Mengenal Pengertian Dasar SQL Database Bagi Pemula

Mengenal Pengertian Dasar SQL Database Bagi Pemula -  Pengertian dasar SQL secara lengkap masih berhubungan dengan administrasi perkantoran yaitu belajar database sql yang berfungsi menyimpan database berbasis offline maupun online. pada pengenalan dasar database untuk pemula kali yang kita pelajari adalah pengertian dari sql itu sendiri kemudian fungsi atau perintah database sql itu apa, nanti kita bahas lengkap  juga mengenai hak Akses dalam istilah dasar SQL.

Banyak perusahaan besar menggunakan database sql untuk dapat mengakses data yang di perlukan jika kantor atau cabang perusahaan yang beda kota maupun provinsi ingin sekedar update atau pun mengolah data sehingga lebih mudah, pengolahan database sql online dalam untuk mengisi data maupun update data, sql dapat menjadi salah satu solusi nya, hal tersebut merupakan sebagian kecil fungsi dari database mysql. tapi untuk pemula sebaiknya kita mengenal dasar telebih dahulu, sebagai berikut ini :
Dasar SQL, MYSQL, Pengertian MYSQL
 Mengenal Pengertian Dasar SQL Database Bagi Pemula

Sejarah SQL

Alangkah baiknya jika kita belajar dari dasar maka akan berkah juga ilmu yang kita dapat jadi kita mengenal sejarah Sql tidak ada ruginya karena kita mengetahui siapa pembuat bahasa pemograman sql itu.

Awal SQL dimulai  Pada tahun 1970 peniliti dari Ibm dengan nama Jhony Oracle membuat sebuah artikel membahas mengenai ide cara pembuatan database relasional, dan dia memberi nama bahasa database tersebut dengan sebutan nama SEQUEL yang artinya Structured English Query Language. Implementasi dari database relasi ini berhubungan dengan system suatu data.

Kemudian setelah di publikasikan artikel tersebut, IBM membuat sebuah proyek basis data relasional dengan menggunakan bahasa SEQUEL karena masalah hukum dalam hal nama SEQUEL maka IBM mengganti menjadi SQL.

Pada masa sekarang SQL masih popular dan banyak di gunakan jutaan perusaahan yang ada di dunia ini dan sangat popular dalam pengolahan database maka hal tersebut  SQL menjadi Standar defacto sebagai bahasa pemograman dalam managemen basis data, dan di akhir 1970-an,  muncullah perusahaan Oracle yang membuat server untuk basis datanya. setidak nya alur di temukan bahasa SQL sudah saya uraikan di atas,

Lanjut kita belajar mengenai pengertian-pengertian yang ada di dalam sql untuk itu pelajari lah dahulu supaya anda tahu dan paham betul mengenai bahasa pemograman  Sql ini :

Pengertian SQL :

SQL adalah bahasa pemograman dengan sekumpulan perintah atau fungsi  dalam mengolah database yang saling berhubungan (relasional). Bahasa pemograman komputer SQL  memiliki standar ANSI (American Nasional Standard Institute)  sebagai acuan dalam mengolah database. Sekumpulan Perintah SQL tersebut meliputi  DDL. DCL dan DML.


Setelah anda mengetahui pengertian dasar dari bahasa pemograman Mysql maka selanjutanya anda harus mengetahui perintah dasar yang harus kalian pahami yaitu 3 Syntak (perintah ) Dasar SQL untuk itu saya akan membahas secara lengkap maksut dan pengertian setiap fungsi yang ada di dalam belajar mysql,

Fungsi atau perintah  dasar sql ada 3 yaitu DDL, DML, dan DCL.  Perintah atau fungsi maupun Syntak dalam Sql memiliki perintah sendiri sendiri. baik berikut pengertian lengkap versi saya yang saya buat untuk buat kamu pemula dalam hal belajar Mysql.

1. Data Definition Language (DDL) 

Pada perintah yang pertama dalam mengolah database adalah  perintah SQL data definition Language adalah data yang berhubungan dengan cara membuat struktur tabel maupun sebuah database di SQL. Perintah tersebut yaitu sebagai berikut :

-CREATE  : berfungsi untuk membuat database baru

-USE  : berfungsi untuk menggunakan data yang sudah dibuat sebelumnya

-DROP : berfungsi untuk menghapus database

-ALTER: berfungsi mengubah database

-RENAME : berfungsi menggati nama database

Fungsi dari DLL sendiri sebenarnya befungsi untuk mendefiniskan sebuah data, atau menghapus maupun mengupdate basis data, DDL biasanya digunakan oleh administrator aplikasi basis data dalam membuat sebuah sistem database, contoh database sekolah misal database raport sekolah, database konsumen perusahaan sebagai administrasi perkantoran , dan masih banyak lagi tergantung konten yang akan dibuat,

2. Data Manipulation Language (DML) 

Data manipulation Language atau DML sendiri merupakan suatu perintah yang di gunakan untuk menampilkan, menambah, menghapus maupun mengubah data di dalam tabel suatu database, istilah bahasa pemograman SQL dalam data DML adalah sebagai berikut ini :

-SELECT : di gunakan untuk menampilkan data tabel di dalam suatu database.

-INSERT : di gunakan untuk memasukan atau menambah data tabel di dalam suatu database.

-DELETE : di gunakan untuk menghapus data tabel di dalam suatu database.

-UPDATE : di gunakan untuk mengubah data tabel di dalam suatu database.


3. Data Control Language (DCL) 

Data Control Language adalah merupakan bahasa pemograman SQL yang berhubungan dengan Hak Cipta dari database yang sudah kamu buat contohnya seperti hak akses untuk login administrator salah satunya. istilah dalam data control language adalah sebagai berikut ini :

-GRANT : di gunakan untuk memberikan Hak akses untuk mengubah ataupun mengedit suluruh isi database, jika tidak di berikan hak akses maka user tidak dapat mengubah database tersebut,


-REVOKE : di gunakan untuk menonaktifkan hak akses kembali, jadi  perintah ini kebalikan dari grant sendiri, sehingga user dapat menghapus atau merubah data pada mysql.

Demikian Pembahasan fungsi dan pengertian secara lengkap dari sejarah sampai pengertian secara detail, untuk pada postingan selanjut kita akan praktek membuat database mysql dengan setiap fungsi yang harus kita pahami, dan kita akan menemukan pelajaran baru mengenai database mysql, terimakasih semoga bermanfaat.
Tag : Pemograman
0 Komentar untuk " Mengenal Pengertian Dasar SQL Database Bagi Pemula"

Back To Top