Contoh Soal Excel Rumus SUMIF Sederhana

Ngetrik.com -berbagi Contoh Rumus SUMIF Excel Sederhana- Pada postingan sebelumnya kita sudah  mempelajari macam-macam rumus excel administrasi perkantoran. rumus sumif adalah suatu rumus yang di gunakan sebagai penjumlahan dengan kriteria data tertentu. kali ini lanjut memperdalam belajar contoh rumus excel SUMIF yang sederhana saja ,agar dalam latihan soal excel kali ini biar mudah kita pahami nanti nya ketika kita praktek bersama.Cara penggunaan rumus SUMIF memang sederhana, baik kita pahami terlebih dahulu rumus dasar sumif ini adalah sebagai berikut:

=SUMIF (range; criteria; [sum_range])

Keterangan :

Range adalah untuk menentukan nilai dari range (sel-sel) yang ingin diuji atau dievaluasi.

Criteria adalah untuk menentukan kriteria dari data yang ingin dijumlahkan berupa angka atau teks.

Sum_range adalah Untuk Menjumlahkan Sel Sel (data ) di excel

Jika anda sudah memahami analogi pengertian rumus sumif di atas. maka kalian pasti dalam mengerjakan soal yang saya berikan ini cepat paham. karena dalam pembuatan soal ini yang terpenting pemahaman nya saja ya gan. saya buat soal nya yang biasa dulu saya pernah ikut tes saat melamar pekerjaan menjadi seorang admin, kita lanjut ke contoh soal rumus SUMIF yang saya buat sederhana. Dalam hal belajar saya tidak suka yang ribet-ribet karena dalam hal belajar kita haruslah bertahap untuk itu soal yang saya buat sangat simpel.

Contoh soal :

Kali ini kita akan membuat data Penjualan pada toko Online teman saya dia menjual sebuah peralatan Dapur? Silahkan Anda  download soal rumus sumif. Buat data sebagai berikut ini :

rumus excel Sumif sederhana
Contoh Soal Rumus Excel SUMIF Sederhana


Rumus yang di gunakan adalah sebagai berikut ini :

=SUMIF(B5:B10;"minyak goreng";C5:C9)

Dari keterangan di atas saya membuat laporan harian dan bulanan pada data penjualan toko AAN MART. Pembuatan laporan penjualan ini menggunakan rumus sumif pada excel. pada cell laporan bulanan. dari keterang rumus excel di atas yaitu pada cell B5 sampai B10 jika ada minyak goreng makan nilai jumlah yang di tambahkan antara C5 sampai C9 itu merupakan bunyi rumus sumif. 

Cara memahami rumus SUMIF ini memang lah mudah jika anda ingin berlatih sumif tunggal, sumif bertingkat atau ganda. banyak kok latihan soal excel dalam penggunaan rumus di excel seperti untuk administrasi sekolah, administrasi gudang dan sebagainya, fungsi belajar excel  ini sdapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas maupun sebagai data analisis dalam bisnis anda, File yang anda unduh tadi saya menggunakan microsoft excel 2010. bila di buka di microsoft excel 2007 terjadi eror silahkan komentar di bawah.

Baca Juga :
Kumpulan Rumus Excel IF lengkap

Demikian artikel Contoh soal rumus sumif excel sederhana dari saya semoga anda mendapatkan referensi dari belajar excel  sehingga pengetahuan anda akan bertambah jangan bosan bosan berlatih menggunakan microsoft excel ya. pastinya suatu saat nanti akan berguna untuk kita, bila kita bekerja di dalam administrasi perkantoran atau perusahaan buat kedepan nya.
0 Komentar untuk "Contoh Soal Excel Rumus SUMIF Sederhana"

Back To Top