Berikut Contoh Iklan Komersial yang Menjadikan Produk Anda Laku Keras

Contoh Iklan Komersial - Iklan pada umumnya berisi pesan-pesan yang membuat pembaca tertarik dengan produk atau jasa milik suatu perusahaan dan industry. Iklan menyangkup informasi mengenai produk atau jasa yang dipromosikan, mulai dari jenis produk, harga, komposisi, keunggulan, dan masih banyak lagi.

Berbagai promosi tersebut umumnya bersifat komersial, padahal iklan sebenarnya dibagi menjadi dua, yaitu iklan komersial dan iklan non komersial. Iklan non komersial biasanya adalah iklan layanan masyarakat, dari pemerintah, atau iklan suatu event yang tidak bertarif.
contoh iklan komersial yang informatif dan menarik
Contoh Iklan Komersial yang menarik

Sedangkan iklan komersial menawarkan barang ataupun jasa yang bersifat komersial, memiliki nilai jual, atau bisa juga berupa iklan suatu event yang berHTM. Fungsi iklan komersial tentunya adalah untuk membantu pemasaran produk agar lebih dikenal dan dipilih para konsumen. Nah, untuk meningkatkan daya tarik konsumen Anda harus membuat iklan komersial dengan beberapa kriteria.

Contoh iklan komersial yang memenuhi kriteria adalah iklan yang mengandung daya tarik konsumen. Daya tarik tersebut dapat diwujudkan dengan bentuk iklan yang unik serta menarik. Dengan iklan yang unik, diharapkan keinginan masyarakat untuk membeli produk itu muncul. 

Gunakanlah bahasa yang persuasif dengan pilihan kata yang tepat untuk sebuah iklan komersial. Bahasa yang digunakan juga harus merujuk pada kata-kata yang mendorong pembaca untuk membeli produk pada iklan tersebut. 

Berbicara tentang bahasa yang digunakan, maka judul juga berperan penting dalam periklanan. Judul menjadi poin utama yang harusnya membuat pembaca penasaran dan tertarik membaca iklan tersebut. 

Berikut ini ada beberapa contoh iklan komersial yang sudah berhasil menggaet banyak konsumen, dan semoga bisa menjadi referensi pembuatan iklan Anda. 

1. Iklan shampoo panten

Bintang iklan seorang anak kecil yang pandai bermain alat music menjadi daya tarik utama pada iklan shampoo ini. Dengan bermain biola dan rambut yang mengkilap, anak itu mampu membuat penonton terkesima.

2. Iklan ice cream paddle pop

Dalam iklan ini mengisahkan tentang petualangan mencari kekuatan super, kekuatan super itu bisa didapatkan dengan cara mencari ice cream paddle pop berbagai rasa. Dengan animasi yang lucu, membuat iklan komersial ini menjadi menarik dan disukai anak-anak. Tak heran bila kini banyak anak yang suka ice cream tersebut. ice cream ini adalah sebuah contoh iklan minuman yang sangat menarik ya,

3. Iklan Oppo smartphone

Dalam iklan tersebut memamerkan oppo sebagai handphone yang memiliki fitur kamera selfi dengan berbagai efek mencerahkan wajah, dengan begitu wajah Anda akan lebih cantik berseri saat selfi menggunakan hp oppo.

4. Iklan indomie 

Mengiklankan produk mie instan dengan berbagai rasa yang terkenal hingga seluruh dunia. Rasa mie instan mulai dari rending, sate, ayam special, soto, dan lain-lain bisa Anda rasakan. 

Nah, dalam iklan indomie ini mepromosikan berbagai rasa tersebut dan Anda membuat masyarakat tertarik mengkonsumsi mie instan sesuai seleranya. Iklan ini juga memiliki slogan terkenal “Indomie seleraku” yang menjadi viral.

5. Iklan Garnier 

Dalam iklan ini mengisahkan tentang wanita yang memiliki kulit wajah kusam karena terlalu sering terpapar matahari, kemudian menghadirkan produk kosmetik berupa pelembap wajah yaitu garnier. Setelah menggunakan produk tersebut para wanita tidak lagi khawatir terkena paparan sinar matahari karena kulit tidak kusam lagi. 

6. Iklan Bengbeng

Iklan produk snack ini digemari banyak anak muda, mengapa ? Karena iklannya pun menyangkut kisah anak muda masa kini. Dengan inovasi snack yang bisa dimakan keadaan dingin ini membuat penasaran konsumen untuk mencicipinya.

