Cara Menggunakan rumus Excel Concatenate Untuk titik koma otomatis

Membuat kodingan query database memang banyak cara salah satu menggunakan rumus excel concatenate. Pernah denger menggunakan titik koma otomatis untuk membuat kodingan query pada database untuk melihat databaase secara banyak. nah pada tutorial kali ini saya akan menjelasakan bagaimana cara membuat kodingan query yang sering di gunakan dalam menselect suatu database secara bersamaan.

contoh Koding query nya : Select * from nama_tabel where id in ('1','2') 

Itu adalah contoh koding query untuk melihat id satu dan 2 saja, banyak kasus yang saya alami bila ingin melihat data ratusan hingga ribuan tidak mungkin kan kita menulis data tersebut dengan mengetiknya langsung. 

Tentunya dalam membuat query yang sangat banyak seperti itu akan membutuhkan waktu yang sangat lama, untuk cara simplenya kamu bisa menggunakan cara menggunakan rumus excel yakni concatenate, nah dimana kita bisa menyatukan setiap cell pada excel dengan format text maupun angka.

tidak usah lama lagi saya akan memberikan langkah-langkah nya sebagai berikut ini :

Pertama pahami dahulu rumus concatenate ini :

Contoh rumus  nya =Concatenate(",'";CellA1;"'') 

setiap ada tanda petik bisa kalian isi dengan Cell maupun huruf yang sesuai keinginan anda pada contoh di atas saya menggunakan tiitk koma yang pada umumnya untuk memasukan data id yang akan saya select. Ini adalah contoh gambar yang saya gunakan :

Rumus Exel Concatenate 

Pada gambar di atas kalian bisa lihat formula nya untuk text sendiri bisa banyak. dan saya menggunakan hanya 3 saja karena saya ingin menggunakan datachargecode sebagai id yang akan masukan dalam query saya, nah dengan menggunakan rumus concanate saya bisa menggunakan fungsi loop yang dimana saya tinggal menarik pada kolom G dan kebawah maka secara otomatis titik dan koma akan otomatis mengikuti  text yang sudah saya buat sebelumnya.

memang dalam membuat query database banyak cara yang sering dilakukan seorang sys admin database, dengan bantuan rumus excel maka semua menjadi simple. dan mudah untuk membuat kodingan quary yang bila mana kodingan query tersebut panjang sekali.

Maka logika-logika rumus excel ini sangat membantu sekali dalam pemrosesan dalam membuat sebuah data, maupun untuk membuat kodingan. Karena di excel sangatlah lengkap, dan bagaimana cara untuk mrnggunakan nya dalam hal apapun tentunya tergantung ke kreatifan kalian semua, 

Mungkin itu saja yang dapat saya share dalam penggunaan rumus excel CONCATENATE. semoga bermanfaat buat kalian. yang sedang belajar mengenai database maupun query. salam hormat saya.


0 Komentar untuk "Cara Menggunakan rumus Excel Concatenate Untuk titik koma otomatis "

Back To Top