Dalam Bekerja

Contoh  Konsisten Dalam Bekerja - Menjadi orang Konsisten di dalam dunia kerja, pastinya akan membantu Karir anda di dunia kerja. Memiliki pribadi yang konsisten memang susah, tetapi bila kita melatihnya tentu semua orang pasti bisa. Contoh menjadi konsisten yang pertama Kita harus Merubah pola berfikir kita terlebih dahulu.  Tahukah kamu pengertian sikap konsisten ini. Konsistensi adalah sebuah sifat yang dapat kita pegang teguh sehingga sampai dengan tujuan spesifik yang akan kita capai. Dalam kita melatih Konsistensi pastinya pertama kita menjalankan nya terasa berat. Dan terkadang kita malas saat konsistensi tersebut mendapat cibiran dari rekan kerja kita. Untuk menyikapi cibiran maka kita perlu membangun karakter konsistensi yang baik maka silahkan anda mulai membaca langkah langkah untuk menjadi pribadi yang konsisten berikut ini.

konsisten dalam bekerja
Image source : Pixabay.com

Cara Mengubah Pola  Berfikir yang Konsisten dalam bekerja


1. Bersikap realistis dan jangan suka Berandai andai

Sikap Konsistensi bila di kembangkan Sangat bagus untuk mengembangkan Karakter pada diri kamu. Dalam mengembangkan pribadi konsistensi wajib kita membuka pikiran. Agar dalam melatih sikap konsistensi ini anda tidak terpaku dan terbebani akan target yang sudah anda tentukan. Menjadi Realistis akan dapat membuka pikiran kamu yang sudah terisi dengan angan angan saja. Untuk menjadi pribadi yang konsisten tentunya tidak bisa secara instan kita mendapatkannya. Maka Jadilah diri sendiri terlebih dahulu. Jangan terlalu Memaksakan kehendak, cobalah analisa kegiatan kamu untuk menjadikan dirimu menjadi pribadi yang lebih baik telebih dahulu.

Bila Kamu sudah bersahabat dengan diri sendiri. Saya sarankan Kamu jangan suka membuat rencana agar dirimu konsisten dalam semua hal. Jika Kamu terlalu banyak ingin yang kamu  capai target dalam bekerja, Maka Kamu akan terbebani dengan membuat rencana kerja yang terlalu banyak. Jadi harus kita petakan terlebih dahulu mengenai target terdekat lebih dahulu. Bila Kegiatan terdekat sudah terpenuhi kemudian lanjut ke target target selanjutnya, dengan hal seperti itu kamu akan terbiasa dengan Konsistensi saat kamu tentukan target dari yang kecil dahulu.

Contoh Konsistensi hal hal kecil misalkan, Kebiasaan anda berolahraga lari di hari minggu. Maka Setiap Hari minggu kamu coba terlebih dahulu untuk konsistensi olahraga lari  pada jadwal tersebut. Atau kebiasaan kamu dalam berangkat kerja ke kantor biasanya jam  8 pagi, coba deh konsisten berangkat jam 7.30.  banyak sekali contoh konsisten yang mungkin anda bisa lakukan, mungkin Hubungan asmara, tuntutan pekerjaan, ataupun kegiatan sehari hari yang memerlukan konsistensi yang saya rasa kamu lebih mengetahui kegiatan sehari hari kamu. 

Dalam Melatih konsistensi tidak lah harus dalam waktu sekejab  harus sempurna, karena dalam diri orang pasti memiliki kapasitas tersendiri. Jadi bila target kecil belum tercapai janganlah kamu merasa gagal. Atau memang kamu ini orang yang tidak bisa konsisten. Maka dengan ini Kamu Wajib Merubah Pola Berfikir tersebut.

2. Bangun dan Miliki Tekad Yang kuat

Ibaratnya Tekad itu sudah menjadi darah dalam tubuh konsistensi. Jadi tubuh tanpa darah tentunya tidak akan ada kehidupan. Maka dengan Kamu memiliki tekad yang kuat dengan sendirinya Konsistensi diri kamu akan terbentuk. Tanpa adanya tekad yang kuat maka konsistensi tersebut tidak terwujud. Walaupun kamu sedang malas melakukan olahraga lari di pagi hari karena masih ngantuk karena tekad yang kuat kamu harus menjalankannya. Karena kamu sudah memiliki karakter konsisten. Maka suka tidak suka dengan Kegiatan yang sudah kamu target tersebut, wajib kamu lakukan.

