Cara Membuat Project Java dengan apache maven-3.5.0

Cara Membuat Project Java dengan Maven – Maven adalah sebuah tool untuk build apikasi pada pemograman java,  Maven digunakan untuk membuat proyek java.cara menggunakan nya pun dapat menggunakan aplikasi IDE kesayangan anda. Tapi akan melakukan proses download dan akan menunggu sangat lama. Kali ini saya menggunakan maven dengan cara offline saja ya. agar mudah kalian belajar tool build ini maka saya akan membagikan langkah langkah nya.

Projek java pada umumnya bisa berupa aplikasi website maupun mobile.  Apache maven mungkin sudah familiar buat para progamer yang sudah berkecimpung dengan Bahasa java. Penting sekali kalian memahami kegunaan maven pada pemograman java. Karena tool ini tidak lepasa dari model pembelajaran bahasa pemograman java ini.

Apache maven ini bisanya di gunakan untuk membuat projek pada java, Oke sekarang  saatnya mulai belajar dan praktek saja. 

  • Silahkan kamu instal maven
  • Silahkan Cek Maven kamu dengan cara di cmd system 32 dengan mengetikan mvn –version
  • Jika tampil dengan version nya maka anda sudah berhasil instal maven.


Cara Membuat projek baru java dengan Maven


  1. Buka CMD 
  2. Silahkan Buka Folder untuk penyimpan projek java pada Cmd kalian. Dengan Cara CD C:/ user/nama folder/ nama Folder.. 
  3. Jika sudah sampai tempat folder nya maka kita ketikan di Cmd “mvn archetype:generate -DarchetypeArtifactId=maven-archetype-quickstart”

  4. Maka secara otomatis CMD mengenerate file .. dalam Proses nanti kamu mewajibkan mengisi beberapa penamaan Package nama projek kamu.
  5. Berikut ini cara megisi Projek nya :

     


  • Groub ID : Nama grub id nya
  • Artifact ID : Nama Projek 
  • Version : bisa kamu lewati saja
  • Nama Package kamu : bisa kamu isi nama projek kamu juga
  • Kemudian di suruh untuk melakukan Konfirmasi ketik saja Y

Sekarang lihat Folder saat kita membuat projek java dengan Maven ini. Maka projek kamu sudah selesai di buat. Untuk mengatur  project serta plugin dan dependency yang digunakan. Nanti tinggal kamu belajar ketahapan selanjutnya yaitu Update Pom.xml memang saya buat tutorial secara bertahap biar kamu nanti cepat memahami nya, dengan belajar secara bertahap tentunya akan memberikan pemahaman lebih cepat.

Baca Juga : Pengertian Thread Di Java

Untuk update POM.XML nanti kalau ada waktu saya akan membuat tutorial kembali. sekian penjelasan mengenai cara membuat projek di java menggunakan Maven. Dan semoga memberikan sedikit penjelasan mengenai maven ini, sekian dari saya. Happy Coding .
Tag : Pemograman
0 Komentar untuk "Cara Membuat Project Java dengan apache maven-3.5.0"

Back To Top