Pengertian Class, Method, Atribut dan Constructor di Java

Pengertian Class, Method, Atribut dan Constructor di Java – Sebelum kita berlatih coding java. Maka kita wajib mengetahui apa itu istilah istilah yang ada di dalam pemograman java. Kali ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan saya mengeanai bahasa pemograman java. Tahukah kamu fungsi class. Method, Atribut , Constructor,modifier, dan Objek di Java. Jika kamu belum mengetahui apa fungsinya mari kita akan membahasnya.
Pengertian dasar di java

Pertama jika kita ingin ngoding lebih cepat paham adalah kita mengetahui dahulu teori dasar java. Karena penting sekali kita mengetahui teori dahulu sebelum praktek coding java, karena dengan kamu mengetahui konsep dan teori di java akan membantu kamu dalam belajar bahasa pemograman apapun itu.

Dalam Java banyak istilah atau keyword bahasa yang di gunakan untuk kita dalam belajar harus bertahap karena jika kita memaksakan membuat aplikasi tanpa mengetahui dasar teorinya, maka bila kita di suruh menjelaskan maksut skrip yang kita tulis maka kita akan kebingungan sendiri. Pengalaman saya bisa membuat aplikasi tapi dalam menjelaskan saya belum bisa. Pokok nya itu deh skrip nya. Kan jadi nya rancu. Nah itulah penting nya kita mengetahui pengertian dasar –dasar yang ada di java.

Berikut ini  Pengertian  Class, Method, Atribut, Constructor di java.


  • Pengertian Class di java.
Sudah Kita Ketahu bahwa Pemograman Java menggunakan konsep Pemograman berbasis Objek (OOP) . Jadi Class adalah sebuah Struktur yang menjelaskan mengenai Variabel dan Methode. Pada Umumnya kelas di bagi menjadi 2 yaitu Class Declaration dan class Body. Apa itu class Declaration jadi kelas decalrartion adalah Untuk mendefinisikan nama Kelas dan Atributnya. Sedangkan Class Body adalah untuk mendeklarasikan mengenai variabel dan Method. Jika kamu belum mengetahui atribut dan method maka bacalah artikel ini hingga selesai. Semoga memberikan gambarannya nantinya.

Contoh Class Declaration

Public class Komputer{
}

Contoh Class Body

  1. Konstruktor
  2. Variabel
  3. Methode

Jadi Penulisan java nantinya terdiri dari ketiga hal di atas. Jadi untuk penjelasan sekripnya nanti saya akan contohkan di bawah.
  • Pengertian  Methode di java
Nah Ada Lagi yang satu ini yaitu methode di java. Jadi  Method adalah sekumpulan perintah atau fungsi yang bertujuan untuk menjalan kan sebuah progam. Dapat di lengkapi dengan parameter maupun tidak menggunakan parameter, Bisa di bilang juga mirip dengan Procedure.

Method java ada 4 dasar yang harus kalian pahami yaitu :

  1. Nama Methode
  2. Tipe objek Methode, bisa Bersifat primitive
  3. Daftar Parameter
  4. Body dari Methode itu sendiri

Contoh Methode Java

Komputer Merek = new HP();
Merek.methodnya( HP 431  );
Komputer Prosesor = new Intel();
Prosesor.mothodnya(Core i7 );

Dalam istilah di atas merupakan sebuah methode yang pada umumnya di gunakan dalam bahasa pemograman java.

  • Pengertian Atribut di Java
Berbicara mengenai Atribut di java. Atribut juga bisa di kenal juga dengan variabel di dalam java. Varibel sendiri juga bisa di kenal dengan nilai atau poin poin yang dapat di defenisikan di dalam sebuah pemograman java. Ada 3 hal akses yang harus kalian pahami mengenai atribut di dalam pemograman java.

  1. Atribute Private adalah Private apabila atribute kamu bila ingin di akses hanya kelas tertentu saja
  2. Atribute Public adalah Public disini bisa di akses secara keseluruhan
  3. Atribute Protected yaitu Hanya bisa di akses Oleh kelas turunan saja.

Jadi penjelasan pengertian atribute adalah seperti itu, Jika nanti ada waktu lebih mungkin saya akan memberikan sebuah contoh bagaiamana cara penggunaan atribut di dalam java. Karena poin kita adalah Pengertian dasar yang ada di dalam java terlebih dahulu,
  • Pengertian Constructor di java
Construktor adalah suatu method memberikan nilai awal pada objek dibuat pada pemograman java. Pada saat menjalankan sebuah progam maka konstruktor ini akan bekerja sebagai obyek di dalam java. Untuk kamu belajar secara detail mengenai construktor kamu bisa pelajari 3 dasar dalam constructor yaitu  :
  1. Nama Constructor sama Class .
  2. return type  Tidak ada  yang diberikan kedalam Constructor Signature.
  3. Return stetement tidak ada, didalam tubuh constructor.

Baca Juga  : Pengenalan Struktur dasar Pemograman di java

Demikian Pengertian Class, Method, Atribut dan Constructor di Java. Semoga sedikit memberikan penjelasan tentang istilah dasar dalam pemograman java, semoga membantu kamu dalam belajar mengenal dasar-dasar pemograman java, untuk menunjang pembelajaran kalian maka pentingnya sebuah konsep dasar bahasa pemograman java.  Selamat Belajar dan selamat berbagi ilmu. Sedikit memang yang perlu kita pahami kali ini. Tapi setidaknya sedikit ilmu ini dapat bermanfaat untuk kita semua.
Tag : Pemograman
0 Komentar untuk "Pengertian Class, Method, Atribut dan Constructor di Java"

Back To Top