Kumpulan Contoh Soal Latihan Excel Komputer di perusahaan

Contoh Soal Latihan Excel Komputer di Perusahaan – Soal latihan excel  pada umumnya banyak menggunakan Logika. Jika sebelumnya kita belajar pengertian range. Sekarang  saatnya menggunakan rumus excel di dalam dunia kerja menjadi sebuah kegiatan yang sering dilakukan setiap hari. Maka bagi kalian yang sedang ingin belajar praktek excel, saya akan memberikan beberapa contoh soal latihan rumus excel.

Contoh latihan soal yang sering digunakan di dalam perusahaan. Berikut ini adalah topik pembahasan kita kali ini, untuk menguasai microsoft excel setidaknya kamu dapat memahami beberapa latihan excel di bawah ini.

  1. Soal excel menghitung daftar hadir hari kerja karyawan. 
  2. Soal excel administrasi rumah sakit.
  3. Soal Admnistrasi sekolah.
  4. cara menggunakan excel untuk diskon penjualan.
  5. Soal excel peminjaman buku perpustakaan.


Didalam contoh soal nanti kita akan menggunakan soal latihan excel if. Sum. Avarege. Sumif. If bertingkat atau bercabang dan saya sajikan secara lengkap dan ada Jawabanya pula.

Dalam Soal latihan excel yang sudah saya sebutkan di atas ada yang menggunakan pilihan ganda. Saya merangkum ketika ada wawancara tes excel yang sering di gunakan di dalam anda bekerja di bidang administrasi. Maka wajib kalian praktek belajar excel agar ketika anda mendapat sebuah pekerjaan di bidang administrasi kamu sudah familiar dengan soal soal excel.

Dalam Belajar latihan excel kalo menurut aku anda mengerti saja rumus rumus yang sering digunakan di dalam pengoperasian excel saja itu sudah cukup. Tetapi bila kalian ingin memperdalam belajar excel itu juga bagus. Karena ketika aplikasi excel kamu eror anda bisa memperbaiki sendiri data yang sedang anda olah.

Sebelum anda mengerjakan soal latihan, saya akan meberikan tips belajar excel agar cepat paham Microsoft excel. Berikut tips nya.

Cara latihan belajar excel Agar cepat Paham 


  • Belajar excel Menggunakan Contoh Soal
Dalam hal belajar kita wajib praktek sesuai apa yang kita baca sebelumnya. Agar supaya anda berlatih excel paham semua nya. Maka dari itu belajar dengan menggunakan studi kasus itu sangat saya setujui kenapa. Dengan Studi kasus excel anda dapat mengukur pemahaman anda sejauh mana.
Lerning by doing itu yang saya lakukan dalam belajar excel. Mengapa saya belajar dengan adanya masalah, karena tanpa masalah kita tidak tahu ilmu kita dapat menyelesaikan masalah tersebut atau tidak tahu.


  • Belajar excel  Melalui Forum
Dalam Belajar excel saya sering belajar melalui forum forum administrasi salah satunya. Dengan Belajar Melalui forum saya dapat bertanya pada teman teman yang sedang belajar excel secara bersama-sama. Forum yang saya ikuti banyak yang bertebaran di internet. Belajar di forum dulu sewaktu saya bekerja sebagai administrasi di suatu perusahaan penjualan sebuah mesin. Pertama memang saya tidak memahami sekali  bagaimana rumus excel SUM, IF. Sumif, Rumus Vlookup rumus Hlookup, Rumus Hitung jam Karyawan. Dan masih banyak lagi. Dengan Lambat laun saya sering membuka forum forum tersebut, dan Berkat forum tersebut saya dapat menyelesaikan tugas administrasi pada akhir tutup buku bulanan perusahaan, Latihan excel secara urut akan mempermudah kita memahami sebuah materi.


  • Berlatih secara fokus dan  Konsisten
Seseorang dapat mencapai sebuah keinginan nya, karena dia konsisten dalam belajar  dan selalu di kerjakan secara bertahap.Maka dalam belajar excel juga kita harus konsisten supaya kita belajar mudah paham dan apa yang kita pelajari, dapat tercapai. Untuk saya akan shared 4 Contoh soal yang sering di gunakan untuk tes kerja,


Contoh Soal Latihan Excel  Dasar Di Perusahaan


Dalam dunia kerja, Microsoft excel sudah menjadi kebutuhan utama dalam pengoperasian sebuah data perusahaan. Selain aplikasi ini mudah di gunakan, aplikasi excel ini mudah di mengerti untuk kalian yang sedang menacari contoh soal excel. Berikut ini yang biasa di gunakan di dalam perusahaan pada umumnya  Sebelumnya silahkan Download file excel terlebih dahulu.:

1. Soal Excel Daftar Hadir Kerja karyawan

Setiap karyawan yang kerja di dalam perusahaan. Pasti setiap pagi mereka melakukan proses absensi. Di dalam proses absensi mereka banyak yang menggunakan alat fingger pin, Atau hanya menggunakan lembar kertas tabel saja. Bila yang masih menggunakan lembar kertas kerja. Pasti membuat sebuah rekap data pasti mereka menggunakan rumus excel. Untuk itu menghitung hari kerja karyawan menggunakan excel itu sangat mudah. 

