Cara Instal android studio di Laptop OS Windows

Cara Instal android studio di Laptop OS Windows- Android studio merupakan developer android yang saat ini mulai di kembangkan para kalangan progamer. aplikasi android studio di gawangi perusahaan besar yaitu google. selain aplikasi mudah di gunakan untuk developer pemula seperti saya ini, untuk itu dalam belajar android kali ini adalah cara menginstal android studio dulu. namun sebelum instal aplikasi android studio silahkan baca postingan saya sebelumnya mengenai spesifikasi laptop untuk mengistal android studio. Oke lanjut, dengan kemudahan kita menjadi pengembang aplikasi android sekarang ini setiap orang akan mempelajari aplikasi pada handphone kita ini, selain aplikasi android studio ini bisa di instal sistem operasi (OS) windows. adapula linux dan mac, baik kali ini ijin kan saya membuat tutorial cara memasang android studio di sistem operasi windows. 
Cara instal android studio
Dengan tutorial android studio menggunakan gambar maka akan memudahkan agan dalam proses instalasi di laptop kesayangan kalian. untuk memulai nya anda bisa mulai menyiapkan kopi atau teh untuk menemani para agan dalam memasang android studio ini. tampilan android studio tidak jauh dengan software eclipse kok gan, dalam instalasi android studio kita juga mempersiapkan software pendukung nya ya gan, yaitu Java development Kit. sofware android studio ini memang mudah proses memasang nya gan tinggal next, next tapi perlu di perhatikan sesuai langkah langkah yang akan saya akan shared di sini ya gan, ada yang menginstal secara online jika kalian menggunakan linux ya gan, kalau mac karena saya tidak punya laptop tersebut, maka saya belum pernah mencobanya,

Sistem operasi windows ada banyak versi gan seperti windows 7, windows 8 dan windows 10. tetapi pada tutorial kali ini saya menggunakan windows 10. jika agan menggunakan windows 7 maupun 8 sama saja proses nya kok, oke kita mulai praktek setelah saya menjelaskan sedikit penjabaran mengenai android studio. sekarang saat nya action.

Ada 2 langkah yang harus kalian lewati dalam mempersiapkan Menginstal androd Studio:

1. Menginstal Java development kit (JDK)


 JDK merupakan software untuk menjalankan bahasa pemograman java. jadi dalam membuat aplikasi android studio menggunakan teknologi bahasa pemograman java, bila kalian ingin belajar membuat aplikasi dengan android studio. jadi agan hukum nya wajib untuk mulai belajar bahasa pemograman java, mau tidak mau harus mulai belajar java ya. ane juga mulai belajar nih gan, jadi bisa belajar bersama nantinya. oke lanjut. kita mulai akan menginstal java development kit nya oke baca langkah langkah berikut ini :

a. Pertama kalian download Java development kids di website resmi java

b. kemudian "Accept License Agreement" lalu pilih sistem operasi windows sesuai laptop kalian yang 32 bit atau yang 64 bit.

c. setelah sudah di download silahkan kalian instal aplikasi java development kit (JDK) seperti biasanya kalian menginstal aplikasi lainya.

d.  Oke lanjut kemudian  setting path java. fungsi dari mengatur path java ini supaya JDK bisa berjalan di sistem operasi windows kamu. cara mengatur  path silahkan klik klik kanan My Computer (This PC) pilih Properties. lalu pilih “Advanced System Settings”  kemudian pilih “Environment Variables”.

e. Pada windows 10  tampilan Edit environment variable, lalu klik “Edit text..”. Kemudian tambah C:\Program Files\Java\jdk1.8.0_91\bin; (sesuaikan lokasi JDK di install, versi jdk ini dapat berbeda sesuai versi kamu install) kedalam variable value lalu klik ok

f. Terakhir silahkan cek apakah java terinstal sudah benar belum. untuk melihat java sudah terinstal dengan benar maka agan gunakan Command Promt (CMD) agan dengan ketikan "javac"  jika terinstal dengan benar maka akan muncul versi aplikasi nya. bila belum muncul tapi  agan sesuai langkah di atas, coba restart laptop agan.


Oke tahap pertama kita selesaikan dan sukses, bila muncul “javac’ is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file” itu belum sukses gan, dan saya yakin agan mengerti instal jdk nya mudah kan, yang perhatikan saja setiap langkah-langkahnya aja gan, simple kan. saat  nya sekarang kita lanjut kelangkah nomer 2 adalah menginstal android studio.

2. Menginstal Android studio

Tiba saatnya kita akan memulai memasang aplikasi android studio ini gan, maka dalam membuat sebuah aplikasi kita wajib ya gan, sebenarnya sih mudah instal android studio. tidak perlu keahlian khusus untuk instal nya cukup kamu perhatikan step step yang saya jabarkan di bawah ini gan, Dalam meracik aplikasi android yang terpenting sih konsep aja agan punya. oke langsung aja cara instalasi nya adalah sebagai berikut ini :

1. Download aplikasi  di website resminya  android studio (versi 2.1 Ukuran untuk windows sekitar 1262 MB lumayan gede emang aplikasi nya.

2. Setelah di download klik 2 kali untuk memulai instal aplikasi android studio

3. kemudian tinggal klik next next dan terus sampai selesai. untuk pertama kali nya agan akan dowload SDK terlebih dahulu.


Itu saja sih simple nya cara instal android studio tidak usah saya kasih gambar pastinya agan agan paham, karena memang mudah kok install nya memang tak bikin ringkas dan pada saja tutorial kali ini, masak gitu aja bingung. pastinya agan mahir lah cuma instal android studio ini. demikian celotehan saya mengenai aplikasi android studio. semoga bermanfaat.
Tag : Developer
0 Komentar untuk "Cara Instal android studio di Laptop OS Windows"

Back To Top