Cara Presentasi memukau untuk pegawai Kantor

Cara Presentasi memukau untuk pegawai Kantor- setiap orang pastinya pernah presentasi. bagi karyawan, , anak Sekolah Dasar (SD), anak SMP, Anak SMA, maupun  Mahasiswa pasti pernah merasakan presentasi, tetapi membuat presentasi yang memukau dan mudah di ingat bagi peserta itu memanglah susah susah gampang, Presentasi yang baik di depan kelas pasti pernah melakukannya. dulu admin pernah presentasi waktu SMP masih malu malu berbicara di khalayak umum. Pernahkah kamu merasakan hal seperti itu ? 
presentasi menarik, presentasi memukau
tips Presentasi untuk pegawai kantor
Pada dasarnya presentasi hanya meyampaikan materi kepada peserta. kalau sekedar menyampaikan saja pasti semua orang bisa, tetapi membuat presentasi yang memukau itu sangat sulit, untuk itu saya akan shared wejangan dari guru besar saya mengenain teknik presentasi, dahulu waktu bekerja sebagai implementasi sebuah software di perusahaan BUMN. maka saya akan berikan sedikit tips dari guru besar saya dan silahkan anda praktek supaya ilmu yang saya dapat ini dapat bermanfaat untuk temen temen semua nya,

1. Harus Percaya Diri

Buat temen temen yang sedang ingin presentasi, langkah pertama ini adalah simple sebenernya karena hanya di suruh percaya diri saja, dalam hal ini pengalaman saya waktu menjadi pemateri di suatu kegiatan. saya di tunjuk senior saya untuk menyampaikan materi. dalam hal ini pertama saya mengalami nerves atau istilah lainya gerogi. Pada dasarnya saya di situ sebagai karyawan baru dan di percaya untuk menyampaikan sebuah materi yang sangat penting, dan sekaligus saya memberikan workshop tentang aplikasi. 

Dengan rasa percaya diri saya menjawab iya siap laksanakan komendan, Siap tidak Siap saya harus siap, karena saya sudah diberikan kepercayaan tersebut, bila kalian sedang mendapat tugas atau di tunjuk sebagai pemateri , Humas, ataupun tanggung jawab sebagai orang yang presentasi. maka hal tersebut merupakan tempat dimana kamu ada peluang untuk membuat presentasi yang memukau. dengan percaya diri semua akan menjadi tenang, bila masih ragu ragu atau tidak tenang saya ada tips  dada kamu elus elus  dan bilang aq pasti bisa . insyaalah rasa tidak tenang atau gerogi itu akan hilang dengan sendirinya.

2.  Kuasai Materi

Materi menjadi penting karena poin poin yang kita sampaikan itulah tujuan utamanya. Materi juga penting karena dalam presentasi ada pesan yang akan di bawa pulang setelah kamu berbicara di depan umum, guru besar saya pernah berbicara bilang orang dapat di pandang dengan dari segi isi pembicaraan nya, jadi materi kamu harus lah berisi dan padat akan makna yang ada. dan tentunya mudah di pahami. pernah dengar pepatah bilang jangan lihat siapa yang berbicara tapi lihatlah isi dari orang yang berbicara.

Pada dasarnya langkah kedua,  tantangan kamu untuk memahami materi terlebih dahulu ,sebelum kamu melakukan presentasi. Membuat presentasi itu memukau apabila materi yang kita sampaikan mudah di mengerti bagi orang yang mendengarkannya.  Bagi para pegawai kantor pasti presentasi menjadi hal wajib , karena para personil kantor sering mengadakan rapat bukan, maupun bagi para Organisasi kampus, sekolah maupun buat kalian yang berorganisasi di masyarakat. maka kuasai materi terlebih dahulu sebelum menyampaikan ke pendengar anda.

3. Kenali Peserta kamu.

Berbicara mengenai peserta, tentunya gaya bahasa kita harus menyesuaikan dengan peserta kita, ketika kita berbicara di depan umum tentunya kita harus bicara secara formal apabila tamu kita seorang guru, kepala direktur, maupun tamu kantor yang sedang berkunjung di tempat kerja anda. berbicara formal tidak harus kaku, bisa anda gunakan celotehan misal  saya  menyampaikan materi presentasi. "baik para ibu ibuk cantik yang ada di sebelah timur panggung, tolong sebutkan poin apa saja yang harus di lakukan saat presentasi". dialog seperti ini merupakan presentsi yang interaktif. 