Mengenai Daftar Hadir karyawan ini ada salah satu yang kalian pahami yaitu menghitung hari dia bekerja, Karena Hari kerja ini akan berpengaruh dengan sistem laporan gaji mereka. Untuk mempermudah menghitung hari kerja mereka. Dulu saya menggunakan rumus excel Networkdays.
Dalam menggunakan rumus excel netwokdays saangat felxibel. Kenapa saya kataka flexibel, karena rumus networkdays ini dapat kita tentukan hari libur nya.

Contoh perusahaan Industri Di jawa tengah menggunakan hari libur Minggu saja. Sedangkan perusahaan industri B di jakarta menerapkan 5 hari kerja,  nah Hal tersebut dapat kita atur rumus excel dengan Networkdays. Untuk lebih Jelasnya silahkan anda Praktek pad contoh soal yang pertama ini.

Cara menggunakan Rumus Excel Networkdays untuk Menghitung Jumlah Hari Kerja Karyawan :

Contoh soal latihan excel daftar hadir karyawan
Contoh soal latihan excel daftar hadir karyawan


  1. Silahkan Buat Tabel Karyawan Seperti Gambar di atas:
  2. Jika anda Sudah Membuat Tabel buat define name untuk hari tanggal merah, dalam Menggunakan define Name sangat mudah silahkan blok cell yang akan di kasih inialisasi atau penamaan pada hari liburnya. dengan Klik Kanan Cell hari libur. Maka kata holiday tersebut di ubah menjadi hari libur.
  3. Masukan rumus excel pada Kolom Hitung Hari Kerja
  4. Selesai

Penjelasan Rumus excel Networkdays:

=NETWORKDAYS(start_date,end_date,[holiday])
Pada Keterangan Rumus excel di atas di jelaskan bahwa netwokdays adalah kata mengawali untuk menjumlah hari dari start date (atau istilah nya tanggal masuk) sampai dengan end date (Tanggal selesai) di kurangi dengan Holiday( Hari Libur). Mudah bukan dalam memahami rumus tersebut jika anda menggunakan rumus netwokdays ini, tentunya akan mempermudah kamu dalam menyelesaikan membuat daftar hadir pegawai dengan excel.

2.  Soal Excel  Menggunakan  Diskon ke Pembeli

Dalam Melakukan promosi penjulan setiap pedagang memberikan sebuah diskon. Dalam mempermudah tugas mereka saat menghitung diskon tentunya banyak para pengusaha seperti penjualan buku, penjulan barang elektronik dan lain lain. Dalam membuat sebuah proses hitung menghitung mereka dapat  menentukan harga atau sebagai catatan administrasi mereka menggunakan microsoft excel.

Kali ini pada contoh yang nomer 2 ini saya memberikan contoh soal membuat diskomn untuk pembeli anda., silahkan ada lihat file excel yang sudah anda download tadi kemudian lihat pada sheet 2 mengenai diskon. Kali ini ada pembelian yang di lakukan oleh 2 orang yakni Dian Dan Very. Dian dan very membeli beberapa buku dengan asumsi ada diskon jika melebihi dari 3 barang yang di beli.
Jadi untuk membuat Diskon maka kita lihat rumus diskon yang saya buat kali ini. Harga Akhir = Harga Awal * Quantity/Jumlah * (1 - Persentase Diskon) . 

Untuk memulai mengerjakan soal latihan ini :
1.    Buat file seperti contoh di bawah ini :
tabel excel diskon
soal tabel excel diskon

2.    Kemudian buat rumus excel nya =IF(F4<=3;C4*F4*(1-D4);C4*F4*(1-(D4+E4)))
3.    Selesai

Penjelasan Mengenai rumus excel diskon Penjualan :

Pada rumus excel diskon ini saya menggunakan rumus excel if. Maka saya akan menjelaskan rumus excel merupakan ada syarat yang harus terpenuhi terlebih dahulu. Misalkan jika ingin mendapatkan diskon pembeli harus membeli baarang minimal 3 sesuai dengan contoh soal yang saya buat tadi.

Dalam mebuat rumus untuk promosi penjualan di excel mudah, excel bekerja dengan cepat dan mudah. Bila kalian sedang memanajemen sebuah perusahaan yang kamu miliki. Dasar excel harus kamu miliki, supaya kamu dapat mengelola perusahaaa dan  dapat perkembangan Perusahaan Kalian.