Cara agar kamu memiliki tekad yang kuat , kamu bisa menggunakan Kiat kiat yang dapat menguatkan tekad kamu.  Misal Menggunakan Kata Kata Konsistensi seperti aku harus bisa, aku harus menjadi pribadi yang lebih baik, atau aku adalah orang yang kuat, aku bukan orang yang loyo . banyak deh bisa anda cari sendiri kata kata yang menguatkan tekad kamu menjadi tidak tergoyahkan.

Memang dalam Membuat tekad yang kuat ini, Kamu harus sadar diri dengan menjaga kesehatan mental dan rohani kamu, dengan Gaya hidup yang sehat tentunya akan memberikan mental yang sangat bagus. Dengan Mental yang kuat pastinya kamu dalam menjalani tidak ada rasa keberatan, atau bermalas-malasan.  Dengan Tekad yang kuat  maka memiliki karakter yang konsisten dalam bekerja akan lebih mudah kamu dapatkan.

3. Tindakan dan Ucapan Harus Sama

Banyak orang di luar sana mengatakan bahwa diri nya adalah orang yang konsisten. Tetapi kenyataan yang di lakukan tak sesuai dengan apa yang di bicarakan. Misal saya setiap hari minggu pasti akan lari di Carfereday kok. Tetapi kenyataan yang di bicarakan tersebut dia hanya kadang kadang saja. Maka Hindari lah dengan selalu berbicara dengan orang di sekeliling kamu, kalau kamu adalah orang yang konsisten. Karena apabila tindakan dan ucapan yang tidak singkron ini akan menjadi bumerang kamu dengan orang orang disekitar kamu. Misal temen kerjaan kamu, maka dengan hal tersebut kamu akan di nilai orang yang sukanya ngomong saja.

Maka Wajib kamu mengatakan nya dalam diri kamu terlebih dahulu. Bila kamu sedang mendapatkan tugas baru di kantor.Kemudian pekerjaan tersebut memerlukan konsistensi untuk menyelesaikannya. Maka Sebaiknya kamu Coba terlebih dahulu dan selesaikan tepat pada waktunya. Karena kebanyakan orang bilang santai saja pak nanti akan saya selesaikan tugas perkantoran ini dengan cepat. Tetapi kenyataannya tindakan kamu tidak sesuai dengan apa yang di bilang. 

Maka Konsistensi juga perlu dengan tindakan yang nyata, dan omongan pun dapat di pertangung jawabkan, maka dengan kamu melatih konsistensi dalam bekerja ini, perlahan akan membentuk karakter yang kuat, dan kamu akan di hargai oleh atasan Kerja kamu, karena kamu memiliki integritas kerja yang sangat bagus.

4. Hapus Pikiran Negatif yang meracuni otak

Setiap orang pasti pernah memiliki fikiran yang negatif. Apabila fikiran negatif ini sudah mempengaruhi konsisten kamu. Wajib kamu menghilangkan pikiran negatif tersebut. Pikiran Negatif adalah Pikiran yang dapat meracuni otak kamu saja. Pikiran negatif akan menghambat  tekad yang kuat dan konsistensi yang sudah kamu bentuk, akan lebih parah nya kamu tidak bisa mempertahankan sifat konsistensi yang sudah kamu latih berminggu-minggu.  Mempertahankan tindakan yang konsisten kita harus menghilangkan pikiran negatif tersebut.

Contoh Pikiran Negatif yang akan merubah pola pikir kamu. Misalkan anda berkata di dalam hati saya tidak mungkin dapat melakukan hal yang suda saya rencanakan ini. Atau tidak ada harapan lagi saya akan bekerja dengan baik di sini. Banyak pikiran negatif yang terus muncul akan membuat diri anda semakin gagal dalam melatih karakter yang konsisten tadi. Jadi kata kata yang dapat menghalangi konsisten seperti aku orang nya pemalas. Aku bodoh, aku.. aku.. dan banyak aku yang negatif. Wajib kamu hapus jauh jauh.


Agar kamu menjadi orang yang konsisten maka kamu bisa rubah pola berfikir kamu. Misal memang aku belum bisa saat ini. Pasti minggu besok aku pasti bisa. Dengan kamu menyadari kekurangan kamu saat ini, pastinya pola berfikir kamu akan menjadi hal yang lebih baik. Dalam kamu bekerja dimana pun. Atau sedang mendapatkan tugas kantor yang mungkin kamu rasa berat untuk di lakukan. Bila konsisten kamu terbentuk pastinya bekerja kamu menjadi lebih nyaman. Konsisten itu bukan di pelajari tapi di laksanakan.

