Belum Berhasil Promosi? Mungkin Anda Butuh Referensi Contoh Iklan Yang Informatif

Contoh Iklan Yang Informatif-Untuk mengiklankan sebuah produk, baik itu iklan melalui media cetak maupun media elektronik, harus dibuat seunik dan semenarik mungkin agar dilirik banyak orang sekaligus mendapat respon yang baik dari mereka.

Tapi di samping itu, iklan yang informative lah yang menjadi hal paling utama, percuma sudah membuat iklan unik dan menarik namun informasi yang disampaikan tidak lengkap. 
Contoh Iklan informatif
Contoh Iklan Handphone Samsung Galaxy J7
Selama ini mungkin banyak orang berfikir bahwa iklan harus menarik ya, memang iklan harus menarik, namun Anda tidak boleh mengesampingkan informasi penting dari produk tersebut.

Informasi yang disampaikan bisa dengan poin-poin penting mengenai sesuatu yang Anda promosikan, tidak perlu panjang lebar. Cukup dengan tulisan singkat padat namun jelas, Anda sudah mendapatkan iklan yang informative.

Nah, contoh iklan yang informatif adalah iklan yang tidak banyak gambar, tidak banyak kata-kata, namun ada point yang menjadikan pembaca langsung memahami pesan dari iklan tersebut. 

Dengan begitu Anda harus memilih kata-kata yang singkat, jelas, namun jelas dan pastinya menarik. Sama halnya saat Anda membuat slide presentasi, dimana hanya tertulis poin utama saja, namun bisa dipahami oleh orang awam sekalipun.

Iklan yang ditampilkan di tv biasanya mengutamakan tampilan yang menarik penonton, hal tersebut tidak seutuhnya benar dan tidak seutuhnya salah. Mengapa? Karena semenarik apapun iklan yang Anda buat, jika tidak ada nilai informatifnya, maka sia-sia saja. Jadi, usahakan iklan yang Anda buat mencakup tentang informasi produk yang akan di iklankan ya. 

Sama halnya dengan brosur, iklan di brosur juga harus informative. Contoh iklan yang informatif dengan media cetak atau brosur adalah dengan mendesain brosur menarik, bisa dengan warna cerah atau dengan menyisipkan gambar. Pemberian gambar harus proposional ya, jangan sampai informasi yang ingin disampaikan tenggelam dengan adanya gambar. 

Informasi yang disampaikan juga sebaiknya singkat dan padat, namun termuat isi yang jelas mengenai produk yang Anda tawarkan. Selain itu, tips dalam membuat brosur selanjutnya adalah dengan menggunakan kertas ukuran A5 . Mengapa A5? Karena dengan kertas sekecil itu, penerima brosur bisa dengan mudah membaca informasi pada kertas yang bisa di genggamnya itu. 

Ada beberapa contoh iklan yang informatif yang kini sudah terkenal dan membuat orang-orang memilih produk yang diiklankan. Simak di bawah ini.

1. Iklan Rokok Dji Sam Soe

Iklan ini sangat informative karena mengenalkan kepada masyarakat mengenai kemasan baru Dji Sam Soe. Selain itu iklan ini juga meyakinkan masyarakat bahwa mutu produk Dji Sam Soe tetap sama meskipun kemasannya berbeda.

2. Iklan  Minuman Coca Cola

Iklan coca cola menginformasikan tentang produk coca cola dengan kemasan baru yang semakin menarik. Iklan ini juga menginfokan betapa mudahnya membeli produk coca cola yang baru.

3. Iklan Handphene Samsung J7

Iklan yang satu ini mengiklankan keluaran terbaru Samsung, yakni handphone dengan fitur kamera mirip kamera SLR. Iklan yang informative ini dikemas dengan unik agar konsumen menangkap pesan-pesan yang disampaikan mengenai produk Samsung tersebut.

Untuk iklan tidak hanya produk saja loh, tapi ada beberapa iklan yang mempromosikan suatu event atau acara, misal konser, pertunjukan seni, dan sebagainya. Maka sesuaikan pesan serta tema dengan apa yang ingin Anda promosikan. 

Untuk sebuah produk makanan, maka promosikanlah mengenai rasa, harga, keunggulan, serta khas makanan tersebut. Begitu pula dengan produk oleh-oleh, minuman, obat-obatan, dan lain sebagainya.

Nah, jika Anda ingin mempromosikan mengenai event tertentu, ya sampaikanlah info mengenai event tersebut, apa acaranya, siapa guess starnya, dimana pelaksanaannya, serta kapan event itu diselenggarakan. Jangan lupa sampaikan pula berapa tiket untuk masuk jika event itu bertarif.

