Jenis Iklan Berdasarkan Media

Dalam pembuatan iklan tentunya membutuhkan sebuah media, karena jika iklan tanpa media maka penyampaian pesan tidak dapat dilakukan. Apalagi dengan perkembangan media teknologi yang saat ini telah canggih membuat jenis iklan berdasarkan media sangat banyak.

Sebelum Anda mengetahui tentang jenis iklan berdasarkan media, maka terlebih dahulu Anda harus memahami cara pemilihan media yang digunakan pada iklan, yaitu sebagai berikut:
  1. Pimpinan perlu menetapkan jenis iklan berdasarkan media apa yang paling cocok digunakan dalam bisnisnya tersebut.
  2. Jika telah ditetapkan media apa yang akan digunakan, maka langkah selanjutnya adalah dengan menentukan jenis bidang apa yang akan digunakan dengan media tersebut.
  3. Jika telah menentukan jenis media yang akan digunakan, maka langkah selanjutnya adalah dengan membuat format iklan yang sesuai dengan media tersebut.

Salah satu jenis media iklan yang biasa digunakan adalah media cetak. Menurut Rhenald Kasli, media cetak merupakan media statis dengan mengutamakan pesan-besan berupa visual. Media cetak terdiri dari kata dengan warna dan halaman hitam putih, serta gambar atau foto dengan warna hitam putih.

Karakteristik dari media cetak sendiri yaitu:

  1. Merangsang seseorang agar berinteraksi secara aktif berfikir serta mencerna informasi secara refleksi dan kreatif. Dengan begitu akan memberikan peluang untuk membuka dialog dengan pembaca.
  2. Dengan menggunakan media cetak akan menjadikan target pemasaran lebih jelas
  3. Penyampaian kritik sosial menggunakan media cetak lebih efektif dan berbobot.
  4. Media cetak lebih bersifat fleksibel, sehingga dapat dibawa kemana sesuai dengan keinginan.
  5. Dengan menggunakan media cetak, penyampaian pesan lebih informatif, spesifik serta memenuhi kebutuhan masyarakat.

Beberapa jenis iklan berdasarkan media yaitu:

1. Iklan cetak

jenis iklan berdasarkan media ini dipublikasikan dengan menggunakan media cetak berupa majalah, koran tabloid atau lainnya. Bentuk dari jenis iklan ini yaitu:


  • Iklan baris merupakan iklan yang hanya dibuat dengan beberapa baris. Umumnya hanya terdiri dari 2 hingga 4 baris saja. Biaya penggunaan ikan jenis ini relatif murah, sehingga tak heran jika banyak yang menggunakan.
  • Iklan kolom merupakan iklan yang dibuat dengan bentuk kolom. jenis iklan berdasarkan media ini lebih tinggi dibandingkan dengan iklan baris. Sehingga tak jarang jenis iklan ini juga menyertakan gambar dalam pemasangannya.


2. Iklan advertorial merupakan jenis iklan berdasarkan media yang dikemas seperti sebuah berita.
3. Iklan display hampir sama dengan jenis iklan kolom, namun dalam tampilan gambar dan tulisannya lebih besar
4. Iklan elektronik
jenis iklan berdasarkan media ini dipublikasikan dengan menggunakan media elektronik. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Iklan radio dipublikasikan dengan melalui radio  yang dikombinasikan dari bunyi kata dengan efek suara. Dan jenis iklan ini hanya bisa didengar oleh konsumen.
  • Iklan televisi jenis iklan ini dipublikasikan dengan melalui suara, video serta gerak. Sehingga jenis iklan ini dapat didengar serta dilihat oleh konsumen.
  • Iklan internet penggunaan iklan jenis ini sangat diminati oleh banyak orang. Pasalnya internet saat ini telah banyak digunakan di semua kalangan. Biasnya penggunaan jenis iklan berdasarkan media ini dengan melalui media sosial.
  • Iklan perusahaan merupakan sebuah iklan yang bertujuan untuk membangun citra sebuah perusahaan yang akan berpengaruh terhadap pembangunan citra produk yang diproduksi oleh perusahaan tersebut
  • Iklan layanan masyarakat memiliki tujuan untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat yaitu dengan mengajak serta menghimbau masyarakat agar tidak atau melakukan sesuatu.

Baca Juga : Pengertian Iklan Menurut Para Ahli
Jenis iklan berdasarkan media ini dapat Anda pilih sesuai kebutuhan dari produk yang Anda pasarkan. Karena biaya penggunaan jenis iklan ini berbeda, maka pemilihan juga disesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Tag : Contoh Iklan
0 Komentar untuk "Jenis Iklan Berdasarkan Media"

Back To Top