Cara Ampuh Membersihkan Virus dengan CMD di Komputer

Cara Membersihkan Virus dengan CMD (Command Prompt) - virus pada komputer bermacam-macam tipe ? tidak hanya laptop flashdisk pun di hajar oleh virus shortcut juga. lantas bagaimana cara membersihkan laptop dengan cmd  ? maka saya akan  membahas mengenai cara bersihkan virus melalui cmd agar membantu teman-teman yang lagi ingin mengatasi laptop yang terjangkit virus,kalau pada saat kita sedang mengerjakan tugas dari dosen harus di kumpulkan besok eh file yang kita kerjakan tersebut kena virus. Haduh pasatinya membuat kita menjadi jengkel bukan,

Virus Ransomware yang pada saat ini yang lagi buming dan meminta tebusan 300 dolar tersebut. tapi saya tidak sedang mengatasi virus ransomware itu. Dan yang biasa terjadi  di komputer adalah virus shortcut. atau membuta file kita menjadi keterangan 0 kb. sebenarnya sih bisa menggunakan anti virus SMADAV untuk mengatasi nya, tetapi kali ini saya akan menggunakan Command Prompt saja. Karena saya belum install smadav.

Di dalam sistem operasi windows pasti memiliki CMD. begitu pun sistem operasi android. maka saya gunakan yang sudah ada saja,  Pada umumnya virus ini disebabkan karena kita memasang flasdisk di tempat umum contoh warnet atau laptop. komputer yang tidak memiliki sistem antivirus maka virus shorcut dapat menyalur ke flasdisk kita.Pengalaman saya terkena virus ini memang sering di rasakan , tapi temen-temen tidak usah galau karena ada cara ampuh untuk membersihkan virus  shortcut ini.

Cara ini memanglah sangat mudah dan mungkin sudah banyak yang tahu tapi karena tujuan saya membuat catatan maka saya ingin berbagi pengalaman saya mengenai virus shortcut ini.


Oke langusng saja Cara ampuh membersihkan Virus hanya menggunakan Cmd :


Untuk mempermudah mengenali virus yang bisa di bersihkan cmd saya akan memberikan sebuah keterangan gambar yang biasa terjadi pada laptop kita. Biasaya tampilan virus saat menyerang di komputer kita seperti  gambar di bawah ini  :

Cara Ampuh Membersihkan Virus dengan CMD
Tampilan virus shortcut
1. Tancapkan Flasdisk anda yang terkena Virus Shorcut

Disini virus ini dapat menyebar ke komputer Jadi lebih baik komputer yang memiliki deepfreez karena ditakutkan virus akan menyebar. virus shorcut ini biasanya menyerang Folder-folder kita yang ada di flasdisk.

2. Kemudian Buka CMD dengan Cara Klik Start lalu ketikan cmd atau search kemudian enter. 

3. Pilih Drive yang berisi flashdisk yang akan dihilangkan virus shortcutnya. Misal drive flashdisk adalah D maka ketik di command prompt "D:" tanpa tanda petik dan lihat gambar berikut ini :

Buka file dengan CMD
4. Lalu ketikan format ini "attrib -h -r -s /s /d" tanpa tanda petik dan kemudian lihatlah penulisan attrib Command Promt sudah benar belum :

Cara Ampuh Membersihkan Virus dengan CMD
5. Tekan enter lalu tunggu maka lihat flashdisk anda. File asli yang  di hidden (Tersembunyi)  oleh virus telah terbuka. Lalu hapus semua shortcut tersebut. "Ingat jangan sampai shortcut tersebut di klik jika tidak ingin virus shortcut menyebar".

Artikel Terkait :

Cara Membersihkan History Browsing yang Perlu anda ketahui
Cara Virus Menyebar di Komputer
Cara Mudah Membuat Wifi Sendiri di Laptop
                            
6. Kemudian dapat membersihkan virus-virus tersebut dengan mengetikkan misalkan del autorun.inf tekan enter, untuk folder kita dapat menggunakan contohnya RD recycler /s atau dengan RMDIR recycler /s. Untuk file virus induknya misalkan dengan mengetikkan del nama virus.exe tekan enter.

Demikian Cara Ampuh Mebersihkan Virus Dengan CMD. Virus memangalah dapat menggangu pekerjaan kita. untuk itu saya share cara simple ini. selain sebagai catatan pribadi saya. Virus shortcut masih dalam membersihkan nya masih tahap mudah, bila temen temen sedang mengalamai virus shorcut bisa gunakan antivirus Smadav atau dengan Menggunakan Command Prompt. sekian  semoga Artikel ini dapat Membantu Teman -tean Ketika Terkena Masalah Sperti ini dan Semoga Bermanfaat Terimakasih .
Tag : Komputer
Back To Top