Belajar excel Cara Mudah Mengurutkan Nomor yang Acak Secara otomatis

Cara Mudah Mengurutkan Nomor yang Acak di Excel -Melihat Data angka yang acak dalam lembar excel.  membaca data tersebut, saya yakin anda akan bingung, untuk membuat pekerjaan anda lebih mudah. kamu bisa menggunakan excel untuk menganalisa data nomor yang acak tersebut, saya akan memberikan contoh soal dan anda harus praktek. Supaya belajar excel kali ini mendapatkan sebuah ilmu yang bermanfaat. Poin utama dalam pembelajaran ini, cara mengurutkan range data angka di excel. dari angka kecil ke besar maupun angka besar ke kecil.

Mengurutkan data angka merupakan hal yang membingungkan. apabila kita tidak tahu teknik nya. di dalam excel ada tool otomatis. dimana ada toll mengurut kan data otomatis. ada yang mengurutkan berdasarkan abjad, tanggal, maupun berdasarkan nama.  berikut saya memberikan soal tes excel dan jawabannya :

Contoh Soal Cara Mengurutkan Nomor excel :


Pak Amir memiliki data nilai mata pembelajaran bahasa inggris kemudian Dia ingin melihat nilai tertinggi dari siswa nya yang dia ajar di sekolahnya, Apabila  di cari satu persatu dalam membaca data excel akan membutuhkan waktu yang lama dan tidak efektif bukan ?

Untuk itu kita belajar excel selanjutnya mengenai cara mengurutkan nomor atau angka yang acak di excel 2010 . Perhatikan langkah-langkah berikut ini.

1. Silahkan Pertama Buka aplikasi Microsoft excel anda dan buat lah Daftar Nilai bahasa inggris seperti gambar di bawah ini :

2. Jika anda sudah membuat data di atas ,kita praktek di sini mengurut kan data nilai bahasa inggris yang acak  dari besar ke kecil dengan cara masukan cell pada kotak nilai kemudian klik shift setelah itu anda klik sampai kolom nilai paling bawah sendiri. Silahkan lihat gambar di bawah ini:


3. Untuk mengurut kan data silahkan anda klik tab data pilih Filter kemudian akan mucul sebuah tombol di cell nilai silahkan klik kemudian Urutkan  dari besar ke kecil.


4. Selesai Angka sudah urut dari besar ke kecil silahkan anda memasukan nilai rangking yang anda pilih dari nilai tertinggi. dan hasilnya akan seperti ini :

Cara mengurutkan nomor dengan Daftar custom excel 


Mengurutkan data dengan daftar custom
Baik kali cara ke 2 adalah menggukan daftar custom dan yang perlu di perhatikan Dengan daftar custom bawaa dari microsoft excel, Temen- temen dapat mengurutkan data menurut hari , minggu atau bulan dan tahunan data kamu. Atau dengan membuat daftar Custom sesuai keinginan mu bisa berdasarkan karakteristik  alfabet, seperti tinggi,rendah atau ukuran S, M, L, XL.

Baik kali ini saya akan mengurutkan data tersebut  dengan menggunakan custom berikut
  langkah langkah nya :
  1. Pilih kolom yang akan di urutkan 
  2. Pilih tab data  kemudian pilih sort
  3. Kemudian muncul window yang bisa kamu pilih berdasarkan nama seperti di atas yaitu komputer, android, pengiriman dan kualitas
  4. Maka bisa pilih pada sort A-Z bila kalian ingin membuat daftar custom sendiri juga bisa.
  5. Selesai

Cara membuat sort dengan daftar custom manual di excel

  1. pilih tab data kemudian pilih sort
  2. muncul window kemudian bagian sort pilih custom kemudai anda bisa mengurutkan data menggunakan hari. bulan, maupun tahun
  3. apabila kalian ingin membuat daftar custom manual tinggal ikuti langkah langkah berikut ini 
    • Pilih cell kolom daftar tersebut, lalu klik File > Opsi > Tingkat Lanjut. 
    • Di Umum, klikEdit Daftar Kustom. 
    • Dalam Daftar Kustom, klik Impor.

Baca juga :

Demikian belajar excel kali ini mengenai cara mengurutkan Nomor yang Acak di excel, Jika Anda bingung silahkan anda berkomentar di bawah semoga sedikit ilmu ini bisa membantu anda dalam hal bekerja maupun anda sedang latihan , Mungkin bagi mereka yang sudah menggunakan excel cara ini sudah sangat familiar tapi untuk yang baru belajar saya yakin cara ini akan berfungsi jika data yang kamu olah sedang menumpuk,, Sekian
0 Komentar untuk "Belajar excel Cara Mudah Mengurutkan Nomor yang Acak Secara otomatis"

Back To Top