Contoh Iklan Layanan Masyarakat yang Menarik, Meski Tak Mencari Keuntungan

Contoh Iklan Layanan Masyarakat- Iklan berfungsi untuk menyampaikan informasi mengenai produk ataupun jasa kepada banyak orang. Dengan menyampaikan informasi tersebut, diharapkan iklan bisa mempromosikan sekaligus membujuk konsumen untuk menggunakan produk dan jasa yang di iklankan tersebut. 

Iklan juga merupakan proses komunikasi dalam bidang pemasaran yang membantu menawarkan sekaligus menjual produk atau jasa, memberikan pelayanan, dan ide-ide dalam bentuk persuasive. Iklan tersebut disebarkan melalui media tertentu, seperti koran, brosur, pamflet, televise, dan radio. 
Contoh iklan layanan Masyarakat

Selain itu iklan juga berbeda dengan bentuk komunikasi lain, iklan memiliki beberapa unsur penting, yaitu:

1. Barang dan jasa

Iklan sangat identic dengan barang ataupun jasa karena fungsi iklan adalah mempromosikan barang jasa tersebut. Namun ada pula iklan yang  menyampaikan gagasan mengenai masalah sosial. Iklan tersebut dinamakan iklan layanan masyarakat, dimana tidak ada usur komersil di dalamnya.

2. Non personal

Pada dasarnya iklan ditujukan untuk mempromosikan atau menyampaikan pesan kepada khalayak ramai. Dengan begitu sifat iklan tidaklah personal.

Contoh iklan layanan masyarakat mengenai himbauan atau mengkonsumsi rokok, dimaksudkan agar semua orang tidak merokok karena rokok menimbulkan gejala-gejala yang mengganggu kesehatan semua orang. Pesan itu tidak hanya disampaikan untuk laki-laki, tapi juga untuk perempuan, untuk semua orang yang mengkonsumsi rokok.

3. Sponsor

Pihak yang membiayai iklan adalah pihak atau lembaga terpercaya, yang bisa mempertanggungjawabkan atas produk maupun jasa yang di iklankan pada konsumen.

4. Pembayaran

Iklan yang ditampilkan di media tertentu pastinya dipungut biaya oleh lembaga pemasangan iklan, lembaga yang memasang iklan tersebut. Namun tidak semua iklan seperti itu, contoh iklan layanan masyarakat, iklan ini justru tidak dipungut biaya sepeser pun. 

Mungkin banyak orang yang masih berfikir bahwa iklan hanyalah berfungsi menawarkan produk tertentu, namun ternyata banyak pula fungsi iklan selain untuk memasarkan produk. 
Mau tau? Berikut informasi mengenai fungsi iklan.

1. Fungsi pemasaran

Ini merupakan fungsi iklan pada umumnya, dimana iklan sebagai sarana penyampaian informasi tentang produk maupun barang yang ingin ditawarkan.

2. Fungsi komunikasi

Menyampaikan informasi kepada khalayak merupakan salah satu contoh fungsi iklan sebagai komunikasi. Disitu pihak produsen berkomunikasi dengan konsumen mengenai produk yang ditawarkan meskipun tidak secara langsung.

3. Fungsi pendidikan

Orang-orang bisa mempelajari sesuatu yang ditonton, dibaca, ataupun di dengar. Nah, iklan bisa tersebar melalui 3 media tersebut, iklan bisa ditonton pada televisi, bisa dibaca di brosur dan pamflet, iklan juga bisa di dengar melalui radio.

4. Fungsi ekonomi

Dengan membuat iklan, produsen lebih untung, mengapa ? Karena iklan membuat konsumen membeli produk yang ditawarkan. Pembuatan iklan juga dinilai lebih efisien dibanding penawaran door to door. Sekali iklan bisa mendapat banyak konsumen, hal inilah yang dimaksud ekonomis.

5. Fungsi sosial

Iklan dibuat untuk mencontohkan perilaku yang baik, sehingga khalayak menirunya, iklan tidak boleh memiliki unsur sara. Fungsi sosial semacam ini banyak ditemukan pada iklan layanan masyarakat. 

Nah, sebenarnya apa itu iklan layanan masyarakat? Yakni sebuah iklan non komersial dari suatu lembaga yang hanya bertujuan menyampaikan informasi kepada khalayak yang berhubungan dengan kepentingan sosial. Maka contoh iklan layanan masyarakat tentunya beda dengan iklan komersial.

Iklan komersial bermaksud menarik perhatian khalayak agar mengkonsumsi produk atau jasa yang ditawarkan, pemasangan iklannya pun dikenai biaya. Sangat bertolak belakang dengan iklan layanan masyarakat, dimana hanya menyampaikan pesan-pesan sosial, tidak mencari keuntungan, dan pemasangan iklannya tidak dikenai biaya pengiklanan.

