Pengertian dan Jenis Iklan Menurut Para Ahli Terbaru dan Terlengkap

Tak dapat dipungkiri jika iklan sangat efektif sebagai media promosi dalam sebuah bisnis atau usaha. Sebab iklan akan mudah dijangkau oleh semua orang bari berbagai kalangan.  pengertian iklan menurut para ahli pun berbeda-beda.
Pengertian dan jenis Iklan
Berikut ini pengertian iklan menurut para ahli:

1. Menurut Wright (1978)

Pengertian iklan menurut Wright yaitu suatu proses komunikasi yang memiliki kekuatan yang sangat penting sebagai alat pemasaran yang dapat membantu menjual barang, memberikan layanan dan gagasan ataupun ide dengan melaui saluran tertentu dalam sebuah bentuk informasi yang persuasif.

2. Menurut masyarakat periklanan Indonesia

pengertian iklan menurut para ahli selanjutnya adalah menurut masyarakat periklanan Indonesia, dengan mengartikan iklan yaitu sebagai bentuk pesan tentang suatu jasa atau produk yang disampaikan dengan melalui suatu media yang ditujukan pada seluruh atau sebagian masyarakat.

3. Bittner (1989)

Bittner membagi iklan menjadi dua jenis yakni iklan layanan masyarakat dan layanan stAndar. Dimana iklan stAndar merupakan iklan yang ditata secara khusus yang digunakan untuk keperluan dengan memperkenalkan barang, jasa, layanan kepada konsumen. Tujuan dari jenis iklan ini yaitu  untuk mendapatkan keuntungan ekonomi.

Sedangkan iklan layanan masyarakat merupakan sebuah iklan yang bersifat non profit, dimana jenis ikan ini berupaya untuk mencari keuntungan yang bersifat sosial. Namun keuntungan yang didapatkan bukan berupa keuntungan komersial secara langsung.

4. Alo Liliweri (1992)

pengertian iklan menurut para ahli selanjutnya adalah menurut Alo Liliweri dimana ia membagi iklan menjadi dua jenis. Yaitu iklan secara umum serta secara khusus.

5. Rhenald Kasali (1992)

Pengertian iklan menurut Rhenald Kasali yaitu bagian dari promosi yang merupakan bagian dari pemasaran. Sehingga secara sederhana iklan diartikan sebagai pesan yang menawarkan suatu jasa atau produk kepada masyarakat dengan melalui suatu media tertentu.

6. Frnak Jefkins

pengertian iklan menurut para ahli selanjutnya yaitu suatu pesan yang diarahkan untuk membujuk orang agar membeli atau memakai produk maupun jasa.

Selain pengertian iklan menurut para ahli, biasnya definisi iklan biasanya mengandung beberapa elemen yaitu:
  1. Periklanan merupakan suatu bentuk komunikasi yang dibayar, meskipun beberapa bentuk periklanan biasnya menggunakan ruang khusus dengan biaya gratis.
  2. Selain penyampaian pesan dengan membayar, iklan juga bisa di proses dengan mengindentifikasi sponsor. Sehingga iklan tersebut tidak hanya menampilkan pesan mengenai kehebatan dari produk atau jasa yang ditawarkan saja, namun juga menyampaikan pesan supaya konsumen menggunakan atau membeli jasa maupun produk yang ditawarkan.
  3. Iklan digunakan untuk mempengaruhi atau membujuk konsumen agar menggunakan atau memakai produk yang ditawarkan.
  4. Iklan memerlukan sebuah media yang digunakan sebagai penyampaian pesan pada konsumen.
  5. Iklan tidak memiliki sifat untuk pribadi
  6. Sasaran dari iklan adalah untuk konsumen. Sehingga penyampaian iklan harus ditargetkan pada konsumen dengan jelas.
Dengan pengertian iklan menurut para ahli tersebut maka iklan dapat didefsnisikan secara sederhana yaitu pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan untuk masyarakat melalui suatu media. 

Dasar dari pembuatan iklan adalah untuk menjual suatu produk atau menawarkan suatu jasa pada konsumen secara efektif.
Efek akhir dalam pembuatan iklan adalah untuk mengubah sikap serta perilaku menerima pesan. Sehingga pembuatan pesan harus dapat membujuk atau mempengaruhi konsumen. Dengan kata lain suatu iklan akan berhasil jika konsumen mau menggunakan atau melaksanakan apa yang diiklankan.

Dengan begitu tentunya pengertian iklan menurut para ahli ini dapat menjadikan Anda untuk membuat suatu iklan yang baik, menarik serta berkualitas. Hal tersebut agar tujuan yang Anda inginkan dapat tercapai degan baik.

Tag : Contoh Iklan
0 Komentar untuk "Pengertian dan Jenis Iklan Menurut Para Ahli Terbaru dan Terlengkap"

Back To Top