Kelebihan dan Kekurangan Absensi Online Sidik Jari

Kelebihan dan Kekurangan Absensi online Sidik Jari -Pada umumnya suatu perusahaan di indonesia. Banyak Menggunakan absensi online. Karena dengan cara  manual mungkin sudah mulai di tinggalkan. Waktu yang praktis dalam mengelola daftar hadir kerja karyawan adalah tujuan nya untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Dalam hal ini lah banyak perusahaan memulai administrasi serba digital. Menggunakan mesin absensi sidik jari banyak orang beraanggapan bahwa lebih efektif dan efisien untuk memajukan disiplin para karyawan. Namun jika kamu bekerja di suatu perusaahan dan sedang ingin mencari mesin absensi online, maka wajib kalian untuk melihat spesifikasi dari mesin tersebut. Untuk itu saya akan memeberikan suatu penjelasan mengenai kelebihan dan kekuranga mesin absen online. 

Absensi Online di pemerintah


Kelebihan dan Kekurangan Absensi  Online Sidik Jari

Penting sekali kalian mengerti mengenai keunggulan absensi online yang dapat mempengaruhi sistem kerja yang baik dan displin. Hal ini lah yang akan memajukan perusahaan yang akan anda guluti nantinya. Untuk itu wajib kalian tahu mengenai fungsi mesin absensi online ini. 

Kelebihan absen online


• Pengelolaan  data absen lebih mudah


Dalam membuat laporan dengan cepat dan serta akurat kita perlu menggunakan mesin absensi online. Karena dengan sifat online  tentunya memudahkan pihak personalia karyawan agar mengolah data menjadi sangat akurat. Dengan Absensi sidik jari tentunya para pegawai dalam bolos kerja mereka tidak bisa memanipulasi kehadiran mereka. dengan Pengolahan data absensi karyawan ini yang disiplin tentunya. Data yang tekumpul akan lebih akurat, dan Software absensi ini biasanya terhubung dengan kompuer sehingga proses mengolah data lebih mudah.

• Menekan pengeluaran dana fiktif pegawai

Dengan menggunakan mesin absensi secara online. Tentunya hal ini dapat mengurangi pengeluaran dana fiktif karyawan. Karena biasanya para karyawan dapat menambah jam kerja lembur untuk mendapatakan keuntungan dalam mereka bekerja. Dengan Sistem gaji, lembur, bonus. Uang kehadiran umumnya merupakan suatu penghargaan kepada karyawan, tetapi apa kalian tahu bahwa mereka dapat memanipulasi itu semua. Untuk itu bila menggunakan mesin absensi denga sidik jari. Jelas waktu mereka datang dan pulang akan terekam pada mesin sidik jari tersebut.

• Menghindari kecurangan

Kecurangan absen pada umumnya banyak di lakukan karena mereka dengan alasan terlambat, suka membolos kerja, titip absen dengan pegawai lain. Karena kurangnya pengawasan hal inilah yang dapat mempengaruhi terjadinya kecurangan dalam absensi kerja. Untuk itu bila kalian menggunakan mesin absen sidik jari. Kamu dapat mengurangi terjadi kecurangan ini. Apabila karyawan sudah mencapai ribuan mungkin sangat efektif dalam menggunakan mesin absen.  Banyak kok mesin absen sperti fingger print. Maka dengan absensi digital data manipulasi sudah tidak ada lagi. Beda dengan menggunakan absensi manual excel.

• Meningkatkan produktivitas Kerja karyawan

Dengan Menggunakan mesin absen ini tentunya akan memberikan kegiatan kerja karyawan menjadi produktif. Kenapa saya bilang begitu. Secara tidak langsung setiap karyawan akan malu dengan sendirinya jika mereka ketahuan suka membolos, datang terlamabat. Maupun suka memanipulasi mesin absen. Untuk itu hal ini akan berpanguruh kepada karyawan. Karena dengan mesin ini para karyawan. Akan datang tepat waktu. Kerja menjadi displin. Apabila karyawan disiplin dalam bekerja tentunya perusahaan yang sedang akan di kembangakan juga akan meningkat secara produktifitas 
nya.

Kekurangan Absen Online

Mesin sidik jari ini juga memiliki kelemahan yang mungkin perlu kalian tahu, dengan ini saya akan menjabarkan kekuranga dari mesin absen online ini adalah sebagai berikut,

• Kadang terjadi kesalahan identifikasi sidik jari,

Kelemahan mesin sidik jari ini biasanya terjadi karena scaner tidak dapat bekerja dengan baik, misalnya sidik jari kotor, ada keringat, dan  jari kalian basah. Nah hal ini lah yang akan terjadi eror dalam membaca sebuah data absen karyawan untuk itu kalian perlu membersihkannya minimal seminggu sekali agar mesin absensi awet dan bekerja dengan baik. 

Perawatan mesin ini terhitung mudah tetapi harus sering kalian lakukan agar mesin menjadi baik dalam mengkoeksi data absen karyawan. Dalam cara kerja absensi ini menggunakan scaner jadi harus kalian pahami betul dalam perawatan scaner absensi tersebut.

Baca Juga  : Cara Membuat Absen Online Karyawan

Demikian artikel megenai kelebihan dan kekurangan mesin absen online yang perlu kalian tahu. Dengan mesin absensi tentunya akan memperbaiki sistem kerja di kantor maupun perusahaan untuk itu wajib bagi kalian yang ingin menggunankan mesin absensi online kalian akan memiliki gambaran bagaiman merawat mesin absensi online ini. Sekian semoga bermanfaat,

Tag : Dunia Kerja
0 Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Absensi Online Sidik Jari"

Back To Top