6 Rumus Excel Administrasi Perkantoran, Wajib Kamu Pelajari !!!


Rumus Microsoft excel administrasi perkantoran - Belajar microsoft excel memang lah harus bertahap tahap. Langkah pertama adalah mengenal rumus Microsoft Excel, sehingga untuk memulai menggunakan aplikasi excel sebaiknya temen-temen mengenal fungsi rumus excel yang sering digunakan di perusahaan, kantor dinas, administrasi Toko , administrasi sekolah maupun administrasi rumah sakit.

Excel perkantoran  sering di gunakan dalam memproses pembuatan laporan data yang valid berhubungan dengan adminstrasi. seperti  administrasi gaji maupun data alur masuk nya mengenai laba maupun rugi pendapatan dari perusahaan, hal ini dapat di analisa menggunakan microsoft excel. kali ini saya akan shared beberapa rumus excel yang sering digunakan dalam administrasi perkantoran. contoh rumus excel untuk tes kerja biasanya sebagai berikut ini.


Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data (range). Bentuk umum penulisannya adalah ;

= AVERAGE(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data yang akan dicari nilai rata-ratanya. Misalnya untuk mengisi nilai rata-rata dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =AVERAGE(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter. contoh soal test excel Averege ini biasanya di gunakan untuk administrasi sekolah,
Baca Juga :Kumpulan Contoh Soal Latihan Excel Komputer di perusahaan

2. Fungsi Rumus Excel Sum


Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range. Bentuk umum penulisan fungsi Rumus Excel ini adalah =SUM(number1, number2,…). Dimana number1, number2 dan seterusnya adalah range data yang akan dijumlahkan. Misalnya untuk menjumlahkan range data E8 sampai G8,

Maka rumusnya adalah =SUM(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter. contoh soal excel sederhana SUM ini biasanya untuk penjumlahan pada acounting kantor. agar anda lolos tes kerja silahkan baca selengkapnya : Rumus Penjumlahan excel  data karang Taruna 

Sekarang saatnya anda melakukan soal ujian praktek excel pada link di atas menggunakan soal latihan microsoft excel 2010 dan jawabanya supaya anda bisa belajar dengan baik banyakin praktek,


3. Fungsi Rumus Excel Max


Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range). Bentuk umum penulisannya adalah :

=MAX(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai tertingginya. Misalnya untuk mencari nilai maksimal dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =MAX(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.

4. Fungsi Rumus Excel Min


Fungsi  Rumus excel Min adalah kebalikan dari fungsi Max, jika fungsi Max untuk mencari nilai tertinggi atau maksimal maka Min adalah untuk mencari nilai terkecil atau minimum dari sekumpulan data numerik. Bentuk umum penulisannya adalah :

=MIN(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai tertingginya. Sebagai contoh untuk mencari nilai terendah dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =MIN(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.

5. Fungsi Rumus Excel Count


Fungsi Count digunakan untuk menghitung jumlah data dari suatu range yang kita pilih. Bentuk umum penulisannya adalah :

=COUNT(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dihitung jumlah datanya. Sebagai contoh untuk menghitung jumlah data dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =COUNT(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.

6. Fungsi Rumus Excel IF


Fungsi ini digunakan jika data yang dimasukkan mempunyai kondisi tertentu. Misalnya, jika nilai sel A1=1, maka hasilnya 2, jika tidak, maka akan bernilai 0. Biasanya fungsi ini dibantu oleh operator relasi (pembanding) seperti berikut:

Lambang Fungsi

= Sama dengan
< Lebih kecil dari
> Lebih besar dari
<= Lebih kecil atau sama dengan
>= Lebih besar atau sama dengan
<> Tidak sama dengan

Bentuk umum penulisan Rumus Excel IF adalah :

= IF (logical_test,value_if_true,value_if_false), artinya kalau ekspresi logika (logical_test) bernilai benar, maka perintah pada value_if_true akan dilaksanakan, jika salah, maka perintah pada value_if_false yang akan dilaksanakan. Perhatikan contoh berikut:



Kolom keterangan diisi dengan ketentuan, jika kolom TANDA sama dengan K, maka keterangannya KAWIN, jika tidak, maka keterangan berisi TIDAK KAWIN. Ini dapat diselesaikan dengan rumus

=IF(C3=”K”, “KAWIN”,”TIDAK KAWIN”).