Setelah anda mengenal backgroud dari peserta. saat nya kamu mengenali siapa nama petinggi yang datang di acara presentasi kamu. sebut nama dia. karena bila kamu mengucapkan kata kata terimakasih misal ke orang dengan menyebutkan nama, maka kamu secara tidak langsung sudah menghargai dia. bila anda sedang presentasi di desa misal di karang taruna ya silahkan anda gunakan bahasa daerah itu juga lebih baik.

4. Banyakin jam Terbang anda berbicara di depan umum.

Membuat presentasi yang memukau memang tidak lah mudah, tidak hanya sekali saja kamu langsung bisa mahir berbicara di depan umum, karena berbicara di depan umum memerlukan jam terbang yang tinggi. karena pada dasarnya orang bisa karena terbiasa. bila ada kesempatan untuk berbicara di depan umum maka gunakan lah kesemapatan itu. dulu saya pernah presentasi menurut saya masih kurang dalam hal menyampaikan materi karena dalam hal menyampaikan materi saya tergesa-gesa dalam hal presentasi. hal tersebut kurangi lah, karena hal tersebut dapat mengurangi isi dari materi yang akan kita sampaikan. 

Apabila dirasa kamu masih 1 kali atau 2 kali dalam presentasi maka perbanyaklah anda melakukan kegiatan ini. karena nantinya kamu akan bisa memukau setiap peserta yang datang karena kamu sudah terbiasa menyampaikan materi tersebut, dan usahakan sebelum naik panggung anda berdoa terlebih dahulu. maka hal tersebut menjadi diri kamu yang tenang dan siap tempur menyampaikan inti inti dari materi kamu.

Dalam memperbanyak jam terbang kamu. pertama dulu saya berbicara di sekolah kemudian saya berbicara di kampung dalam acara karang taruna, kemudian presentasi di depan umum sudah tidak ada kata malu lagi. mungkin bisa anda coba dan praktekan.bila kamu malu silahkan berbicara di hadapan temen temen kamu terlebih dahulu, misal 10 orang, dan pasti kamu yakin bisa berbicara hingga ribuan orang hanya ingin mendengar kamu saat presentasi.

5.  Persiapan Kesehatan tubuh anda

Dalam mempersiapakan presentasi yang baik dan benar, maka kesehatan perlu di perhatikan. usahakan anda tidak begadang dalam mempersiapkan presentasi tersebut. dan cukup tidur. karena di balik presentasi yang hebat pastinya terdapat pula tubuh yang sehat, contoh orang mau ke pertandingan balap motor kenapa mereka sebelum pertandingan olahraga terlebih dahulu, karena dengan olahraga dapat menjaga kebugaran mereka. maka dalam presentsi kamu juga wajib menjaga kebugaran tubuh kamu, misal besok kamu mau presentasi eh hari ini sakit kepala. kan tidak jadi presentasi. jadi saya sarankan jaga kesehatan kamu terlebih dahulu.

Karena di dalam tubuh yang sehat, muncul pikiran pikiran positif, pada umumnya orang yang pertama mau presentasi di depan umum, dia sudah kebingungan sendiri, nanti kalau di ketawain gimana ya ? buang pikiran pikiran negatif tersebut dengan anda berolahraga dan jaga kesehatan tubuh kamu, pastinya kamu akan optimis dan siap  membuat presentasi yang di tunggu tunggu peserta kamu.

6. Cek Peralatan yang akan kamu bawa presentasi besok

Peralatan presentasi pada umumnya seperti laptop, materi hardcopy, laser , atau peralatan lainya, yang mungkin kamu bawa saat presentasi tidak terjadi eror masalah baterai lah, masalah yang akan timbul nantinya, itu kamu persiapkan terlebih dahulu. hal hal tersebut akan mengurangi resiko anda blank saat tampil di depan umum. maka silahkan di cek terlebih dahulu sebelum kamu. membuat presentasi yang tidak dapat dilupakan bagi pendengar kamu.

Demikian sedikit tips yang di berikan kepada saya dulu. dari pemalu dan sebagai nya yang pernah saya alami, dapat membantu kalian semua dalam memahami presentasi yang memukau.maka buat para pegawai kantor maupun yang sedang belajar membuat presentasi yang menarik dapat anda terapkan tips tips yang telah di jabarkan di atas, semoga cara ini berhasil dan kalian akan membuat presentasi yang tidak dapat dilupakan para audience kamu,
Tag : Dunia Kerja
0 Komentar untuk "Cara Presentasi memukau untuk pegawai Kantor"

Back To Top