Pemberian ruang untuk iklan layanan masyarakat yang tidak dipungut biaya ini sudah ditetapkan dalam UU Penyiaran pasal 33. Inti dari pasal tersebut adalah lembaga penyiaran swasta wajib memberi ruang minimal 10% dari ruang siaran niaga untuk iklan layanan masyarakat, sementara pada lembaga pemerintahan wajib memberi minimal 20 menit per hari untuk iklan layanan masyarakat.

Adapun kriteria untuk iklan-iklan layanan masyarakat yang dicetuskan oleh Dewan Periklanan Amerika atau Ad Council Inc sebagai berikut:

  1. Tidak bersifat komersil, iklan layanan masyarakat tidak mencari keuntungan dan tidak membayar biaya periklanan.
  2. Tidak memiliki unsur keagamaan. Iklan layanan masyarakat ini ditujukan kepada khalayak, tidak personal, apalagi merujuk pada salah satu agama.
  3. Tidak memiliki sifat politis, iklan tidak memihak pada salah satu partai politik.
  4. Memiliki wawasan nasional.
  5. Diajukan oleh lembaga atau organisasi yang terpercaya, yang telah diakui keberadaannya.
  6. Mempunyai kepentingan tinggi serta dampak tertentu bagi khalayak, sehingga patut mendapat dukungan dari media penyiaran atau media cetak.


Meskipun iklan layanan masyarakat tidak mencari keuntungan, namun tetap harus dibuat semenarik mungkin agar pesan pada iklan tersebut tersampaikan kepada khalayak. Pesan-pesan pada iklan layanan masyarakat memiliki tujuan untuk meningkatkan kepedulian terhadap isu sosial yang disampaikan pada iklan tersebut. 

Iklan layanan masyarakat terdiri dari iklan kesehatan (Larangan narkoba dan merokok), iklan pendidikan, iklan kebersihan, dan lain sebagainya. 

Untuk lebih jelasnya, yuk simak contoh iklan layanan masyarakat berikut ini.


1. Iklan tentang bahaya narkoba

Narkoba adalah obat terlarang yang jika di konsumsi akan menimbulkan efek negative berkelanjutan, bahkan nyawa bisa melayang karena narkoba. Oleh karena itu iklan layanan masyarakat mengenai bahaya narkoba harus disebarkan. 

Iklan tersebut berisi bahaya penggunaan narkotika, tentang dampak dan efek pemakaian obat terlarang, mulai dari efek untuk kesehatan tubuhnya, hingga efek untuk masa depan mendatang. 

Biasanya terdapat slogan di iklan layanan masyarakat yang berfungsi menarik pembaca, serta membujuk pembaca untuk melakukan hal tertentu. Misalnya, “Sayangi keluargamu, jauhi narkoba!”, “Jangan biarkan Narkoba merampas masa depanmu!”, dan sebagainya.

2. Iklan tentang bahaya merokok

Rokok adalah hal yang patut dihindari selain narkoba, dengan begitu iklan tentang bahaya rokok hampir sama dengan iklan bahaya narkoba. Bahaya rokok, dampak rokok, efek negative setelah merokok, harus ada pada iklan layanan masyarakat ini. 

Slogan atau ajakan yang biasa ada di iklan tentang bahaya rokok adalah “Stop merokok!”, “Matikan rokok Anda!”, “Jauhi rokok”, dan sebagainya.

3. Iklan tentang global warming

Iklan yang berhubungan dengan alam ini biasanya berisi slogan-slogan menarik dan gambar-gambar unik. Slogan tersebut berisi pesan yang mendorong masyarakat untuk cinta lingkungan, seperti “Save Our Earth”, “Selamatkan bumi kita! Bertindak sekarang juga!”, “Selamatkan paru-paru dunia”, dan lain sebagainya.

4. Iklan tentang kesehatan

Nah, contoh iklan layanan masyarakat yang satu ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat mengenai kesehatannya. Bisa berupa cara singkat untuk mencegah penyakit tertentu, atau berupa informasi kegiatan penyuluhan kesehatan.

Misalnya yang baru-baru ini mengenai imunisasi campak dan rubella bagi anak-anak. Informasi tersebut bisa disampaikan melalui iklan layanan masyarakat tentang kesehatan.

Baca juga : Contoh Iklan yang Informatif Agar produk Laku Keras

Dengan adanya iklan layanan masyarakat yang dibuat oleh suatu lembaga, diharapkan masyarakat dapat terhindar dari bahaya-bahaya sosial yang menimpa dirinya serta keluarga. Iklan yang tidak bersifat komersil ini bisa memberi dampak positif bagi masyarakat, khususnya dalam mengingatkan kesehatan.
0 Komentar untuk "Contoh Iklan Layanan Masyarakat yang Menarik, Meski Tak Mencari Keuntungan"

Back To Top