7. Iklan sunlight

Sebagai produk pencuci piring, sunlight mempromosikan produknya dengan menampilkan adegan piring, gelas, dan panci yang kotor bisa berbicara. Kemudian mereka dicuci menggunakan sabun sunlight dan hasilnya langsung bersih mengkilap tanpa minyak.

Adegan tersebut mampu meyakinkan konsumen bahwa sunlight merupakan produk pencuci piring terbaik yang bisa membersihkan alat-alat rumah tangga sampai bersih tak berminyak.
Iklan-iklan komersial itu mampu menarik konsumen untuk membeli produk yang di iklankan. 

Ketertarikan konsumen itu muncuk karena iklannya dikemas secara unik dan menarik. Dengan adegan yang lucu dan inspiratif, berbagai produk berhasil terpromosikan. 

Contoh iklan komersial di atas juga mengandung pesan-pesan yang sangat informatif, mulai dari jenis produk, komposisi produk, harga, dan tak lupa keunggulan produk yang bisa dirasakan manfaatnya oleh para konsumen. 

Oleh karena itu, dalam pembuatan iklan produk atau jasa, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, seperti bahasa yang digunakan, font penulisan, hiasan, desain tampilan, detial produk, dan sebagainya.

Pengunaan bahasa dalam sebuah iklan haruslah lugas, pemilihan kata juga perlu diperhatikan. Untuk menarik pembaca atau konsumen, sebaiknya Anda buat judul atau kata-kata semacam slogan. Kalimat yang mudah diingat serta mencolok akan membuat konsumen tertarik. 
Untuk lebih jelasnya, yuk simak ciri-ciri bahasa iklan komersial berikut ini.

1. Slogan 

Umumnya slogan merupakan kata yang simple yang hanya terdiri dari 4 atau 5 kata saja. namun slogan yang dipakai dalam iklan haruslah berupa pernyataan atau penjelasan singkat mengenai produk yang dipromosikan. 

Dengan menggunakan slogan yang unik, bisa saja iklan Anda menjadi sesuatu yang viral. Slogan “Indomie seleraku” pada iklan mie instan adalah salah satu hal yang menjadi viral dan diingat oleh banyak orang.

Dengan slogan yang viral dan diingat banyak orang, otomatis produk yang ditawarkan juga akan meningkat nilai konsumsinya. Jadi, buatlah slogan sekreatif mungkin untuk iklan Anda, sesuaikan slogan dengan jamannya. 

Slogan pada iklan bisa dikatakan sukses apabila saat pertama kali seseorang mendengarnya, mereka langsung tahu apa produk serta pesan dari slogan tersebut.

2. Bahasa persuasive

Bahasa persuasive ini sangat penting berada dalam iklan komersial. Contoh iklan komersial yang sukses adalah iklan yang dipercaya konsumen karena adanya kalimat persuasive, seperti kata murah, cepat, mudah, hemat, handal, dan lain sebagainya.

Kalimat persuasive berfungsi untuk meyakinkan pembaca terhadap keunggulan suatu produk, serta membujuk pembaca agar membeli produk dalam iklan tersebut.

3. Menggunakan subjek orang pertama

Bahasa yang digunakan dalam iklan pada dasarnya menggunakan subjek orang pertama, baik itu bentuk tunggal ataupun jamak, misalnya kata aku, saya, dan kami. Hal tersebut dimaksudkan agar iklan terlihat hidup. Kata “kami biasanya digunakan sebagai pengganti subjek pihak perusahaan atau organisasi, hal tersebut membuat iklan tidak monoton.

Selain bahasa yang digunakan harus menarik, gambar pada iklan juga harus menarik ya. Contoh iklan komersial yang memiliki gambar menarik adalah iklan oreo.Kini iklan oreo hadir dengan banyak warna seperti pelangi dan beberapa gambar animasi lucu. 

Baca Juga : Contoh iklan produk makanan ringan

Dengan demikian iklan sebuah produk snack tidak lagi monoton, justru membuat penonton ceria.
Anda juga bisa memasang foto artis atau bintang film yang sedang hits dan menjadi favorit banyak orang, khususnya remaja. Contoh iklan komersial yang menggunakan foto artis adalah iklan handphone yang memasang foto artis Korea, foto Chelsea Islan pada iklan kosmetik, dan lain sebagainya.

Dengan begitu iklan komersial Anda bisa menarik banyak konsumen sehingga produk atau jasa yang ditawarkan laku keras. 
0 Komentar untuk "Berikut Contoh Iklan Komersial yang Menjadikan Produk Anda Laku Keras"

Back To Top