Ciri-Ciri Iklan Yang Menarik Dan Berkualitas

Iklan merupakan sebuah sarana yang digunakan untuk promosi suatu bisnis atau usaha. Dalam penulisan iklan tentunya harus dilakukan dengan baik dan benar. Pasalnya jika penulisan sebuah iklan sangat baik, dan menarik maka akan banyak konsumen yang berlangganan pada Anda.
Ciri iklan yang berkualitas
Dengan hal tersebut maka Anda membutuhkan ciri-ciri Iklan yang menarik dan berkualitas. Untuk mengetahuinya simak penjelasan dibawah ini.

Manfaat sebuah iklan tentunya sangat besar dalam sebuah bisnis atau usaha. Karena dengan adanya iklan sapat menjangkau berbagi wilayah meskipun daerah yang sulit dijangkau. Meskipun terkadang pemasangan iklan membutuhkan biaya yang mahal, namun perubahan pada bisnis yang Anda jalankan sangat besar.

Ciri-ciri Iklan yang menarik dan berkualitas adalah yang mampu membujuk seseorang agar membeli produk atau memakai jasa yang Anda tawarkan. Dengan hal tersebut maka Anda membutuhkan beberapa komponen agar bisa menarik banyak pelanggan.

Beberapa ciri-ciri Iklan yang menarik dan berkualitas yaitu sebagai berikut:

1. Memiliki daya tarik

Tujuan dari pembuatan iklan adalah menarik banyak pengunjung. Sehingga salah satu ciri-ciri Iklan yang menarik dan berkualitas adalah memiliki daya tarik yang kuat terhadap pengunjung. Adapun daya tarik tersebut yaitu:

- Daya tarik pesan iklan yang rasional

Untuk membuat daya tarik bagi pelanggan, tentunya pesan yang disampaikan dalam iklan harus memilki daya tarik yang rasional. Tipe pesan yang rasional tentunya memiliki banyak tipe. Diantaranya yaitu.

Faktual. Tipe ini biasnya berhubungan dengan pengambilan keputusan yang high involvement dimana penerima pesan akan dimotivasi agar bisa memproses informasi yang ditampilkan dari sisi manfaat produk yang ditawarkan. Penulisan iklan tipe ini dengan menggunakan argumentasi yang masuk akal.

Demonstrasi. Dengan tipe iklan ini, pesan yang akan disajikan menggambarkan kemampuan produk secara instrumental, sehingga mampu menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh pelanggan. Biasanya produk yang menggunakan tipe iklan ini seperti produk shampo, pembersih lantai atau lainnya.

Iklan perbandingan. Tipe iklan ini biasnya dengan membandingkan keunggulan produk yang ditawarkan dengan produk lainnya yang sejenis. Dimana perusahaan akan meyakinkan pelanggan bahwa produknya lebih unggul dibandingkan dengan produk lainnya.

- Daya tarik berdasarkan perasaan

Ciri-ciri Iklan yang menarik dan berkualitas lainnya adalah dengan menggunakan daya tarik perasaan atau emosi.

Diantaranya yaitu:

Rasa takut. Biasanya dalam jenis iklan ini menggunakan aspek negatif atau hal berbahaya yang berhubungan dengan jenis iklan yang dilakukan. Misalnya iklan pasta gigi, dalam pembuatannya dengan menyertakan dampak negatif jika tidak menggosok gigi, sehingga secara tidak langsung akan membuat orang untuk membeli pasta gigi yang Anda tawarkan.

Humor. Biasnya jenis iklan ini banyak menimbulkan daya tarik pada seseorang. Pasalnya dengan dengan menggunakan sifat humor dalam pembuatan iklan akan membuat seseorang memiliki mood positif, sehinga tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.

2. Penggunaan media

Dalam pembuatan iklan yang menarik dan berkualitas tentunya perlu merancang media yang akan digunakan. Jika pembuatan iklan tanpa media, maka pesan tidak akan disampaikan dengan baik.

Lalu bagaimana cara penggunaan media yang baik agar memperoleh ciri-ciri Iklan yang menarik dan berkualitas? Menetapkan media mana yang akan Anda gunakan. Pemilihan media tersebut tentunya disesuaikan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Beberapa media yang dapat Anda gunakan yaitu:

  • Iklan cetak berupa iklan baris, iklan kolom
  • Iklan advertorial
  • Iklan display
  • Iklan elektronik
  • Iklan radio
  • Iklan televisi
  • Iklan internet


Baca Juga : Contoh Iklan Teks promosi Produk Makanan Ringan

Untuk memilih bagaimana iklan yang akan Anda buat tentunya di sesuaikan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Pemilihan tersebut tentunya juga harus disesuaikan dengan budget yang Anda miliki.
0 Komentar untuk "Ciri-Ciri Iklan Yang Menarik Dan Berkualitas"

Back To Top