 

 Cara Membangun Konsistensi Bekerja yang baik


Membangun Konsisten bekerja yang baik akan membuat hidupmu menjadi lebih asyik. Karena beda bila kita hanya menjadi pengganguran yang hanya memiliki konsistensi diri yang kurang kuat.  Bagaimana cara membangun konsisten bekerja yang baik ? Jika kamu bingung dengan karakter konsisten yang baik ini. Kamu dapat Membangun Konsisten bekerja dengan langkah langkah nya sebagai berikut ini  :

1. Tujuan yang  jelas (spesifik)

Setiap orang  pastinya ingin memiliki konsistensi segala hal, tetapi bila di praktekan mungkin sebagian kecil saja yang dapat di lakukan. Konsistensi akan lebih mudah di lakukan apabila kamu menentukan tujuan yang jelas(spesifik).  Dengan kamu membuat sebuah tujuan yang sepesifik akan membantu kamu dalam menentukan sebuah capaian yang akan di raih akan berhasil. Apa bila kamu melakukan tindakan yang spesifik maka karakter konsisten sudah di terapkan dan kesempatan berhasil akan lebih besar.

Apabila kamu sedang ingin bekerja secara maksimal, misalkan kamu adalah admin di kantor  A. Dan kamu ada tugas administrasi kantor. Dan kamu di tuntut menguasai microsoft excel. Maka kamu harus konsisten belajar excel terlebih dahulu. jangan belajar segala hal dahulu. sebelum kamu menguasai excel. Banyak contoh pekerja yang kurang  fokus karena target yang di buat tidak sepesifik. Untuk menjadi karyawan kantoran yang memiliki integritas tinggi(profesional) biasanya mereka memiliki target target kecil yang ingin dia capai terlebih dahulu. bila sudah tercapai maka lanjut pada target selanjutnya.

Contoh target spesifik :  Belajar Microsoft excel Setiap malam jam 7.  Ingin olahraga lari di hari minggu, Belajar konsisten, Membuat Kue yang nikmat, atau menurunkan berat badan. Banyak hal yang bisa kamu targer dengan hal hal kecil terlebih dahulu, karena dengan kamu memiliki target yang kecil dahulu. maka dengan sendirinya target yang besar akan kamu raih akibat kamu selalu konsisten dengan target target yang spesifik tersebut.

2. Lakukan Perubahan Pelan Namu Pasti

Setiap orang biasanya ingin semua hal tercapai dengan mudah, memang semua orang pingin malakukan perubahan secara cepat dan instan, yang tidak usah ribet dan enak.  Untuk membangun konsistensi yang baik itu kita harus melakukan nya perlahan lahan saja, karena anda tidak akan terbebani bila kamu ingin melakukan perubahan,  perubahan semuannya dalam sekaligus. Biasanya menjadi orang yang konsisten hanya di awal saja. Jadi kalau boleh saya sarankan Perubahan secara bertahap saja jangan kamu ingin berubah secara 180 derajat. Pasti orang akan menilai kamu dalam bekerja ah paling bertahan hanya sebulan saja, untuk menyikapi hal tersebut, baiknya perubahan di lakukan pelan namun pasti saja.

Apabila kamu sudah bisa melakukan target spesifik selama  21 hari.hal tersebut sudah menjadi rutinitas kegiatan kamu.  Maka wajib kamu memilih yang akan kerjakan secara konsisten selama satu bulan kedapan. Bila sudah bisa maka kamu bisa menambah kegiatan yang lain untuk di kerjakan, maka tahap dan bertahap dapat kamu selesaikan secara Konsisten.

Contoh Perubahan  sifat di dalam Kerjaan : apabila kamu ingin menjadi karyawan yang profesional di kantor . Maka Kamu pilih salah satu target yang kamu ingin capai dalam satu bulan ini. Misalkan kamu menjadi pribadi yang menghargai rekan kerja. Maka kamu dalam satu proyek pekerjaan dapat menghargai pendapat atau gagasan yang di utarakan terhadapmu.  Apabila kamu sudah melakukan nya dalam satu bulan maka kamu boleh menambahkan beberapa poin lain yang akan kamu rubah menjadi rutinitas perubahan tersebut, maka dengan kamu memiliki integritas yang tinggi maka sukses itu akan kamu dapatkan.

