Panduan Belajar Hypelink di Excel dengan mudah

Panduan Belajar Hypelink di Excel dengan mudah- Hyperlink excel adalah sebuah fungsi yang di gunakan untuk menghubungkan antar workshet maupun Workbook. jadi hyperlink memiliki arti sebuah jalur akses terhadap lembar kerja di excel.hyperlink excel ini banyak digunakan untuk administrasi sebuah data yang saling berkaitan, Misal kita sedang mengedit seboah laporan excel raport sekolah di situ ada data Nilai dan data kepribadian untuk membuka file data kepribadian lebih cepat kita akan membuat sebuah hyperlink excel.

Sebelum kita belajar cara mengatasi hyperlink yang tidak berfungsi alangkah lebih baiknya kita akan praktek membuat hyperlink excel terlebih dahulu. untuk membuat hyperlink saya akan memberikan sedikit tutorial kita belajar bersama mengenai hyperlink microsoft excel 2010.

Sebenarnya simpel dalam membuat hyperlink di excel ini, karena kita menggunakan tool yang sudah ada di dalam microsoft excel. tool  excel tersebut adalah pada tab bar insert di situ sudah ada menu hyperlink excel.


Cara membuat hyperlink  worksheet di microsoft excel 2010 dengan sederhana


1, Langkah pertama silahkan anda buat menu hyperlink data kepribadian seperti gambar di bawah ini.

membuat tulisan hyperlink excel data kepribadian
Dalam gambar di atas merupakan contoh excel laporan Raport menggunakan microsoft excel yang saya ambil dari internet untuk kita membuat bahan belajar mengenai hyperlink excel., dalam raport tersebut terdapat 3 shett dengan berbeda-beda penilain raport yaitu data nilai, data kerpribadian dan data raport . jika anda ingin mendapat kan materi excel di atas silahkan download contoh raport excel SD  ini.
2. Langkah ke 2 letak sel aktif pada tulisan yang kita buat pada langkah pertama tadi dan kemudian klik menu inset kemudian Pilih Hyperlink
Menu bar Dalam belajar hyperlink excel dengan mudah

Pada gambar diatas merupakan tampilan tool microsoft excel 2010 tetapi tidak berbeda jauh dengan microsoft excel 2007 maupun microsoft excel baru baru ini. saya singgung sedikit mengenai hyperlink excel ini akan menghubungkan antar sheet kalau wprk book tinggal cari aja pilahan folder nya,

3. Pada langkah ketiga silahkan perhatikan gambar di bawah ini tentang workshet yang saya akan hyperlink.

Pilihan Hyperlink to
Pada gambar di atas saya akan memilih dara kepribadian pada workshet jadi saya memilih pada tab link to nya pada Place In this Document dan saya memilih workshet kepribadian, dalam membuat hyperlink workbook silahkan kamu pada pilihan esting file or web, jika sudah silahkan klik OK

4. Dan selamat anda sudah membuat hyperlink excel

Berhasil membuat hyperlink excel

Mudah bukan dalam membuat hyperlink excel ini, panduan kali ini mengeanai pembelajaran sederhana mengenai hyperlink dengan materi yang simpel,, jika anda ingin membuat aplikasi raport sendiri dengan lebih menarik semoga teori hyperlink excel ini memberikan referensi sedikit gambaran mengenai fungsi hyperlink excel.

Cara menggunakan Hyperlink excel dengan menghubungakan Workbook

Workbook merupakan lembar kerja yang tersimpan berbentuk file excel xlsx, xlsb, xlsm, dan xlam.dalam pembuatan workbok sendiri pasti teman teman sudah tahu, pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana kita akan menghubungkan antar workbook dengan menggunakan tool hyperlink di excel 2010.

Dalam tutorial kali ini contoh soal sama dengan dengan langkah-langkah pada tutorial hyperlink excel worksheet yang membedakan hanyalah link to nya pilih saja yang folder atau web saja, berikut ini cara membuat hyperlink excel dengan workbook.

1. Pertama silahkan membuat menu hyperlink

2. kemudian Klik menu tab bar insert kemudian klik hyperlink

3. kemudian kamu pilih Link to folder

4. kemudian pilih Ok jika workbook sudah anda hubungkan


Kurang lebih sama dalam membuat hyprerlink workbook seperti langkah sebelumnya, untuk memperjelas teori ini silahkan anda mencoba dan memulai belajar bagaiman membuat sebuah link dan akan menuju ke workbook kamu pilih tadi sebelumnya, 

Workbook ini haruslah file yang berhubungan bukan, untuk itu jika kamu ingin membuat sebuah aplikasi menggunakan excel, Hyperlink merupakan ilmu dasar dalam pembuatan aplikasi berbasis excel yang perlu kamu pelajari.

Baca juga :

Hyperlink excel tidak berfungsi biasanya file sudah di pindah dari direktori hardisk kita, untuk menyikapi hyperlink excel silahkan anda cek terlebih dahulu apakah hyperlink yang anda buat benar menuju file yang anda maksut, silahkan anda klik kanan lalu edit hyperlink kamu,Ketika terjadi hyperlink eror jangan khawatir itu hanya masalah penempatan file saja jika hyperlink workbook yang link kan anda pindah, terimakasih



0 Komentar untuk "Panduan Belajar Hypelink di Excel dengan mudah"

Back To Top