Contoh iklan yang informatif untuk lebih jelasnya bisa Anda simak di bawah ini, mengenai tips membuat iklan yang menarik tanpa mengesampingkan keunikan dan kreatifitas iklan itu sendiri.

1. Gunakan bahasa yang lugas

Dari segi bahasa, sebaiknya Anda gunakan bahasa lugas serta pilihan kata yang cocok. Pilihan kata yang tepat itu akan menarik banyak orang untuk membaca iklan tersebut. Dengan begitu, maka pemilihan judul pun memiliki peran yang sangat penting. 

Buatlah judul seunik mungkin, bisa berupa slogan yang menarik sehingga membuat orang-orang penasaran akan iklan tersebut dan memiliki keinginan untuk membacanya. Contoh judul iklan yang menarik misalnya, Wajah Putih Berseri dalam 7 Hari, Turun 10kg Dalam 7 Hari, dan masih banyak lagi contoh judul yang menarik perhatian.

2. Gambar yang menarik

Keberadaan gambar sangatlah penting dalam iklan, apalagi iklan di brosur atau Koran. Dengan adanya gambar unik serta menarik, maka iklan Anda akan dilirik dan menjadi pusat perhatian banyak orang. Namun, ukuran gambar harus Anda sesuaikan dengan ukuran brosur atau kertas yang digunakan. Jangan sampai gambar yang besar mengalahkan informasi yang ingin Anda sampaikan.

Untuk pemilihan gambar, Anda bisa menggunakan foto artis atau foto produk yang ingin di promosikan. Selain itu tokoh-tokoh terkenal yang ada dalam kartun pun bisa Anda gunakan untuk memikat para konsumen. Jangan lupa, kualitas gambar haruslah jelas, tidak pecah-pecah.

3. Memperhatikan detail

Detail yang dimaksud dari iklan adalah mengenai font penulisan, baik itu gaya, ukuran, maupun warnanya. Selain warna font, Anda perlu memilih warna background untuk iklan Anda, serasikan warna tersebut dengan warna font, jangan sampai tulisan menjadi tak terbaca karena warnanya.

Pilihlah warna-warna cerah untuk background, pada dasarnya orang-orang lebih memiliki ketertarikan akan warna cerah dibanding warna yang gelap. Selain itu, warna cerah juga menggambarkan keceriaan.

4. Informasi detail mengenai produk

Contoh iklan yang informatif tentunya memiliki informasi yang detial mengenai produk yang ditawarkan. Batasi penggunaan kata-kata persuasive disini, mengapa? Karena hal itu akan membuat jenuh pembaca iklan. 

Informasi detail yang perlu Anda sertakan ialah nama produk, jenis produk, harga, komposisi, serta keunggulan produk yang ditawarkan. Tambahkan pula contact person yang bisa dihubungi saat konsumen ingin memesan atau membeli produk, bisa juga dengan mencantumkan alamat kantor atau alamat email maupun web jika ada.

Informasi di atas merupakan tips-tips yang bisa Anda lakukan dalam pembuatan iklan, dengan begitu iklan menjadi menarik dan mengandung pesan-pesan yang ingin disampaikan. Anda juga bisa mencari referensi di internet atau di media cetak mengenai contoh iklan yang informatif agar mendapat ide pembuatan iklan yang menarik.

Pada dasarnya iklan berisi pesan-pesan yang membujuk banyak orang agar membeli produk yang di iklankan. Oleh karena itu, iklan haruslah bersifat informative selain unik dan menarik. bila kalian ingin tahu Contoh iklan makanan. maka kamu harus tonjolkan mengenai infomasi tersebut.

Iklan bisa berupa media elektronik dan media cetak. Media elektronik berarti Anda mengiklankan suatu produk atau mempromosikan suatu event di televise maupun radio, sedangkan media cetak 
Anda bisa mengiklankannya menggunakan brosur, koran, pamphlet, dan sebagainya.

Baca Juga : Contoh Promosi Iklan Minuman

Nah, seiring berkembangnya teknologi, kini banyak pula yang mengiklankan produk melalui internet. Iklan di internet dinilai sangat efektif, mudah, dan terjangkau. Anda tinggal memilih media apa yang cocok untuk mengiklankan produk unggulan Anda.

0 Komentar untuk "Belum Berhasil Promosi? Mungkin Anda Butuh Referensi Contoh Iklan Yang Informatif"

Back To Top