3. Batasi tujuan dengan spesifik.

Banyak orang yang ingin menjadi orang yang konsisten, gagal karena dia tidak membatasi tujuan dengan spesifik. Dengan Kamu membuat batasan yang spesifik. Maka untuk menjadi konsisten akan lebih mudah. Sebenarnya dengan anda membuat batasan yang spesifik ini kamu akan mengetahui bagaimana dan kepan waktu yang tepat untuk melakukan hal hal yang kamu inginkan.

Cara terbaik untuk menjadi konsisten adalah ketika kamu  sedang bekerja di kantor dan kamu ingin mengatakan kepada rekan kerja contoh nya “ aku suka orang yang bekerja  secara konsisten” alangkah baiknya bila kamu mengatakan Saya akan berterimakasih kepada rekan kerja yang menyelesaikan kerja sesuai waktu yang di tentukan, Seperti ( membuat makalah, membuat laporan kerja harian, administrasi kantor. Dan lain sebagainya ) dengan kamu menghargai rekan kerja maka pekerjaan yang sudah kamu target akan tercapai dengan waktu yang akan di tentukan.

Contoh lain nya mungkin ingin bekerja dengan integritas yang tinggi dengan rekan kerja di kantor, mungkin kamu bisa mengatasi dengan membatasi dan tujuan yang spersifik yang sudah di tentukan oleh atasan kamu. Untuk itu wajib kamu dapat melakukan pekerjaan dengan Tim kamu tanpa membatasi dengan Perkataan yang lebih baik dan bekerja kamu akan menjadi menyenangkan.

4. Memiliki Pribadi yang mampu bertanggung jawab. 

Cara agar menjadi orang konsisten tidak lepas dengan tanggung jawab. Apabila kamu pada saat ini belum konsisten dengan tujuan kamu. Maka sadari dahulu standar yang kamu tentukan. Dan cara bersikap kamu dengan tujuan kamu apakah sudah kamu lakukan, serta tanggung jawab tentang tujuan kamu bagaimana. Memiliki sifat tanggung jawab itu terdengar sangat bagus untuk menunjang pekerjaan yang sedang kamu lakukan,  Atasan kamu akan menghargai atas kinerja kamu bila adalah orang yang bertanggung jawab. Agar kamu berhasil menjadi orang konsisten baiknya miliki lah karakter orang yang mampu bertanggung jawab.

Buat lah catatan harian kecil di laptop atau kalender kamu. Apakah kamu berhasil atau gagal dalam melaksanakan konsistensi yang sudah kamu buat sebelumnya, apabila belum berhasil , tuliskan penyebabnya, dengan Cara menulis kegiatan harian ini akan membantu kamu dalam berlatih rasa tanggung jawab kamu, selain untuk melatih tanggung jawab, catatan kecil ini dapat sebagai penanda kemajuan karakter konsistensi kamu.

Atau bisa kamu cerita kepada rekan kerja kamu yang sudah kamu percaya. Bahwa kamu memiliki tujuan yang ingin di capai pada bulan ini. Contoh nya “aku menjadi orang yang  konsisten”. Apabila rekan kerja kamu melihat tindakan dan omongan kamu tidak konsisten berarti rekan kerja kamu boleh menegur kamu.

Jangan Pernah merasa gagal bila kamu belum mencapai menjadi orang yang konsisten, karena dalam kita belajar pastinya ada naik turun nya, yang terpenting jangan pernah menyalahkan diri sendiri. Karena di dunia tidak lah ada orang yang sempurna, karena yang sempurna adalah miliknya.

 

Cara Mempertahankan Konsistensi Bekerja dengan Baik


Banyak orang yang sudah berhasil  menjadi konsisten dalam beberapa hari dan kemudian gagal karena di tidak bisa Mempertahankan konsistensi bekerja dengan baik. Pernah kah kamu sudah mencoba berubah tetapi gagal di pertengahan jalan. Nah untuk mempermudah kamu dalam menjaga konsistensi, Baik nya kamu dapat menggunakan agar konsisten sebagai berikut ini.

1. Menggunakan imajinasi dengan Kritis.

Cara menjaga konsisten bekerja dengan kita berimajanisi terdengar aneh ya. Apabila kamu terapkan berimajinasi dengan benar dan realistis itu tidak ada salahnya. Dengan kamu mempertimbangkan rintangan dan susahnya menjadi konsisten. Kamu akan mendapatkan sebuah gambaran yang apabila kamu coba dapat membantuk dalam mempertahankan konsistensi.

