Penjelasan, Ciri dan Contoh Iklan Baris Penjualan HP

Contoh Iklan Baris Penjualan HP-Saat ini persaingan di pasaran HP nampaknya sudah sangat padat. Hal ini bukan hanya dipengaruhi karena banyaknya vendor atau merk HP terbaru yang memberikan kelebihan begitu beragam dan menakjubkan.

Akan tetapi juga dikarenakan begitu banyaknya toko atau counter penjual HP yang saling bersaing satu sama lain dalam mendapatkan pembeli. Ya persaingan ini tentu didukung dengan banyaknya kelebihan yang ditawarkan oleh masing-masing toko.
 Contoh Iklan Baris Penjualan HP
 Contoh Iklan Baris Penjualan HP

Selain beragam kelebihan yang ditawarkan, gencarnya iklan yang dilakukan juga merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pembeli dengan jumlah banyak.

Iklan yang dilakukan pun bisa melalui berbagai media, mulai dari penggunaan media sosial, media cetak hingga brosur. Begitu juga  jenis iklannya yang tentu saja beragam. dan salah satu yang paling efektif adalah iklan baris.

Contoh iklan baris penjualan HP ini bisa dengan mudah Anda temui di berbagai web atau blog juga media cetak seperti koran. Selain cukup efektif untuk menarik minat calon pembeli, iklan baris juga tergolong jasa pengiklanan yang sangat murah.

Dengan ukuran yang lebih kecil dibanding dengan ukuran jenis iklan pada umumnya, iklan baris ini dibandrol dengan harga yang jauh lebih murah. 

Untuk pembuatan contoh iklan baris penjualan HP pun jauh lebih sederhana, sebab Anda tak harus menggunakan desain grafis.

Pengertian dari iklan baris atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Classified advertising ini merupakan salah satu promosi barang dan jasa yang biasanya dijumpai di koran.

Cara ini adalah pengembangan dari promosi iklan yang mengutamakan daya tarik menggunakan gambar dan menggunakan informasi yang lebih lengkap serta detail dalam bentuk teks atau tulisan saja.

Umumnya contoh iklan baris penjualan HP akan berisi informasi inti saja dan hanya akan membutuhkan beberapa baris untuk memberikan penjabaran lengkapnya. Bahkan pada koran, iklan baris memiliki syarat jumlah minimal baris adalah 2-3 baris yang sudah dilengkapi dengan alamat, nomor telepon dan lain-lain.

Iklan baris pun akan dimuat secara berkelompok, yaitu sesuai dengan isi iklan. Ini disebabkan karena contoh iklan baris penjualan HP tak menggunakan gambar sehingga setiap barang yang diiklankan harus dikelompokkan dengan barang lain yang sejenis.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa contoh iklan baris.


  1. Iklan baris hanya memuat informasi yang penting, sehingga ditulis denga begitu singkat serta penulisan umumnya hanya memiliki 2 sampai 3 baris saja.
  2. Dimuat secara berkelompok sesuai dengan barang atau jasa yang ditawarkan, seperti HP, tanah, mobil, rumah, jasa barber shop dan masih banyak lainnya.
  3. Tidak menggunakan dan tidak membutuhkan ilustrasi gambar.
  4. Memiliki fakta juga opini iklan.
  5. Umumnya biaya pemasangan iklan baris cenderung murah, sebab iklan ini hanya memerlukan tempat yang kecil dalam surat kabar atau media iklan lain seperti internet.
  6. Kalimat yang digunakan begitu pendek dan singkat. Namun ada juga beberapa contoh iklan baris penjualan HP yang menggunakan gambar. Hanya saja ukurannya begitu kecil dan biasanya hitam putih.
  7. Umumnya dilengkapi dengan nomor telephone yang dapat dihubungi serta alamat dari toko barang atau jasa yang dapat dikunjungi.


Dari beberapa ciri iklan baris di atas, mungkin Anda sudah memiliki bayangan bagaimana contoh iklan baris penjualan HP yang biasanya terpampang di surat kabar juga internet.

Nah menanggapi ciri iklan baris yang menyatakan bahwa jenis iklan ini memiliki fakta juga opini, mungkin beberapa contoh fakta dan opini pada iklan baris ini bisa jadi referensi Anda.

