CONTOH RUMUS EXCEL SUMIF BERTINGKAT (SUMIFS)

Ngetrik.com Kali ini akan memberikan penjelasan mengenai rumus SUMIF bertingkat atau sering di sebut dengan SUMIFS, Pada postingan sebelum nya kita belajar rumus excel SUMIF sederhana dengan contoh soal penjualan toko onlain AAN MART. jika kamu belum belajar mengenai rumus excel tersebut silahkan baca terlebih dahulu karena pembelajaran yang kita pelajari ini berkelanjutan, dari average,min,max dan semuanya kita bahas untuk belajar excel.

Rumus Excel SUMIFS adalah merupakan penggabungan rumus excel Sum dan If dengan 2 kriteria yang akan di seleksi otomatis hal ini akan mempermudah pekerjaan kita nantinya, dalam hal menganailisa  data excel memanglah jagonya, untuk itu pelajari dengan seksama, saya yakin anda akan cepat menguasai belajar excel kali ini karena dalam pembelajaran dengan contoh soal tentunya akan lebih cepat paham.


Rumus Excel sangat di perlukan dalam hal mengolah data data agar data yang kita gunakan nanti valid, selain itu belajar microsoft excel sangat membantu kita dalam menyelesaikan tugas dari suatu pekerjaan, Rumus excel SUMIFS ini tidak jauh beda dengan rumus excel SUMIF yakni average min max.

Oke Sekarang kita akan praktek cara menggunakan rumus excel SUMIFS. Silahkan unduh contoh Soal telebih dahulu. jika sudah saya akan menjelaskan bagaimana rumus excel sumifs ini dengan penggabungan hari Tanggal Penjualan. dengan Sistim laporan 3 hari sekali.

Dalam rumus excel Sumifs di atas adalah sebagai berikut :


.=SUMIFS(D5:D14;C5:C14;"Kipas";B5:B14;">=01/10/2015";B5:B14;"<=03/10/2015")


Pada rumus excel Sumifs tersebut saya menjumlahkan nama barang yaitu kipas hanya pada tanggal 1 sampai 3 saja sehingga pada tanggal selanjutnya saya tidak jumlahkan karena saya membuat laporan penjualan pada rumus excel setiap 3 hari sekali. atau anda bisa rubah tanggal tersebut menjadi laporan mingguan mapun bulanan dengan rumus SUMIFS ini mempermudah saya jika dalam hal mencari kategori nama barang yang banyak saya tidak usah repot-repot ngecek satu persatu setiap penjualan yang ada di toko aan mart,

Pada dasarnya cara penggunaan rumus excel bertingkat sumifis ini sama bukan dengan rumus excel SUMIF sebelumnya, Dengan rumus excel sumif bertingkat ini kita akan mendapatkan data valid setiap harinya, mudah bukan , Jika anda berkenan untuk belajar excel selanjutnya silahkan anda cek dan baca selalu setiap rumus excel dari tunggal maupun bertingkat.

Baca Juga Artikel :

Demikian artikel sedikit penjelasan mengenai contoh soal rumus excel sumif bertingkat atau juga sering di sebut dengan rumus excel Sumifs.semoga bermanfaat 

Tag: rumus excel sumif penggunaan rumus excel sumifs. rumus excel sumif bertingkat, rumus excel, contoh soal excel.fungsi sumifs

0 Komentar untuk "CONTOH RUMUS EXCEL SUMIF BERTINGKAT (SUMIFS)"

Back To Top