3 Cara Hitung Range Nilai angka dengan Rumus Microsoft excel

Keterampilan penting yang dibutuhkan pengguna Excel adalah bagaimana menentukan kisaran nilai di Excel atau yang di sebut dengan pengertian range. Sebagian besar Perusahaan  tidak memiliki waktu untuk menyortir pemilahan melalui baris dan baris di Excel untuk menemukan nilai pendapatan, penjualan, atau informasi tertinggi dan terendah. Perbedaan antara angka tertinggi dan terendah dalam kelompok data - kisaran - dapat bermanfaat dalam pengambilan keputusan, penganggaran, dan peramalan yang akurat.
3  Cara Rumus Menghitung Range Nilai angka

Anggap saja Anda adalah manajer pembelian untuk  toko Komputer anda. bisnis kecil yang mendistribusikan komputer. Anda bisa menawar harga grosir untuk bahan baku yang secara signifikan akan meningkatkan keuntungan Toko Komputer tersebut. Semakin cepat Anda bisa membeli bahan, semakin baik, karena kenaikan harga semakin dekat ke tanggal kapal.

Anda dapat menggunakan data penjualan dari tahun anggaran sebelumnya untuk anggaran bahan baku, dan rentangnya dapat membantu Anda memperkirakan penjualan tahun depan berdasarkan hasil tahun ini. Anda bisa menggunakan rata-rata penjualan per bulan untuk mengetahui bahan baku apa yang harus Anda butuhkan saat ini. Mengidentifikasi kesenjangan tertentu juga bagus untuk menetapkan standar kinerja, karena Anda dapat mengetahui bagaimana kinerja Anda terhadap bulan lainnya.

Karena Excel menawarkan beberapa cara untuk menulis berbagai formula sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda, berikut adalah tiga pilihan formula kisaran untuk Anda mulai!

1.  Rumus  Min and MAX

Dalam Mencari nilai tertinggi pada umunya pengguna excel menggunakan rumus excel MAX sedangkan untuk menncari nilai terenda sering menggunakan rumus excel min, ternyata setelah di pelajari secara luas saya menemukan tiga teknik dalam mencari nilai kisaran atau rang dalam suatu nilai.

Untuk penulisan nya sendiri memang simple dan mudah, Pengertian range sendiri memang mudah untuk kita pelajari , dari max dan min misalkan ada nilai 1 sampai 10. maka untuk mencari range kita harus tahu duli nialai terendah dan tetinggi nya terlebih dahulu.. maka kalian bisa menggunakan rumus excel MIN and MAX ini.

=MIN(Cell1;cell2) 
=MAX(Cell1;cell2)

2. Formula Small and Large

Misalkan Anda tertarik pada lebih banyak data - bukan hanya item penjualan terendah tapi tiga terendah. Anda dapat menemukannya dengan fungsi SMALL (). Untuk menggunakan SMALL (), Anda memerlukan dua parameter:
Range atau daftar nilai yang sama seperti yang Anda gunakan untuk MIN ().

Catatan: Jika Anda menggunakan beberapa nilai dan bukan satu rentang terus menerus, Anda harus menempatkan setiap set dalam tanda kurung. Nilai k, yang merupakan posisi yang diinginkan dari bagian bawah daftar. Jika Anda mencari nilai terkecil, maka k = 1. Untuk menemukan nilai terkecil kedua, k = 2, dll.Untuk menemukan tiga nilai terbesar, gunakan fungsi LARGE () dengan parameter yang sama dengan SMALL ().

3. Conditional Formating Formula minimum and maximum

Dalam beberapa situasi, Anda mungkin memerlukan nilai minimum yang memenuhi kriteria tertentu. Misalnya, Anda mungkin ingin mengetahui unit paling sedikit yang terjual untuk durasi musim semi atau untuk jenis produk tertentu.

Microsoft Excel menyediakan Rumu SUMIF (), COUNTIF (), dan formula kondisional lainnya yang membantu. Sayangnya, tidak ada MINIF () atau MAXIF (), namun Anda dapat membuat efek yang sama dengan metode yang sedikit lebih rumit yang disebut formula array. Rumus array mengevaluasi rentang sel dan bukan sel tunggal.

Biasanya formula IF () menguji nilai kebenaran dari satu sel, namun sebagai formula array, kita dapat memaksanya untuk mengevaluasi setiap sel dalam kisaran tertentu. Dengan formula array Anda akan mendapatkan error jika Anda hanya menekan enter - #VALUE !. Ingatlah untuk menekan CTRL, SHIFT, dan ENTER setelah Anda menyelesaikan rumus array Anda.

Mari temukan nilai minimum untuk desktop. Pertama, ketik nilai pencocokan (desktop) ke dalam sel yang Anda bandingkan dengan fungsi Anda. Jika Anda mencari nilai desktop, maka ketik "desktop" di B18. Rumus di bawah ini akan membandingkan referensi sel dengan kisaran yang Anda uji. Sajikan pernyataan MIN () dan IF () sebagai berikut: "= MIN (IF (B2: B13 = B18, C2: C13))" dan tekan CTRL - SHIFT - ENTER.

Artikel Terkait :

Kumpulan Contoh Soal Latihan Excel Komputer di perusahaan
Demikian penjelasan mengenai 3 rumus excel dalam meghitung range nilai angka yang mungkin anda bisa gunakan tergantung diri kalian ingin mencari dengan rumus mana, 3 hal tersebut merupakan pilihan rumus range yang bisa anda gunakan.
0 Komentar untuk "3 Cara Hitung Range Nilai angka dengan Rumus Microsoft excel "

Back To Top