Cara Membuat Absen Online Karyawan

Cara Membuat Absen Online - Absen adalah suatu kegiatan rekap kehadiran karyawan saat dia bekerja. Pada umumnya para pegawai melakukan absensi kehadiran, lalu Pegawai administrasi menghitung hari kerja karyawan. Tujuan nya Agar Gaji yang di berikan sesuai dengan format hadir karyawan saat datang ke kantor. Cara membuat absen online sendiri kita bisa menggunakan layanan dari google yaitu google form. sedangkan untuk mendapatkan format excel nya kita bisa menggunakan Google Spred Sheet. Selain untuk absensi Karyawan, Google Form juga bisa untuk Membuat absen Guru, Kelas, siswa, absensi pelatihan dan banyak lagi, untuk membuat survei, semua bisa kita edit data di google Form tersebut.

absen online
Membuat absensi Online

Daftar hadir yang kita buat nanti akan tersimpan pada google drive email kamu. untuk dapat akses ke google form dan spread sheet ini. kamu wajib memiliki sebuah email dan nanti digunakan untuk mengerjakan praktek absen online. Bila kamu seorang pegawai administrasi perkantoran pasti sudah familiar dengan google form dan Spreadsheet google. Baik saatnya kita memulainya. untuk berhasil membuat absensi online kamu wajib membaca tulisan ini hingga tuntas sehingga kamu akan berhasil membuat absen untuk karyawan kamu.

Cara Membuat Absen Online Karyawan Dengan Google Form


  1. Pertama Siapkan Email gmail. 
  2. Buka Google Drive kemudian pilih Baru >> Lainnya>> Google Formulir Nah sekarang kita sudah dapat menampilkan lembar absen. untuk langkah selanjut nya kita akan mengedit isi dan kita membuat absensi karyawan ya. pada umumnya dalam membuat absensi karyawan ada kolom nama, Jam Masuk, Jam Pulang, Kegiatan yang di kerjakan Hari Ini.
  3. Edit pada Judul. Menjadi "Daftar Absensi Karyawan PT Maju Sejati"
  4. Silahkan Isi Peertanyaan Pertama misal Nama Karyawan. Untuk Memberikan wajib di isi maka silahkan kalian atur pada pojok kanan bawah ada keteranga wajib di isi. dan untuk jawaban ada pengaturan pilahan ganda, paragraf dan lain sebagai nya di situ. untuk mengaturnya silahakan isi sesuai yang kamu inginkan. kali ini saya mengatur nama dengan jawaban singkat.
  5. Untuk menambah pertanyaan kedua silahkan klik tombol +. begitupun dengan Membuat kolom pertanyaan selanjutanya. seperti Devisi, jam Masuk, jam Pulang, Maupun Kegiatan Kerja hari ini dan Keterangan.
  6. Setelah anda selesai membuat pertanyaan absensi saat nya kalian undang email karyawan kamu. dan kamu suruh isi setiap di bekerja.


Untuk tahap membuat tampilan absensi sudah kita kerjakan. saatnya kita untuk merekap data absensi yang sudah di lakukan oleh karyawan kamu. silahkan kamu buka kembali google drive. dan cek File Google Form Kamu. Untuk langkah mengatur membuat format excel di Spread sheet silahkan kamu ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut ini.

  1. Klik Menu tanggapan.
  2. Kemudian klik tombol +
  3. Maka Google Form Sudah Terintegrasi dengan Excel Spreadsheet Google.


Tinggal kamu download deh. untuk laporan Harian Karyawan kamu. mudah bukan untuk membuat absensi online ini. dalam pengembangan yang banyak perusahaan biasanya dia membuat sebuah database. bisa menggunakan bahasa pemograman PHP maupun yang lainnya. Tetapi untuk Kali ini saya memberikan Contoh Absensi online dengan Simple dan mudah. karena yang terpenting adalah data yang akan kamu olah saja.

Baca Juga : Contoh daftar hadir jam karyawan di excel

Demikian artikel cara membuat absen online dengan mudah dan praktis. dan Memudahkan kalian dalam mengerjakan bidang administrasi perusahaan. bila kalian bingung dalam membuat absensi online ini bisa kamu komentar di bawah saya akan menjawab bila kalian kebingungan. Terimakasih Semoga Bermanfaat.

Tampilan Yang saya Buat Bisa cek disini

SpreadSheet Execel saya Bisa Cek Disini.
0 Komentar untuk "Cara Membuat Absen Online Karyawan"

Back To Top