Pengertian Ciri dan Contoh Iklan Baris Penjualan Mobil

Pengertian , Ciri dan Contoh Iklan Baris Penjualan Mobil - Melihat begitu meningkatnya volume kendaraan di jalanan Indonesia, baik itu kendaraan roda 4 maupun roda 2, hal ini telah membuktikan betapa kencang persaingan bisnis dalam penjualan mobil.

Dan hebatnya, persaingan ini tak hanya dilakukan oleh berbagai vendor atau merk mobil saja. Akan tetapi juga  banyak dilakukan oleh perorangan, dimana mereka sering kali melakukan jual beli mobil bekas.
Ciri dan Contoh Iklan Baris Penjualan Mobil
Pengertian , Ciri dan Contoh Iklan Baris Penjualan Mobil

Ya, peranan jual beli mobil bekas juga tak luput dari penyudung padatnya jalanan Indonesia oleh kendaraan roda 4. Namun untuk penjualan kendaraan roda 4 bekas yang dilakukan perorangan, tentu cara penjualannya sedikit berbeda.

Yaitu mereka akan lebih banyak melakukan pemasaran kecil melalui berbagai media. Meskipun konsep dasarnya sama, yaitu memperbanyak iklan untuk mendapat jumlah pembeli lebih akan tetapi iklanlah yang berbeda.

Untuk penjualan kecil, seperti penjualan perorang biasanya iklan akan dilakukan melalui surat kabar atau internet. Jenis iklan yang digunakan pun merupakan iklan dengan skala kecil, seperti halnya iklan baris.

Contoh iklan baris penjualan mobil ini akan sangat mudah Anda jumpai di berbagai surat kabar maupun media internet. Dimana iklan baris atau yang lebih sering disebut dengan Classified Advertising merupakan salah satu promosi barang maupun jasa yang dibuat secara singkat dan hanya terdiri atas beberapa baris saja yang akan ditemui di koran atau surat kabar.

Metode iklan baris ini merupakan pengembangan dari promosi iklan yang mengutamakan daya tarik melalui gambar serta informasi yang lengkap serta terperinci dalam bentuk teks.

Umumnya iklan baris hanya memuat informasi seperlunya saja sehingga tak heran jika jumlah baris yang dibutuhkan hanya sekitar 2 sampai 3 baris saja. Dari 2 atau 3 baris ini Anda sudah bisa menjumpai berbagai informasi lengkap seperti nomor telephone, alamat, serta spesifikasi lengkap dari barang atau jasa yang diiklankan.

Baca Juga : 20 Contoh Iklan Baris Penjualan Rumah

Iklan baris pun dibuat secara berkelompok, contoh iklan baris penjualan mobil yang akan dikelompokkan dengan iklan penjualan mobil pula. Kemudian iklan lowongan kerja yang akan dikelompokkan dengan iklan lowongan kerja pula dan lain sebagainya.

Dengan begitu, meskipun ukuran iklan baris kecil namun tidak akan menyulitkan pembaca untuk menemukan informasi terkait. 

Nah bagi Anda yang penasaran bagaimana contoh iklan baris penjualan mobil dan iklan lainnya, berikut ini adalah ciri-ciri iklan baris yang dapat Anda jadikan sebagai gambaran.

Hanya berisi tentang informasi pokok saja, yang biasanya disampaikan dalam bentuk teks panjang 2 sampai 3 baris saja.


  1. Dimuat secara berkelompok sesuai dengan jenis barang atau jasa yang ditawarkan, seperti contoh iklan baris penjualan mobil, penjualan tanah, penjualan rumah, lowongan pekerjaan, pencarian dan lain sebagainya.
  2. Tidak menggunakan ilustrasi grafis.
  3. Memiliki fakta dan opini.
  4. Biaya pemasangan yang relatif lebih murah dibanding dengan jenis iklan lain, yaitu karena iklan baris hanya membutuhkan tempat yang kecil pada surat kabar maupun media internet.
  5. Berbentuk kalimat pendek, bahkan sering kali berupa singkatan. Dan pada beberapa Anda bisa menjumpai iklan baris yang disertai gambar, hanya saja berupa gambar kecil dan tak berwarna.
  6. Sudah dilengkapi dengan nomor telephone yang dapat dihubungi maupun alamat yang dapat dikunjungi.