Pada rumus diatas Kita lihat bahwa jika datanya bertipe Teks/alpha numerik harus diapit oleh tanda kutip dua, lain halnya dengan tipe data numerik, tidak boleh menggunakan tanda kutip.

Nah sekarang bagaimana jika ada beberapa kondisi/bertingkat (IF Bertingkat) seperti pada kasus nilai mahasiswa. Tidak perlu khawatir, langsung saja perhatikan gambar diatas pada tabel sebelah kanan.

=IF(H3>=81,"A",IF(H3>=66,"B",IF(H3>=56,"C",IF(H3>40,"D","E")))), hal yang sama juga bisa dilakukan untuk mengisi kolom keterangan, dengan ketentuan,

Jika nilai hurufnya sama dengan “A” maka keterangan “SANGAT MEMUASKAN, jika “B” maka “MEMUASKAN”, jika “C”, maka “CUKUP”, dan jika “D” maka bernilai “KURANG”, selain dari itu, maka bernilai “GAGAL”. Nah sekarang sudah paham kan bagaimana cara menggunakan fungsi IF, sekarang langsung dipraktekkan deh supaya tidak lupa.

Cara Menulis Rumus Excel


Setelah mengenal beberapa rumus excel yang sering digunakan untuk administrasi diatas, maka sekarang Kita bahas cara menuliskan rumus excel di area lembar kerja.

Cara 1: Menulis rumus Excel dengan mengetikkan angka langsung

Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus excel akan ditampilkan Pada formula bar, ketikkan = 5000000+3500000, lalu tekan tombol enter.

Note : Menulis rumus dengan cara ini cukup mudah kalau rumusnya sederhana dan pendek serta angkanya tetap.
Cara 2: Menulis rumus Excel dengan menggunakan alamat sel

Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus ditampilkan 
Pada formula bar, ketikkan = C4+C5, lalu tekan tombol enter.
Note : Menulis rumus dengan cara ini sangat bermanfaat jika datanya sering berubah.

Buat Kalian yang sedang ingin mendaftar di pramuniaga indomaret, baca postingan sebelumnya mengenai syarat dan tugas pramuniaga indomaret yang wajib kamu ketahui.
Cara 3: Menulis rumus Excel dengan bantuan mouse

Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus excel akan ditampilkan
Ketikkan = , kemudian pilih dan klik sel C4
Ketik +, kemudian pilih dan klik sel C5
Tekan tombol enter

Note : Menulis rumus dengan cara ini sangat dianjurkan karena memperkecil kemungkinan salah ketik alamat sel.

Operator Matematika yang Sering Digunakan


Rumus Excel merupakan bagian terpenting dari Program Excel ini, karena setiap tabel dan dokumen yang Kita ketik akan selalu berhubungan dengan rumus dan fungsi. Operator matematika yang akan sering digunakan dalam rumus adalah sebagai berikut:

- Pengurangan

/ Pembagian

^ Perpangkatan

% Persentase

Proses perhitungan akan dilakukan sesuai dengan derajat urutan dari operator ini, dimulai dari pangkat (^), kali (*), atau bagi (/), tambah (+) atau kurang (-). Jika pekerjaan Anda adalah berhubungan dengan data statistik, maka Anda akan sering menjumpai operator-operator matematika diatas.

Cara Keluar dari lembar kerja Microsoft Excel 2007


Bila Anda sudah selesai membuat atau memperbaiki workbook dan ingin keluar dari Microsoft Excel, Anda dapat menggunakan Office Button kemudian pilih Close atau dengan mengklik tanda silang yang ada pada ujung kanan atas layar.

Akan tetapi jangan lupa untuk menyimpan terlebih dahulu pekerjaan Anda dengan menekan icon Save pada toolbar atau kombinasi tombol CTRL + S. Jangan lupa simak terus update mengenai tutorial belajar excel pada postingan nanti ya kawan. agar kita selalu ingat dalam menggunakan excel perkantoran dan tentunya akan mempermudah pekerjaan kita,

Demikian belajar excel kali ini mengenai Fungsi - fungsi atau rumus microsoft excel semoga bisa bermanfaat untuk Anda semuanya, jika Anda mau untuk serius dalam belajar, pastinya Microsoft Excel bukan sesuatu yang menakutkan dan jika anda mau rutin dalam berlatih, maka bisa dipastikan anda juga pasti mahir dalam microsoft excel. 
Back To Top