Pengertian Conditional formatting di Microsoft excel

Pengertian Conditional Formatting excel adalah salah satu fasilitas di dalam Microsoft Excel digunakan  menampilkan suatu data, sehingga kamu dapat menganalisa data excel secara cepat. Ada lima macam Conditional Formatting excel yang dapat kamu digunakan untuk menampilakan suatu di excel yaitu Highlight Cell Rules, ,Data Bars, Top atau Bottom Rules, Color Scales, Icon Sets. Dalam menggunakan Conditional Formatting excel cara sangat mudah dan saat nya kamu mulai penerapan dan memahami konsep tool Microsoft excel.

 1.    Conditional Formatting excel Highlight Cell Rules

Pengertian Conditional formatting excel

Highlight Cell Rules adalah merupakan tool fungsi di excel untuk memberikan warna pada sebuah analisa data yang kamu lakukan. Conditonal formatting excel yang satu ini diguankan dengan syarat-syarat diantarannya:

Greater than adalah Tool Microsoft Excel memberikan keterangan highlight berupa warna. Untuk menggunkannya kamu dapat memberi kriteria bahwa nilai dari cell tersebut lebih besar dari syarat yang sudah kamu tentukan.


Less than adalah cell tersebut akan memberikan Keterangan Highlight pada cell dengan criteria adalah lebih kecil dari criteria yang sudah kamu tentukan sebelumnya.


Between adalah fitur Microsoft Excel akan memberikan keterangan Highlight dengan criteria antara yang sudah kamu tentukan dengan syarat ini, misalnya kamu menentukan nilai antara 4 sampai 10 maka akan memberikan highlight dengan nilai antara 4 sampai dengan 10


Equal to adalah fitur Microsoft Excel akan memberikan keterangan hightlight yang nilainya sama dengan yang sudah kamu tentukan, misalnya kamu kasih nilai 10 maka semua cell yang nilainya 10 akan di beri warna


Text that contains adalah fitur Microsoft Excel highlight pada cell digunakan untuk memberikan ada nilai dari teks tersebut.


A Date occurring adalah  fitur Microsoft Excel highlight pada cell  memberikan keterangan hari  yang terjadi sesuai dengan tanggal yang sudah kamu tentukan.


Duplicate Values adalah fitur Microsoft Excel highlight pada cell  akan memberikan keterangan nilai yang sama atau double.


2.   Conditional Formatting excel  Top/Bottom Rules

Conditional Formatting excel  Top/Bottom Rules

Conditional Formatting Top/Bottom Rules adalah sebuah tool excel ini cara yang di gunakan untuk mencari Nilai tertinggi pada cell kamu. Dan Conditional Formatting Top/Bottom Rules juga bisa dapat di gunakan untuk mencari data tertinggi dan terendah yang dimana kita dapat memberikan warna pada sebuah value yang dapat anda gunakan untuk mencari sebuah nilai pada cell pada lembar excel kamu.

Berikut ini adalah jenis Conditional Formatting Top/Bottom.

Top 10 item digunakan untuk mencari nilai tertinggi Kategori 10 item terbesar dari sekumpulan data di lembar cell. Kamu juga dapat mengatur sesuai kriteria kamu.


Top 10 % digunakan untuk mencari nilai tertinggi kategori 10 data Persentase dari sekumpulan data di lembar cell. Kamu juga dapat mengaturnya sesuai kriteria kamu.


Buttom 10 Item digunakan untuk mencari nilai terendah 10 data item dari sekumpulan data di lembar cell. Kamu juga dapat mengaturnya sesuai jumlah kriteria kamu.


Buttom 10 % digunakan untuk mencari nilai terendah kategori  10 data Persentase dari sekumpulan data di lembar cell. Kamu juga dapat mengaturnya jumlah kategori sesuai keinginan mu.


Above Averege digunakan untuk mencari nilai rata- rata kategori 10 data tertinggi dari sekumpulan data di lembar cell. . Kamu juga dapat mengaturnya jumlah kategori sesuai keinginan mu.


Below Averege digunakan untuk mencari nilai rata- rata kategori 10 data terendah dari sekumpulan data di lembar cell. . Kamu juga dapat mengaturnya jumlah kategori sesuai keinginan mu.

3.    Conditional Formatting excel Data Bars

Conditional Formatting excel Data Bars

Data Bars di gunakan untuk memberikan keterangan seperti dialog box. Formatting Data Bars yang di gunakan untuk menganalisa sebuah data dimana memeberikan sebuah diagram batang yang dimana kita dapat melihat tampilan nilai tertinggi dengan panjang nya sebuah diagram batang yang di sajikan. Dalam hal ini 2 tampilan yang di sediakan Microsoft excel yaitu  Gradient Fill dan Solid Fill.

a.    Gradient fill adalah tampilan diagram batang yang memiki warna gradient.

b.    Solid fill adalah tampilan diagram batang yang memiki warna yang agak tebal.

4.    Conditional Formatting excel Color Scales

Conditional Formatting excel Color Scales


Color Scales juga bisa di sebut dengan scala warna. Color Scales  digunakan formating yang akan merubah cell data menjadi berwarna, makin besar nilai dalam cell tersebut, maka warnanya juga akan semakin gelap. Atau bisa dengan kebalikan nya makin besar nilai dalam cell tersebut, maka warnanya juga akan semakin sedikit juga bisa tertgantung kamu dalam memberikan formating yang kamu inginkan.

5.   Conditional Formatting excel  Icon Sets

Conditional Formatting excel  Icon Sets

Icon set adalah digunakan untuk membuat tampilan, Shapes, Grafik Directional Indicators, dan Ratings yang  akan menunjukkan nilai lebih kecil atau lebih besar. Dengan menggunakan Conditional Formatting excel yang satu ini juga dapat dibandingkan dengan nilai rata rata. Jadi Nilai yang sedang di berikan tersebut di sebelah kirinya akan muncul tampilan Icon yang sesuai kamu inginkan. Ini merupakan sebuah tampilan yang dapat memberikan kesan lebih menarik.

Baca Juga : Kumpulan Contoh Soal Latihan Excel Komputer di perusahaan

Demikian Pengertian Conditional Formatting excel yang dapat kalian pahami terlbih dahulu mengenai fungsinya. Maka pada tutorial selanjutnya akan memberikan tutorial cara menggunakan Conditional Formatting excel. Seluruh nya dengan kamu mengerti penjelasan nya dan pengertian maka saat praktek menggunakan tool excel akan lebih cepat paham tentunya.
0 Komentar untuk "Pengertian Conditional formatting di Microsoft excel "

Back To Top