Melihat beberapa ciri iklan baris di atas, mungkin Anda sedikit bingung mengapa harus terdapat opini dan fakta? Sebenarnya untuk opini dan fakta sudah bisa Anda jumpai di setiap jenis iklan.
Hanya saja untuk iklan baris sudah pasti ada dan umumnya tidak hanya 1 atau 2 buah opini maupun fakta.

Nah berikut adalah beberapa contoh fakta dan opini yang sering kali terdapat dalam contoh iklan baris penjualan mobil.

Fakta
  • Dijual mobil sedan.
  • Keluaran tahun 1999.
  • Untuk info dan order hubungi 0822223445XXX


Opini
  • Masih enak dipakai.
  • Kecepatan masih tinggi.


Beberapa kalimat tersebut akan dengan mudah Anda jumpai di contoh iklan baris penjualan mobil, dimana fakta merupakan hal pasti terkait barang tersebut, sedangkan opini baru sebatas pendapat dari penjual saja.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa contoh iklan baris penjualan mobil yang bisa Anda jumpai di surat kabar.

MOBIL DIJUAL : BMW X Ty 2V6 SEAT, scnd Htm Th. 99. KM. 8000 Hub. Telp.021-78087543, Hp.0818908987
MOBIL DIJUAL : AUDI A4 Black’06, Antik 95% Ori, Vlg 19″, Terawat, 450 Jt nego. Hub. 0818.0432.3876
MOBIL DIJUAL : AUDI A4 2.0, Th’02, abu2 tua mtlk, Jok klt, Knds Bgs. DBS Auto, Jl. Pondok Indah Ry, No.68 hp. 07278765999

Pada contoh iklan baris penjualan mobil di atas, Anda bisa melihat beberapa hal pasti yang terdapat pada iklan baris penjualan mobil, yaitu.


  1. Fakta yang mengatakan bahwa mobil tersebut dijual.
  2. Jenis mobil yaitu merk dan tipe mobil.
  3. Spesifikasi mobil secara umum atau hanya berupa spesifikasi inti saja, seperti warna, tahun keluaran, dan lain-lain.
  4. Nomor telephone yang dapat dihubungi guna untuk mempermudah siapa saja yang minat dengan mobil tersebut.
  5. Alamat dari pemilik mobil untuk mempermudah survei langsung mobil ang akan dijual.
  6. Harga, bisa berupa harga tawaran yang masih bisa turun atau sudah berupa harga pas.


Setelah mencantumkan beberapa hal tersebut, kemudian Anda juga bisa membuat contoh iklan baris penjualan mobil tersebut semakin menarik dan mengundang minat pembeli, seperti.

Berikan fakta dan opini yang menarik pada iklan baris. Namun perlu Anda perhatikan untuk opini iklan sebaiknya tidak berlebihan dan menggunakan pemilihan kata yang menarik.

  • Informasi terkait mobil yang dijual lebih lengkap, seperti penyertaan jenis mesin, velg, panjang km yang sudah ditempuh dan lain-lain.
  • Jangan hanya cantumkan nomor telephone namun juga lengkap dengan alamat.
  • Harga yang dicantumkan sebaiknya harga nego yang tidak terlalu tinggi. Yaitu harga nego yang sudah cukup mepet dengan harga pas mobil tersebut.
  • Apabila memungkinkan gunakan gambar atau foto mobil tersebut sekalipun ukurannya kecil dan tidak berwarna.
  • Pemilihan waktu yang tepat untuk peluncuran iklan baris tersebut, seperti saat perekonomian masyarakat sedang cukup baik, mengingat jenis barang yang Anda jual bukan barang dengan harga murah.
  • Apabila memungkinkan pilih lokasi iklan baris yang paling strategis, yaitu pada bagian baris paling atas dibanding dengan iklan baris sejenisnya.
  • Jika Anda memiliki budged cukup, sebaiknya jangan lakukan iklan baris hanya dalam satu tempat saja namun ke beberapa tempat sehingga akan lebih efektif.

Selain tips di atas, Anda juga perlu melakukan pelayanan yang baik pada calon pembeli. Seperti ketika ada orang yang bertanya-tanya tentang mobil Anda maka berikan informasi yang cukup dan sesuai.

Baca Juga : Contoh Iklan Baris Penjualan Tanah

Selain itu, pelayanan yang cepat juga sangat diharapkan oleh calon pembeli. Dengan begitu komunikasi antara penjual dan calon pembeli akan lebih baik.
Tag : Contoh Iklan, Internet Marketing
0 Komentar untuk "Pengertian Ciri dan Contoh Iklan Baris Penjualan Mobil"

Back To Top