Cara Penggunaan SQL SELECT DISTINCT Statement

Cara Penggunaan SQL SELECT DISTINCT Statement- Select Distinct merupakan sebuah syntak yang di gunakan untuk menampilkan sebuah data dimana data yang tampil data yang berbeda atau unik saja,  Select distinct tidak akan menampilkan data yang dobel atau sama untuk itu bila temen temen mengunakan select distinc ini biasanya untuk melihat jenis data yang berbeda saja,

Beikut Contoh Penulisan Syntak Select DISTINCT di dalam SQL :

SELECT DISTINCT colomne name From Tabel_Name; 

Syntak di atas Merupakan Contoh umum yang di gunakan dalam perintah dasar SQL Script di atas bisa di kembangkan sesuai contoh kasus yang sedang anda lakukan hari ini, bila temen temen ingin mempelajari lebih dalam mengenai select distinct ini silahkan anda explore dan uji coba mengenai fungsi select distinc ini.

Yang jelas Pada tahap ini kita mempelajari apa itu fungsi select distinct di dalam sql ini, pada uraian di atas merupakan penjelasan dari select distinc itu. 

baik Saya akan memberikan Contoh Kasus di dalam database dan silahkan anda buat script syntak nya dalam   pembelajaran saja untuk itu silahkan anda pahami dahulu analogi dari tabel yang saya berikan, berikut tabel database nya :

Cara Penggunaan SQL SELECT DISTINCT Statement
Cara Penggunaan SQL SELECT DISTINCT Statement
Pada tabel di atas merupakan tabel investor,Silahkan anda tampilkan barang  yang di berikan kepada perusahaan kita itu apa saja ya,, silahkan anda gunakan Select distinct untuk memgetahui apa saja barang nya  ??

Di jawab :

SELECT DISTINCT  Nama Barang From TABEL_INVESTOR;

jawaban anda betul sekali, jika kalian ingin melihat nama investor nya saja tinggal colomn nya ganti aja yang tadi nya Nama barang silahkan anda ganti menjadi investor, mudah bukan jika anda memahami fungsi nya terlebih dahulu. 

Demikian praktek kita kali ini mengenai cara penggunaan Select Distinct yang perlu anda pahami, semoga dengan penjelasan sedikit ini anda akan mengerti, oh ya jangan lupa untuk praktek syntak syntak SQL ini ya, supaya anda mahir karena terbiasa. Sekian 
Tag : Pemograman
0 Komentar untuk "Cara Penggunaan SQL SELECT DISTINCT Statement"

Back To Top