Imajinasi (Visualisasi atau Melamun) itu berguna. Apabila kamu dalam melakukan nya dapat kamu batasi. Melamun di saat kamu di Kamar mandi atau sedang mau tidur biarkan fikiran kamu menjelajah asalkan untuk yang baik baik saja ya. Cara melamun ini sebenarnya membantu kamu dapat menilai sesuatu yang menghambat kamu bekerja, atau menjadi kamu tidak konsisten itu karena apa, nah dalam imajinasi ini, kamu dengan cepat dapat mengetahui kendala kendala yang membuat dirimu tidak konsisten.

Melamun adalah salah satu kegiatan meditasi yang mengendalikan pikiran. Jadi dalam menggunakannya harus di batasi. Saya sarankan Berusaha dalam Mengatur pikiran ini apabila kamu ingin konsisten. Cara nya simple lakukan setiap hari manimal 15 menit. Kamu bisa mencari tempat yang menurut kamu nyaman, dan ambil nafas dalam  kemudian lepaskan sambil memejamkan mata. Dan fokus lah pada nafas kamu, bila di rasa kamu memikirkan yang kurang pas, kembali fokus ke pernafasan anda. Dengan seperti maka melamun anda pada fikiran- fikiran yang positif saja.

2. Jangan Takut Gagal 

Jangan takut gagal, hal pertama orang yang belum pernah melakukan sesuatu. Terbesit pikiran aku tidak bisa, untuk menjaga konsisten, maka dengan kamu berusaha dan bersiap untuk gagal. Maka dengan Dedikasi  yang tinggi dan  mempersiapkan apabila yang sedang kamu lakukan gagal maka saya katakan kamu orang cerdas. Karena Untuk menjadi seorang yang konsisten, tidak semua akan berhasil. Maka wajib kamu memiliki mental yang baik bila terjadi gagal. Lantas jika kamu sudah bersiap apabila gagal maka solusi yang akan kamu lakukan apa biar kamu selalu konsisten.

Contoh Misalkan saya ini menulis artikel ini, bila saya pada tulisan akhir ini tidak konsisten tentunya tulisan saya ini sampai sini pastinya sudah kebingungan tentang topik apa yang akan saya bahas, dengan kata sudah 2700, karena saya konsisten. Alhamdulih tulisan saya dapat saya selesaikan. Kalaupun aku gagal menyelesaikan tulisan ini, saya akan menulis pada esok harinya.

Cara Biar tidak takut gagal ini, merupakan langkah cerdas kamu untuk menjadi orang yang konsisten dalam bekerja atau hal apapun yang sedang kamu lakukan, karena gagal adalah keberhasilan yang tertunda. Jadi Jangan berkencil hati bila anda pernah Gagal.

3. Cari Motivasi anda Menjadi Konsisten dalam bekerja

Motivasi merupakan hal yang paling penting dalam memepetahankan konsistensi dalam bekerja. Motivasi juga dapat memberikan semangat kembali untuk kamu menjadi lebih konsisten.  Apabila kamu susah mempertahankan motivasi. Kamu tidak akan bisa mempertahankan konsistensi yang selama ini kamu bangun. Untuk menyikapi pola dan tingkah laku yang dulu. Maka bentuk karakter konsistensi yang lebih baik.

Agar Motivasi kamu tidak kendor, maka saya sarankan jangan terlalu banyak di lakukan secara bersaamaan. Tadi sudah saya singgung di artikel di atas. Buat lah harapan baru yang mungkin kamu akan capai dan yang terdekat yang akan kamu capai, dengan Motivasi yang terjaga ini. Konsisten tersebut pastinya kamu bisa lakukan. Jangan Lupa untuk membentuk mental yang kuat terdapat tubuh yang sehat. Untuk itu dengan kamu mencari motivasi dalam bekerja tentunya akan menambah semangat kamu menjadi orang yang konsisten. Dan jadikan lah konsistensi adalah hal yang terpenting dalam hidupmu. Karena konsistensi sudah menjadi kebutuhan buat kamu.

Demikian Artikel mengenai Contoh Menjadi Pribadi Konsisten Dalam Bekerja semoga dapat memberikan wawasan di dalam mencari arti dari konsistensi yang sebenarnya. Karena konsistensi dapat terbentuk karena sering nya kita melatih. Jadi Karakter yang smart dan jadilah Karyawan yang memiliki integeritas yang tinggi. Dan Kesuksesan akan menantimu.
Tag : Dunia Kerja
0 Komentar untuk "Contoh Menjadi Pribadi Konsisten Dalam Bekerja"

Back To Top