Pengertian Lengkap Row, Colomn ,Range ,cell di Micosoft excel

Belajar Excel Dasar-Pengertian-Row-Colomn-Range-cell- Pengertian Range di excel dengan lengkap - Microsoft excel menjadi hal yang perlu kita kuasai untuk di jaman era digital ini, micosoft excel sendiri memiliki fungsi yang beraneka ragam. untuk itu saya akan membahas dari hal-hal dasar dari Definisi istilah-istilah dasar excel dari pemula sampai tingkatan mahir, perlu kalian tahu mengenai arti kata seperti range, cell, row maupun colomn pada excel.

Tentunya dalam belajar excel kita bertahap, Maka kita harus mengetahui sejarah  singkat microsoft excel terlebih dahulu. saya akan membahas sejarah singkat dari excel dan semua istilah isitilah yang ada di microsoft excel seperti range, cell, column dan Row. berikut ini adalah penjelasnya.Pengertian Range dalam statistik lengkap dengan contoh soal

Bila  kamu belum mengetahui sejarah microsoft excel maka saya akan jelaska berikut ini  :

SEJARAH SINGKAT MICROSOFT EXCEL



Microsoft excel berdiri Pada tahun 1982, Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985.Pada awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel.

Excel menawarkan banyak keunggulan antar muka jika dibandingkan dengan program spreadsheet yang mendahuluinya, tapi esensinya masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak spreadsheet yang terkenal pertama kali), Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandung data atau formula dengan berisi referensi absolut atau referensi relatif terhadap sel lainnya.

Excel merupakan program spreadsheet pertama yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting seperti font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel. 

Excel juga menawarkan penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (di mana program-program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). Selain itu, Excel juga menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.

Ketika pertama kali dibundel ke dalam Microsoft Office pada tahun 1993, Microsoft pun mendesain ulang tampilan antar muka yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk mencocokkan dengan tampilan Microsoft Excel, yang pada waktu itu menjadi aplikasi spreadsheet yang paling disukai.

Sejak tahun 1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna UDF (User Defined Functions) untuk digunakan di dalam worksheet. 

Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft menambahkan sebuah IDE (Integrated development environment) untuk bahasa VBA (Visual Basic Aplication) untuk Excel, sehingga memudahkan programmer untuk melakukan pembuatan program buatannya.

Selain itu, Excel juga dapat merekam semua yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadi macro, sehingga mampu melakukan automatisasi beberapa tugas. VBA juga mengizinkan pembuatan form dan kontrol yang terdapat di dalam worksheet untuk dapat berkomunikasi dengan penggunanya. 

Bahasa VBA juga mendukung penggunaan DLL ActiveX/COM, meski tidak dapat membuatnya. Versi VBA selanjutnya menambahkan dukungan terhadap class module sehingga mengizinkan penggunaan teknik pemrograman berorientasi objek dalam VBA.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Excel

Setelah anda mengetahui sedikit sejarah singkat mengenai microsoft excel kita lanjut mengenal istilah -istilah yang ada di microsoft excel.

ISTILAH-ISTILAH  DASAR DI EXCEL

1. ROW adalah baris di Excel yang diberi dengan tanda berupa angka 1 sampai 1.048.576  biasa nya sering di sebutkan jumlah baris di Excel adalah 1.048.576 . untuk lebih jelas nya lihat gambar dibawah ini :


2. COLUMN adalah di artikan sebagai kolom juga di Excel yang berbentuk  abjad A sampai dengan XFD 

3. CELL atau Sel adalah pertemuan antara Row dan Column seperti misalnya Sel A1 artinya berada di kolom A dan dibaris ke 1, alamat sel ini akan terlihat dibagian Name Box, Name Box inilah yang menunjukan pada kita dimana posisi sel yang sedang aktif.Name Box Excel 2013


4. RANGE adalah gabungan dari beberapa sel atau bisa juga di artikan gabungan dari beberapa kolom atau beberapa baris misal range A1:A5. yang memiliki arti rentang dari nilai terkecil hingga nilai tertinggi. biasanya range di dalam excel di gunakan untuk menggabung kan cell atau melihat suatu data di excel. dalam penggunaan range tidak hanya di microsoft excel. di artian luas juga bisa di gunakan untuk sebuah alat ukur. tetapi kita pahami di excel aja ya,


5.Worksheet (lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.



6. Workbook (buku kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai sheet 256).

7. Alamat Relatif : merupakan alamat yang jika dituliskan ke dalam bentuk rumus atau fungsi akan berubah jika dicopy ke cell lain. Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6.


8. Cell Semi Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris atau kolomsehingga nilai tidak akan berubah. Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7.



9. Cell Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris dan kolom.tekan tombol F4 untuk menghasilkan alamat absolut pada formula bar. Contoh : cell B1 berisi formula $A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3 menjadi $A$1*5. baca juga

10.Name Box : menunjukkan pada cell/ range yang aktif saat itu. Anda dapat juga membuat nama range melalui kotak nama disebelah kiri formula bar. Contoh : Holla nama lain range A5:G7.




FUNGSI- FUNGSI TOMBOL DALAM MICROSOFT EXCEL

jika sudah mengetahui istilah-istilah dasar mengenai microsoft excel saatnya kita mengenal fungsi-fungsi tombol keyboard dan akan mempercepat saat mengoperasikan microsoft excel nantinya. Untuk itu silahakan anda baca di gambar berikut ini :


TIPE DATA MICROSOFT EXCEL

Dalam tipe data microsoft excel terbagi menjadi tiga yaitu label numerik dan formula Silahkan baca definisi di bawah ini.

Label      :
Atau string sering juga disebut sebagai alfanumerik. Data tersebut hanya menerangkan data numerik dan formula. Semua huruf dan simbul dimasukkan ke dalam data bertipe label, demikian juga halnya dengan angka yang tidak akan dihitung seperti nomor telepon.

Numerik :
Data yang hanya terdiri dari angka-angka dalam berbagai bentuk dan format. Data tipe ini dapat dihitung, misalnya harga barang, nilai mahasiswa dan sebagainya.

Formula :
Merupakan perintah untuk melakukan suatu perhitungan. Formula kurang lebih sama dengan rumus. Misalnya untuk menghitung omzet penjualan barang dan sebagainya.

Rumus Formula yang sering di gunakan dalam proses administrasi yaitu :

+ Penjumlahan
- Pengurangan
* Perkalian
/ Pembagian
^ Perpangkatan
% Persentase

Proses perhitungan akan dilakukan sesuai dengan derajat urutan dari operator ini, dimulai dari pangkat (^), kali (*), atau bagi (/), tambah (+) atau kurang (-). Jika pekerjaan Anda adalah berhubungan dengan data statistik, maka Anda akan sering menjumpai operator-operator matematika diatas.

Demikian Definisi Lengkap Mengenai Range, Cell, Colomn dan row. Beserta tipe data  semoga Kali ini kalian semua memahami apa arti kata range yang sudah saya jabar kan di atas. dan semoga kalian memahami dan mudah di mengerti ya, semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Pengertian Lengkap Row, Colomn ,Range ,cell di Micosoft excel"

Back To Top