Kumpulan Rumus IF Pada Microsoft Excel Lengkap dengan Contohnya

Kumpulan Rumus Formula Excel IF lengkap- Rumus excel if adalah salah satu rumus yang ada di progam Microsoft office. dari microsoft office 2007. office 2010. office 2013 dan offfice 2016 semua sama dalam menggunakan rumus excel If . Pada Dasarnya macam macam rumus excel if ada banyak yaitu rumus excel if bercabang (bertingkat) , rumus excel if rata-rata( Averege), rumus excel if and Vlookup.rumus excel if countif . mungkin dalam hal ini saya akan menjelaskan dasar nya terlebih dahulu.

Belajar Formula Excel atau istilah dalam bahasa indonesia adalah rumus excel. Tentunya hal ini memahami pengertian Excel if terlebih dahulu ,mengapa? pengertian rumus excel if harus kita tahu dahulu apabila kita sudah belajar dari dasar tentunya peamahaman kita mengenai rumus excel akan gamblang sebelum kita mengerjakan contoh soal nantinya, Saya akan menyinggung mengenai arti IF sendiri, Kata IF berasal dari bahasa Inggris yang berarti Jika lantas fungsi nya untuk apa rumus if ini, 

Logika Fungsi Rumus formula excel If  biasanya di gunakan pada umumnya Seperti Penentuan Lulus tidak lulus, dengan suatu kondisi nilai minimal misal 70. Maka rumus excel ini berbunyi seperti ini jika nilai bahasa inggris siswa di bawah 70 di nyatakan tidak lulus dan jika nilai siswa di atas 70 maka akan lulus misalkan saya ibaratkan seperti itu , atau istilah lainya seperti program pemerintah ingin memberikan bantuan maka rumus excel IF ini pasti akan di gunakan para pegawainya. contoh Kategori Mampu sama tidak Mampu,Data Rumus excel If ini Biasanya Di label Keterangan biasanya. Oke Jika sudah paham analogi rumus excel ini kita rehat sejenak sebelum masuk Ke contoh soal, Bisa anda Ngopi atau minum seteguk air terlebih dahulu.

Rumus excel IF ada 2 macam yaitu Rumus excel IF Tunggal Dan Ganda. Perlu di jelaskan perbedaan tunggal dan Ganda, Oke disni saya akan Jelaskan tunggal berarti satu , Saya singgung keterangan di atas tadi mengenai lulus dan tidak lulus,, itu berarti termasuk if tunggal karena pilihan nya cuman satu lulus dan tidak lulus. Kalau ganda berarti bertingkat, jadi misal Rumus excel IF Bantuan pemerintah tadi Ada Mampu, tidak mampu, Miskin, Kaya Sedang-sedang,, seperti itu oke Langsung Ke contoh Soal ya.

CONTOH SOAL RUMUS EXCEL IF TUNGGAL 

Contoh Soal : Pak amir adalah seorang Guru di SMANSATOR dia habis Memberikan Ulangan Bahasa Inggris di kelas 10 D untuk menyatakan lulus tidak lulus maka untuk mempercepat pekerjaan dari pak amir silahkan anda Gunakan Rumus excel IF  tunggal seperti Gambar di bawah ini,?

1. Pertama membuat data seperti di atas kita mulai praktek Penggunan rumus excel if sederhana ini. Langkah selanjutnya arahkan Cursor ke cell D3 kemudian Klik tombol function kemudian pilih rumus excel IF lalu pilih OKE seperti gambar di bawah ini.

2. Kemudian silahkan klik sel di C3 masukan rumus excel IF misal >70 dengan Keterangan Lulus tidak Lulus dari seperti gambar di bawah ini.

3. Kemudian klik Oke maka akan muncul Keterangan nya  LULUS.. dan tara anda berhasil Praktek menjawab Contoh soal Rumus Excel if Tunggal dan untuk mempercepat keterangan di bawah silahkan anda klik kanan dan tarik kebawah maka akan hasil nya seperti ini.

Setelah anda berhasil Belajar Rumus excel IF tunggal saat nya kita rehat sejenak sembari dengarkan musik terlebih dahulu untuk melancarkan pemikiran baru, saat nya kita Praktek Rumus excel If Ganda dengan contoh soal baru lagi,
Baca Juga :

CONTOH SOAL RUMUS EXCEL IF GANDA ATAU BERTINGKAT

Contoh Soal Rumus Excel IF Ganda : Kali Ini Pak RT Desa Sugihan ingin memberikan Bantuan kepada Warga nya dengan Sistem  Kategori Kaya, sedang-sedang, Dan Miskin menurut  Pendapatan Perbulan Nya untuk itu silahkan anda Buat data Seperti di bawah ini :


Jika anda sudah Membuat Data seperti di atas silahkan anda masukan rumus excel If sebagai berikut ini yang saya beri kotak merah :




CARA PENULISAN RUMUS FORMULA EXCEL IF  GANDA ACOUNTING



  1. Klik pada cell yang akan di isi di atas ini yang saya isi di Cell D3.
  2. Awali penulisan rumus  apapun dengan tanda sama dengan (=) jika tidak ada akan eror. 
  3. Ketik kata IF sebagai Rumus Excel awal kemudian  dengan tanda kurung buka lalu Masukkan logical test.
  4. Beri tanda koma (,) atau titik koma (;) untuk memisahkan antara logical_test, value_if_true dan value_if_false.
  5. Masukkan value_if_true yang artinya apabila logical_test benar maka teks ini yang akan Muncul
  6. Masukkan value_if_false yang artinya apabila logical_test salah maka teks ini yang akan Muncul.
  7. Beri tanda petik(“ “) pada statement yang berupa kalimat seperti "kaya" "Miskin" maupun "Sedang sedang".
  8. Jangan lupa untuk mengakhiri rumus dengan tanda tutup sesuai kata IF Tekan enter dan Klik kanan seret kebawah untuk mengcopy formula seperti di atas


Demikian belajar excel kali ini mengenai Kumpulan Soal Rumus Excel IF lengkap kurang lebihnya seperti di atas. Terimakasih sudah mau belajar bersama dengan web ngetrik.com jika anda berkenan silahkan ikuti terus website ini karena akan di bahas dengan hal-hal menarik lainya, sekian dari saya wasalamualakum warohmatulog wabarokatuh,
0 Komentar untuk "Kumpulan Rumus IF Pada Microsoft Excel Lengkap dengan Contohnya"

Back To Top