Contoh Proposal Bisnis Plan budidaya Belut

Contoh Proposal Bisnis Plan budidaya Belut-Bagi seseorang pebisnis atau orang yang sedang mulai bisnis, Anda harus mengerti dan bisa membuat sebuah  bisnis plan atau minimal anda mengerti apa itu bisnis plan. bisnis plan itu sendiri adalah  sebuah dokumen tertulis yang  telah disiapkan oleh para wirausaha yang sedang menggambarkan semua poin-poin yang relevan baik Produksi maupun pemasaran mengenai  sebuah perusahaan untuk memulai sebuah usaha atau bisnis. Apa Sih tujuan Bisnis Plan Itu ?
Tujuan dari Bisnis Plan yaitu  sebagai jembatan atau penghubung  antara ide dan kenyataan, serta memberikan pandangan  yang jelas dari apa yang akan dilakukan oleh sang pebisnis tersebut. Selain itu Proposal Bisnis Plan  tersebut bisa di berikan kepada calon investor (donatur)  untuk mendapatkan dana. Dan Kebanyakan Bisnis Plan ini populer dikalangan mahasiswa untuk mengikuti lomba-lomba Proposal bisnis plan yang biasanya di adakan  dari DIKTI. Yuk kita bahas secara detail tentang Bisnis Plan.

bisnis plan budidaya belut

Sebelum anda membuat Proposal Bisnis plan

Sebelum membuat Proposal bisnis plan, Anda harus  mulai menyiapkan beberapa syarat-syarat. Yang paling sederhana dalam membuat bisnis plan adalah seperti membuat artikel dalam kamus bahasa indonesia yaitu 5W 1H, yaitu bisnis apa yang ingin dibuat, mengapa bisnis itu dibuat, siapa Target bisnisnya, kapan bisnis itu harus dibuat, dimana bisnis  itu dibuat atau dimana bisnis akan dilakukan dan terakhir yaitu bagaimana membuat bisnis tersebut.
Setelah mengetahui satu-persatu proses membuat bisnis plan tersebut, sekarang kita  harus bisa menjelaskan bisnis plan tersebut.Yang pertama yaitu tahap ide bisnis, kemudian perumusan konsep ide bisnis dan analisa kelayakan bisnis. Ini harus dilakukan untuk melihat apakah meningkat bisnis Anda tersebut, mulai dari konsep ide bisnis  dan kelayakan dari bisnis tersebut.
Analisa  dari bisnis juga termasuk penting, Analisa usaha antara lain Analisa pasar, Analisa teknis atau operasional, Analisa manajemen organisasi kemudian yang terakhir adalah Analisa keuangan. Hal-hal diatas harus dipersiapkan dahuulu sebelum Anda membuat bisnis plan, setelah semuanya sudah dipersiapkan, sekaranng Anda boleh membuat bisnis plan.

Ringkasan penting yang Utama dan Perlu di perhatikan

Ringkasan Ini  halaman yang paling utama dari bisnis plan. Pasalnya, Pada halaman ini Anda akan menjelaskan bisnis apa yang akandijalankan. Diantaranya adalah deskripsi ringkas dari bisnis Andanya, inovasi dari bisnis tersebut serta kapan bisnis tersebut akan diluncurkan. Dalam sebuah bisnis plan ada ringkasan eksekutif yaitu hal yang sangat penting karena ini merupakan halaman pertama yang akan  dibaca oleh donatur (investor), jika di halaman awal ini tidak menarik maka orang tidak akan melanjutkan membaca dan mau memberikan dana nya untuk kita. Jadi Usahakan maksimal ringkasan yang utama singkat padat dan jelas.

Ada 7 bab yang biasa di buat untuk membuat Proposal bisnis Plan

Bab 1 Latar belakang
Di bagian ini merupakan bagaimana ide bisnis ini mencul dan identifikasi nya seperti apa dan terhadap kedepannya bagaimana, anda harus gamblang untuk menjelaskan dari backgroud usaha anda. Contoh disini adalah proposal bisnis plan budidaya belut. Maka yang saya bahas terlebih dahulu prospek pasarnya bukan. Dan bagaimana permintaan di pasarnya kita harus analisis gambaran umumnya ya, oke intinya di latarbelakang  menggambarkan awal atau dasar bagaimana usaha Bisnis plan tersebut dilaksanakan . 

Bab 2 Visi

Visi disini adalah pandangan atau pemikiran ke depan mengenai bisnis anda ini mungkin di sini di perjelas tujuan ke depan bisnis yang di ingin nanti seperti apa dan Proposal bisnis plan ini untuk meyakinkan bahwa dengan prodak bisnis anda nanti analisa yang akan terjadi dalam menggapai visi nanti seperti apa silahkan di perjelas.

Bab 3 Misi

Misi di sini adalah langkah-langkah yang sedang/akan melakukan apa yang sudah ada sesuai  dalam  Bab visi itu. Setelah visi sudah jelas terus langkah misi apa selanjutnya yang akan di lakukan nah silahkan saudara-saudara sekalian kegiatan apa yang akan di laksanakan nantinya.

Bab 4 Konsep Usaha

Konsep Usaha merupakan langkah atau gambaran yang akan dilaksanakan dan teknik pengembangan usaha tersebut nanti seperti apa .Nah usahakan ada gambaran yang jelas dan rinci akan teknik pelaksanaan bisnis nya nanti, Konsep Usaha terbagi menjadi 2 yaitu konsep dasar dan Konsep Memulai bisnis ini, Konsep dasar kenapa ingin membuat usaha ini itu karena apa , mungkin potensi di sini yang akan di bahas, Kemudia Konsep Memulai bisnis Nya  nanti seperti apa, dari segi lokasi, bibit darimana, di bahas di bab Konsep usaha ini.

Bab 5 Angaran 

Anggaran di sini adalah modal atau dana untuk memulai sebuah usaha yang akan doi rencanakan.

Bab 6 Susunan Pelaksanaan 
Di sini dalam hal tugas kuliah saya dulu orang berap yang di butuhkan untuk Perusahaan kita bisa berjalan dan bagian apa saja yang di buthkan nanti , Inti dari perusahan itu adalah ada produksi Pemasaran dan bagian acounting saja, itu hal yang paling penting dalam hal perusahaan mau berkembang,


 Bab 7 Penutup

Bab penutup ini merupakan hasil dari kesimpulan latar belakang ,visi,misi,konsep,anggaran,Susunan Pelaksanan dan utuk lebih jelas nya silahkan unduh Contoh PROPOSAL BISNIS PLAN BUDIDAYA BELUT INI .Contoh Bisnis Plan budidaya Belut

Back To Top