Pengertian Thread di java dan Statusnya

Pengertian Thread di java - Berbicara mengenai pemograman java, tentunya kita harus banyak mengenal istilah istilah yang ada  di java. Contoh nya sekarang yang akan kita bahas adalah Thread. Jadi Thread di java adalah  sebuah Pendefisian sebuah proses yang di jadikaan sebagai obyek .  Jadi obyek atau class  ini berisi sebuah method atau statment maupun parameter. Biasanya sih thread di koding java menggunakan perulangan (for) Kemudian untuk menjalankan progam di panggil menggunakan perintah start();. Jangan bingung dulu. Saya juga dalam menjelaskan juga kadang bingung karena bisa membuat tapi untuk menjelaskan nya dengan bahasa sederhana yang mudah dipahami itu kok malah susah ya ?  jadi poin inti dari Thread ini adalah sebuah konsep yang dimana berfungsi untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat memproses sebuah data dengan bersamaan, jadi aplikasi kamu dapat bekerja secara powerfull. Cara mengimplementasikan thread pada java tergantung setiap progamer agar aplikasi efektif dan efisien.

thread di java, Pengertian Thread java
contoh Thread di java

untuk menggunakan thread ini kita harus banyak melakukan experiment biar kita memahami sebuah coding. Karena coding itu yang terpenting menurut saya memahami pola desain nya, karena dengan demikian kita dapat mengerti tentang hasil progam tersebut. 

Bagi kalian yang sedang mempelajari thread saya akan menyebutkan  jenis jenis thread dalam java (status thread )yang harus kalian pahami dahulu.  Untuk fungsi thread sendiri mungkin dengan berjalannya proses example progam  tentunya dengan sendirinya akan memahami nya.

Pengertian Status Thread Di Java.


  • New 

Untuk membuat Status New Thread ini hanya menggunakan kata new. Jadi Thead yang berada di objek (class) Thread  yang kamu buat pada saat instanisasi objek perintah dengan New.  Jadinya apabila kamu membuat Obyek thread bila belum di gunakan maka methode yang sedang kamu buat tadi tidak akan berjalan apapun. Kalau kalian memahami OOP java pasti cepat paham mengenai kegunaan thread.

  • Thread Runnable.

Thread runnable artinya sedang berjalan atau istilahnya sudah di ekseskusi. Cara menjalankan thread run maka kamu harus memanggilnya, kamu dapat menggunakan method Start(); atau run(); Perbedaan thread ini yaitu kalau method start fungsi nya untuk mengalokasi memori yang sedang kamu buat. Sedangkan method run akan merubah status thread new di java menjadi runnable. Jadi syarat thread anda sudah tepenuhi  di perlukan tadi.

  • Thread Blocked.

Thread Blocked adalah sebuah status yang memiliki arti bahwa status thread sedang terhalang atau tidak berjalan kareana adanya statement yang kamu buat sebelumnya. Jadi ada banyak perintah yang untuk memblokir sebuah thread ini diantaranya ada 4 yang saya tahu.

  1. Method sleep(); = methode ini di gunakan  biasanya untuk menghentikan status berjalan pada waktu yang sudah ditentukan. Atau istilah sederhana nya Perintah sedang tidur. Biasanya di gunakan untuk thread ini untuk memberikan jangka yang akan di proses.  Biasanya methode ini di gunakan untuk tipe data integer  dalam bentuk milisecon. Jika sleep nya sudah selesai maka  thread akan berjalan kembali.
  2. Methode suspend();= perintah ini untuk mematikan thread. Tetapi sekarang mungkin jarang yang implementasi method ini. Karena menyebkan perintah menjadi deadlock. Jadi nya sudah jarang menggunakan nya,
  3. Methode Resume (); = perintah ini digunakan untuk menghalangi thread suspend  yang akan di proses. Atau menghidupakan kembali intinya, 

  • Thread Dead .

Thread mati sudah tidak berjalan lagi. Status ini terjadi karena thread runable sudah selesai juga bisa. Atau sudah selesai dengan tugasnya di methode run() sebelumnya Thread ini juga berhenti karena terjadi karena ada pembatan proses.  Jadi nya status tidak dapat di prediksi atau di ketahui hasilnya. Tetapi untuk mengembalikan nya kamu bisa menggunakan methode Is Alive(); biasanya bertipe bolean untuk mengetahui thread tersebut dead atau tidak.

Demikian Pengertian Thread di java yang mungkin dapat bermanfaat untuk kalian semua. Jadi thread di pemograman java ada 2 setahu saya selama ini yakni thread Singgle dan multithread yang banyak bertebaran di internet. Untuk contoh thread mungkin saya bahas untuk lain waktunya.
Tag : Pemograman
0 Komentar untuk "Pengertian Thread di java dan Statusnya"

Back To Top