Fakta iklan, contoh :

Dicari Karyawan (untuk jaga toko)
Usia minimal 19 tahun dan maksimal 35 tahun.
Bagi yang berminat hubungi 082254998XXX

Opini iklan, contoh :

Kerja mudah.
Gaji besar.
Fasilitas lengkap.

Beberapa contoh fakta dan opini pada iklan baris tersebut umumnya akan Anda jumpai dalam satu contoh iklan baris penjualan HP. Meskipun pada umumnya opini akan jauh lebih sedikit dibanding dengan fakta yang terdapat pada iklan.

Nah pada iklan baris penjualan HP sendiri biasanya beberapa yang informasi yang harus disertakan antara lain adalah.


  1. Jenis HP

    Yaitu Anda harus menjelaskan secara umum merk dan type HP yang diiklankan. Dan biasanya, spesifikasi umum seperti RAM, CPU, OS, kapasitas memori serta varian warna juga sebaiknya dijelaskan secara detail namun singkat.
  2. Harga

    Setelah menjelaskan lengkap tentang jenis HP dan spesifikasinya, kemudian disusul dengan harga. Namun untuk penetapan harga pada contoh iklan baris penjualan HP ini pastikan Anda sudah mematok harga terendah mengingat begitu banyaknya pesaing yang juga menjual produk yang sama.
  3. Informasi penjual

    Untuk informasi penjual ini bisa Anda isikan dengan beberapa hal, mulai dari nomor HP penjualan yang bisa dihubungi untuk transaksi pembelian dan alamat lengkap dari konter atau toko HP yang bisa dikunjungi.


Salah satu alasan mengapa iklan baris ini banyak dimuat di surat kabar ialah karena penyertaan alamat. Dimana surat kabar biasanya dibuat dengan isi berbeda pada tiap daerahnya. Sehingga kemungkinan jika Anda melihatnya di surat kabar setempat bisa langsung mengunjungi toko atau konter tersebut.

Selain 3 info utama di atas, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal berikut supaya iklan baris yang Anda berikan lebih menarik.


  • Iklan baris harus dibuat sesingkat mungkin dan memiliki info yang lengkap.
  • Jika memungkinkan, sertakan pula gambar meskipun dengan ukuran yang kecil dan tidak berwarna. 
  • Apabila Anda ingin mendapatkan rating penjualan yang meningkat tajam, sebaiknya sering-sering pasang iklan baris.
  • Pemasangan iklan baris ini bisa Anda lakukan tidak hanya pada satu tempat, namun juga beberapa tempat sekaligus, seperti di surat kabar dan internet.
  • Karena begitu banyak pesaing, pastikan harga yang ditetapkan adalah harga paling rendah.
  • Jika memungkinkan, posisi iklan baris yang Anda promokan berada di baris paling atas. Dengan begitu maka pembaca akan langsung menjurus pada iklan yang Anda berikan.
  • Pilih waktu yang tepat untuk pemasangan iklan, semisal pada awal bulan. Ya, sebab pada tanggal muda ini kemungkinan taraf perekonomian para pegawai atau karyawan sedang baik-baiknya, sehingga minat belanja pun akan meningkat.

Baca Juga  : Contoh Iklan Baris Penjualan Tanah

Beberapa tips di atas mungkin bisa membantu Anda mempromosikan barang yang Anda jual. 
Sebab selain lebih murah, iklan baris juga memiliki kelebihan dibanding dengan jenis iklan lain, seperti.

1. Efektif karena informasi yang diberikan to the point.
2. Banyak mengundang pembaca.
3. Tidak mengharuskan Anda untuk membuat desain iklan terlebih dahulu, sehingga sangat mudah untuk dicoba.
4. Iklan bisa berupa layanan jasa apa saja juga promosi barang.
5. Mudah dipahami oleh pembaca dan calon pembeli.
6. Dapat dibaca oleh siapa saja.

Baca Juga : Contoh Iklan baris Penjualan Mobil 

Semoga informasi terkait iklan baris, mulai dari pengertian, ciri, hingga tips-tips membuat iklan baris penjualan HP di atas bisa membantu Anda.
0 Komentar untuk "Penjelasan, Ciri dan Contoh Iklan Baris Penjualan HP"

Back To Top