Belajar Query Database untuk Pemula

Pada Kali ini saya akan membahas bagaiman cara untuk belajar query dari dasar terlebih dahulu. pada dasarnya kita akan belajar menggunakan teknik lerning by doing saja.  Query database di perlukan karena kebutuhan untuk dalam hal operasi data.

Banyak yang dilakukan dalam hal belajar pengoperasian data, diantaranya data manipulation Leangue atau istilah nya adalah DML. pernah dengar dengan istilah hal tersebut. Jika belum maka kita akan membahas hal tersebut, Jika kalian sebelum nya belajar excel tentunya database adalah hal yang sangat berkaitan dengan excel juga,

Karena di database anda akan banyak mengenal dengan tabel maupun kolom dan baris, nah cuma dalam pengoperasian nya kita membutuhkan koding query.

DML adalah sering di gunakan seperti perintah select, Update dan input, delete. yang sering di gunakan dalam pengoperasian database. untuk memulai hal tersebut, kalian perlu memahami statement pada bahasa query,

Contoh :

Select * from Nama_tabel

Update from  Nama_tabel

Delete from  Nama_tabel

Insert Into Nama_tabel values (data)

Dalam penggunaan bahasa tersebut memang banyak di gunakan tergantung kebutuhan yang akan kita lakukan dalam pengoperasian data.

Pengembangan DML ada banyak sekali contoh di atas adalah contoh dasar database yang digunakan dalam query yang biasa di lakukan.

Untuk praktek silahkan kalian untuk belajar menggunakan database XAMPP maupun Oracle. kali ini admin sering menggunakan Oracle. dalam kesempatan kali ini saya hanya membahas sedikit pengetahuan mengenai DML.

Dan  untuk contoh soal query database nanti saya akan membahas secara lengkap. dan pembahasannya. di karenakan ini sudah larut malam mungkin yang saya bahas hanya sedikit saja dahulu.

Baik sekian dulu ya temen-temen. semoga bermanfaat.


Tag : SQL
0 Komentar untuk "Belajar Query Database untuk Pemula"

Back To Top