Tahap 1 : Pengenalan Bahasa Pemograman JAVA untuk pemula

Pengenalan pemograman java untuk pemula-  baik kali ini saya akan membahas pemograman java dari A-Z nantinya jika temen- teman ingin belajar java tentunya anda akan mempelajari pemograman melalui beberapa tahap agar teman teman dalam belajar java memiliki dasar pengetahuan mengenai pemograman java ini, sangat tepat sekali jika teman teman belajar java di website ngetrik.com karena nantinya saya akan share source code coding java.

agar temen temen setelah belajar materi alangkah lebih baik nya temen- temen mulai mempraktikan materi yang sedang anda pelajari. Ada 6 hal yang harus anda wajib ketahui terlebih dahulu sebelum anda mempelajari  bahasa pemograman java ini, berikut poin-poin yang harus anda tahu mengenai pemograman java :

Pengenalan bahasa pemograman Java untuk Pemula

1.    Apa Itu Java?

Pemograman Java merupakan salah satu bahasa pemrograman berorientasi objek (OOP-Object Oriented Programming). Paradigma OOP menyelesaikan masalah dengan merepresentasikan masalah ke model objek.

Alur pembuatan program Java adalah :
a.      Mendefinisikan masalah
b.      Menganalisa dan memecahkan masalah
c.      Desain algoritma dan reseperentasi
d.      Pengkodean dan ujicoba

2.    Object-oriented programming

Pemograman menurut pandangan banyak orang merupakan suatu kegiatan yang dapat membuat otak kita semakin rumit dan susah untuk menjelaskan bagaimana masalah tersebut, maka kita dapat pecahkan masalah dengan bahasa pemograman java dengan menggunakan rumus logic

Pemograman java menurut saya pribadi merupakan bahasa perintah di dunia ilmu komputer dimana dengan bahasa tersebut kita dapat memberikan perintah kepada komputer kita untuk menyelesaikan masalah, jadi untuk itu dengan bahasa pemograman java kita dapat mencari solusi –solusi bagaaimana cara kita menyikapi suatu masalah,

Pada kesempatan kali ini saya akan membuat sebuah ebook ini dengan lengkap dengan step by step dan semoga dapat memberikan banyak manfaat untuk kalian semua yang sedang belajar pemograman java. Setelah anda memahami analogi dari pemorgaman java.

3.    Edisi Java

Java meupakan bahasa pemograman yang dapat dijalankan dengan berbagai model platform, keungulan ini sehingga  bahasa pemograman java banyak di minati banyak sebagian progamer , dalam bahasa pemoragaman Java di bagi menjadi tiga edisi java yaitu:

1.Java 2 Standard Edition ( J2SE )
2.Java 2 Enterprise dition ( J2EE )
3.Java 2 Micro Edition ( J2ME )

4.    Kelebihan Java di bandingkan dengan C++

Saya juga akan membahas mengenai kelebihan bahasa java di bandingkan dengan C++. tentunya setiap bahasa pemograman memiliki kelebihan tersendiri dalam hal ini kelebihan bahsa pemograman java di antaranya adalah sebagai berikut ini :

Object Oriented - Di Java, segala sesuatu adalah objek. Java dapat dengan mudah diperpanjang karena didasarkan pada model Object.

Platform Independen - Tidak seperti banyak bahasa pemrograman lainnya termasuk C dan C ++, ketika Java dikompilasi, tidak dikompilasi ke dalam platform mesin tertentu, bukan ke dalam platform kode byte independen. Kode byte ini didistribusikan melalui web dan diinterpretasikan oleh Virtual Machine (JVM) di mana platform itu sedang berjalan di.

Sederhana - Java dirancang agar mudah untuk belajar. Jika Anda memahami konsep dasar OOP Java, itu akan mudah untuk menguasai.

Aman - Dengan fitur aman Java memungkinkan untuk mengembangkan, sistem tamper-bebas bebas virus. teknik otentikasi didasarkan pada enkripsi kunci publik.

Arsitektur-netral - Java compiler menghasilkan format file objek arsitektur-netral, yang membuat kode dieksekusi dikompilasi pada banyak prosesor, dengan hadirnya sistem runtime Java.

Portabel - Menjadi arsitektur-netral dan tidak memiliki implementasi aspek tergantung dari spesifikasi membuat Java portabel. Compiler di Java ditulis dalam ANSI C dengan batas portabilitas bersih, yang merupakan bagian POSIX.

Kuat - Java membuat upaya untuk menghilangkan situasi rawan kesalahan dengan menekankan terutama pada waktu kompilasi kesalahan pengecekan dan runtime memeriksa.

Multithreaded - Dengan fitur multithreaded Java adalah mungkin untuk menulis program yang dapat melakukan banyak tugas secara bersamaan. Fitur Desain ini memungkinkan para pengembang untuk membangun aplikasi interaktif yang dapat berjalan lancar.

Diinterpretasikan - Java byte code diterjemahkan dengan cepat ke instruksi mesin asli dan tidak disimpan di mana saja. Proses pembangunan lebih cepat dan analitis karena menghubungkan merupakan proses inkremental dan ringan.

Kinerja tinggi - Dengan menggunakan kompiler Just-In-Time, Java memungkinkan kinerja tinggi.

Didistribusikan - Java dirancang untuk lingkungan terdistribusi dari internet.

Dinamis - Java dianggap lebih dinamis daripada C atau C ++ karena dirancang untuk beradaptasi dengan lingkungan yang berkembang. program Java dapat membawa jumlah luas informasi run-time yang dapat digunakan untuk memverifikasi dan tekad akses ke objek pada run-time.


5.    Aturan Penulisan Coding  Java

a.      Penulisan Code java harus di akhiri dengan tanda ;

b.      Progam java yang akan di eksekusi harus ada di dalam code
Public void main

c.   Java bersifat case Sensitive jadi penulisan huruf kecil dan besar memiliki fungsi yang berbeda untuk itu silahkan temen temen untuk memperhatikan setiap penulisan pemograman java
Tag : Pemograman
0 Komentar untuk "Tahap 1 : Pengenalan Bahasa Pemograman JAVA untuk pemula"

Back To Top