Contoh Unsur- Unsur Administrasi Perkantoran

Advertisment
Unsur –unsur administrasi perkantoran- Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai unsur yang ada di administrasi perkantoran . Sebelum kamu mengetahui unsur di dalam kegiatan Kantor. Alangkah baiknya mengetahui pengertian administrasi perkantoran  menurut beberapa ahli dan secara umum maupun menurut the liang gie, pembahasan nya sangat lengkap bisa kamu kunjungi dahulu. nah sekarang kita akan membahas pengertian dari  unsur admnistrasi perkantoran  yaitu kegiatan administrasi perusahaan atau kantor yang memiliki peran dalam proses administrasi  agar menunjang tujuan dan penyelesaian perkerjaan dapat terwujud dengan baik.

Untuk mencapai manajeman yang baik adapun langkah –langkah yang harus di lakukakan, yaitu kerja sesuai porsi nya adalah langkah yang sangat baik, dengan memberikan layanan informasi, dan pengelolan sumber daya yang baik akan mengefisienkan dalam mencapai sebuah tujuan yang sudah di tentukan. Dengan mengetahui fungsi menejemen administrasi perkantoran tentunya akan mempermudah seorang karyawan dalam melihat karakteristik adm perkantoran tersebut.

Ruang lingkup administrasi perkantoran juga akan mempengaruhi mengenai tujuan yang sedang perusahaan ingin capai. Untuk itu usahakan ruang lingkup perkantoran yang ada memberikan rasa nyaman dan tentunya akan memberikan efek yang baik untuk karyawan. Serta kedudukan administrasi perkantoran  ini juga berperan penting mengenai informasi yang akan membantu memberikan keterangan yang jelas mengenai projek kerja yang akan kita jalani.

Baca Juga : Contoh Soal Administrasi Perkantoran dan Kunci Jawabanya

UNSUR-UNSUR ADMINISTRASI PERKANTORAN


Setelah saya menguaraikan sedikit materi administrasi perkantoran saat saya menjeleaskan mengenai unsur adm perkantoran yang sudah di rangkum. Dan unsur adm perkantoran ini saya kutip dari buku adm modern milik the liang gie. Berikut ini Unsur –unsur administrasi perkantoran :

1. Unsur Organisasi.

Unsur Organisasi adalah  Sebuah aktivitas menyusun suatu kerangka organisasi yang akan menjadi wadah atau tempat kerja untuk setiap kegiatan usaha kerjasama agar supaya mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Ciri – ciri unsur organisasi Perkantoran : 
  • Berkelompok. 
  • Memiliki tujuan.
  • Memiliki kerja sama yang teratur.

2. Unsur Menejemen,

Manajemen merupakan rangkaian kegiatan yang menggerakkan para pegawai atau karyawan kantor agar menggunakan seluruh fasilitas Perkantoran sehingga tujuan kerjasama yang telah diputuskan bersama dapat tercapai.

3. Unsur Kepegawaian/ Personalia,

Kepegawaian adalah  merupakan suatu bentuk aktivitas yang berhubungan dengan pengelolaan sumber daya manusia yang diperlukan organisasi kerja supaya tercapainya tujuan yang sudah di tetapkan sebelumnya.

Contoh Pengelolaan kepegawaian dalam administrasi Perkantoran :
  • Pengadaan pengawai/karyawan.
  • Pengangkatan pegawai/karyawan
  • Pembinaan pegawai/karyawan
  • Penggajian atau pemberian kesejahteraan pegawai/karyawan
  • Pemberhentian pegawai/karyawan.

4. Unsur Keuangan, 

merupakan suatu kegiatan yang dilakukan berhubugan dengan pengelolaan anggaran (uang) untuk menunjang  penyelesaian pekerjaan kantor yang sesuai pokok organisasi kerja. Dalam hal ini Administrasi keuangan biasanya di pegang oleh bendahara perkantoran.

5. Unsur Perlengkapan,

Merupakan suatu kegiatan yang mengelola segala kebutuhan  pegawai yang meliputi mesin kantor, alat tulis kantor, perabotan kantor,  dan perlengkapan mengenai ruang kerja untuk membantu penyelesaian pekerjaan pokok yang telah ditetapkan.

6.  Unsur Ketatausahaan( kesekretariatan/ Pekerjaan kantor)

Merupakan kegiatan kantor dalam pengolahan informasi yang diperlukan dengan membantu proses penyelesaian pekerjaan pokok organisasi.

Contoh Kegiatan Ketatausahaan.

  • mail handling.
  • kearsipan.
  • penanganan telepon.
  • penggandaan dokumen.
  • distribusi dokumen.

7. Unsur Komunikasi( Tata hubungan)

Merupakan suatu kegiatan yang  memberikan informasi pada proses penyelesaian pekerjaan pada organisasi dalam rangka mewujudkan intregritas pekerjaan kantor untuk menunjang penyelesaian pekerjaan pokok.

8. Hubungan masyarakat/ public relation,

Merupakan sebuah Kegiatan yang menghubungkan/menginformasikan  kepentingan  Perkantoran kepada Pihak luar yang kerjasama atau sebaliknya pihak luar yang akan menyampaikan kepentingan nya kepa perusahaan.  Dalam hal ini tentunya sebagai penjembatan antara perusahaan dengan Investor atau Customer.

Pastinya setiap perkantoran akan memenuhi setiap unsur yang telah di jelaskan di atas. Dengan tujuan administrasi perkantoran agar tercapai. Dengan 8 unsur-unsur administrasi perkantoran di atas maka evaluasi perusahaan dapat di petakan. Sehingga dalam mengelola sebuah perusahaan akan mempermudah kamu yang sedang belajar administrasi perkantoran. Demikian Artikel mengenai Penjelasan dan contoh unsur-unsur administrasi perkatoran yang sudah di sebutkan di atas. Semoga membantu kamu yang sedang mencari  makalah administrasi perkantoran.terimakasih
Tag : Dunia Kerja
0 Komentar untuk "Contoh Unsur- Unsur Administrasi Perkantoran"

Back To Top