Pengenalan Struktur Dasar Pemograman Java

Pengenalan Struktur Dasar Pemograman Java - Java adalah salah satu bahasa pemograman yang saat ini sedang di berkembang dengan pesat, sehingga banyak progamer yang ingin mengembangkan aplikasi yang di buat nya entah itu aplikasi android maupun website. Sebelum kita praktek ngoding, Pentingnya kita mengetahui struktur dasar pemograman java supaya kamu paham dan mengerti teknik alur dari bahasa pemograman java ini. 
Struktur progam java di netbeans
Struktur dasar Java ini kita akan mengenal pertama adalah Membuat Projec, Kelas, method. Dan System.Out.Print();. Kenapa saya mengenalkan ini pertama dahulu. ini supaya kamu mengetahui pemograman java yang sering di gunakan untuk latihan soal java adalah hal tersebut. Setelah poin pembelajaran ini saya sebutkan di atas. Silahkan Siapkan untuk praktek membuat projek java. Software ide yang kalian gunakan boleh menggunakan Notepad++. Netbeans maupun Eclipse.

Untuk Membuat projek di java saya rasa temen-temen sudah mengerti. Silahkan klik file-new Project- Isi nama Project pertama kamu.

Saya akan memberikan beberapa poin yang penting yang dimana struktur java ini harus terpenuhi jika tidak maka progam yang kamu jalankan akan eror . Untuk itu saya sudah merangkum beberapa hal yang sangat penting kalian perhatikan.

Poin Penting Struktur Dasar Progam Java 


1. Nama Class Harus sama dengan nama file yang ada di source file yang kamu buat. Pertama jika kalian sedang membuat projek Java terkadang progamer pemula lupa. Ketika mereka mengedit nama kelas yang ada di progam tetapi source file mereka tidak di ubah maka progam eror. Nah utuk menyikapi hal tersbut silahkan cek terlebih dahulu nama kelas di java sudah sesuai belum?

2. Dalam Menulis java harus berada di dalam kurung kurawal pada Method  public static void main(String[] args){ disini kode yang akan di proses yang utama}. Penting kalian tahu di dalam pemograman java kalau tidak  ada method main maka progam tersebut tidak akan jalan. Maka untuk mengcompile sebuah progam harus ada method main. Jadi kalian harus pahami struktur yang kedua ini. Karena sangat penting untuk pemula mengetahui fungsi dari method main ini.

3. Untuk memahami System.out.Print(“hasil”); saya akan menjelalaskan perintah tersebut. Perintah Print tersebut tujuan nya untuk menampilkan hasil yang ingin kita tampilkan. Untuk itu wajib kamu mengerti terdahulu. Jika sudah mengerti maka ada dua perbedaan yakni system.out.println dan Print saja. Huruf println itu di maksutkan untuk memberikan enter pada tampilan di console mengenai hasil yang akan kamu cetak.

Di dalam Pemograman java struktur dasar yang penting tadi mungkin dapat mengawali pembelajaran kamu di dalam progaming java. Karena java bersifat casesensitif jadi saat penulisan java kalian harus memperhatikan huruf kecil dan besar dalam pemograman java ya. semoga kalian akan memahami struktur dasar ini.

Demikian Artikel pengenalan Struktur dasar Pemograman java yang mungkin dapat Bermanfaat untuk kalian semua. Semoga dalam belajar progaming kalian dapat meningkat selalu dan dapat menciptakan sebuah aplikasi yang bermanfaat untuk semua orang, Selamat belajar dan Selamat membuat progam di java.
Tag : Pemograman
0 Komentar untuk "Pengenalan Struktur Dasar Pemograman Java"

Back To Top