Memang dalam administrasi perkantoran itu sangat luas. Tetapi jika kita mengetahui dasar dasar pengelolaan perusahaan, secara otomatis pada nantinya kalian akan mempelajari pengoperasian sebuah data. Jadi di dalam lingkup kerja pula anda di tuntut dapat bisa mengoperasikan sebuah software office seperti excel ini.

Jadi dalam belajar excel kita harus bertahap. Dan buat kalian yang Mau ikut tes pekerjaan menggunakan microsoft excel. Biasaya tes hanya formalitas saja. Yang terpenting anda mengetahui garis besar rumus excel yang harus di gunakan dalam sebuah pengoperasian sebuah data perusahaan. 

3.    Soal Excel  administrasi Sekolah


Soal Administrasi excel raport nilai di sekolah

Administrasi tidak hanya di lakukan di sebuah perusahaan saja. Lembaga sekolah pun menggunakan administrasi juga, untuk itu dalam hal ini saya akan shared sedikit excel yang digunakan pada lembaga sekolah, sedangkan lembaga sekolah tidak hanya Di Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas maupun Perguruan Tinggi pun, Masih membutuhkan progam excel ini. Maka dari Itu excel di butuhkan tidak hanya perusahaan saja, tergantung setiap orang yang memanejemen nya. contoh soal excel tes kerja yang di administrasi sekolah memang beragam. Untuk itu saya akan memberikan secara sederhana saja.

Dalam Studi kasus kali ini saya akan memberikan sebuah soal administrasi yang umumnya di gunakan di administrasi sekolah, buat kalian siswa atau seoarang guru yang belajar mengenai excel soal soal seperti Penentuan lulus tidak lulus siswa nya dapat menggunakan microsoft excel ini.

Contoh Soal :

Pada sekolah Menengah Pertama terdapat seoarang guru yang sedang ingin mengolah data nilai siswa. Dari nilai tertinggi, Nilai rata rata maupun, Penentuan lulus tidak lulus seorang siswa tersebut. Pada Studi Kasus kali ini kita menggunakan rumus dasar excel. Seperti Rumus excel SUM, Avarege, Rumus IF, dan rumus Excel MIN. Langkah Awal belajarnya sebagai berikut ini :

- Buat sebuah tabel seperti diatas
- Isikan Data seperti kolom di atas
- Isikan Rumus Excel Sum, Avarege, Min dan IF pada kolom yang di cantumkan pada penjelasan rumus.
- Selesai. 

Penjelasan Rumus excel yang di gunakan :

- Jumlah Nilai :

Pada kolom Jumlah nilai Kita menggunakan rumus dasar exel Sum. Dalam Penulisan Rumus excel nya adalah =SUM(B4;C4;D4). Bila Kalian ingin mengetahui penjelasan rumus excel tersebut bisa anda baca postingan saya sebelumnya.

- Nilai Rata –Rata :

Pada Kolom Nilai Rata rata kita menggunakan rumus excel dasar yaitu Averege. Dalam Penulisan rumus excel nya adalah =AVERAGE(B4;C4;D4).

- Nilai Tertinggi:

Pada Kolom Nilai Tertinggi Kita menggunakan rumus excel MAX. Dan cara penulisan rumus excel nya adalah =MAX(B4;C4;D4;).

-    Nilai Terendah:
Pada Kolom Nilai Terendah Kita menggunakan rumus excel MIN. Dan cara penulisan rumus excel nya adalah =MIN(B4;C4;D4;).

-    LULUS / TIDAK LULUS
Pada Kolom keterangan lulus atau tidak lulus nya siswa. Kita menggunakan rumus excel IF. Dan cara penulisan rumus excel nya adalah = =IF(F4>60;"LULUS";"TIDAK LULUS").
Demikian yang biasa di lakukan kebanyakan administrasi nilai pada siswa yang sering di gunakan di dalam sekolah. Latihan dasar adalah kunci untuk lanjut kedalam yang lebih expert. Semoga jelas dalam menyampaikannya.

4.    Soal Excel Peminjaman Buku  Perpustakaan

Pada Soal nomer 4 ini, saya akan bagikan bagamana cara membuat format excel untuk pendataan  peminjaman buku. Boleh kalian kembangkan, Jika anda ingin membuat laporan peminjaman sperti. Penyewaan CD, Penyewaan Mobil. Penyewaan Playstation, maupun Penyewaan Lapangan Futsal.  Dalam hal ini kita membuat tabel sebuah konsumen kita mengenai penyewaan Buku di Perpustakaan.

Administrasi perpustakaan pastinya akan banyak berhubungan dengan Buku. Dengan data pelanggan biasanya menggunakan excel. Atau buat kalian yang membuka usaha baru dapat membuat administrasi perusahaan kalian sendiri menggunakan excel seperti yang akan kita buat ini.

Kolom Jenis Buku :

Penulisan Kode buku terserah kalian. Tapi saya mengunakan kode buku ada 5 jenis yaitu Komputer, dengan  Kode Buku = KOM.  Majalah dengan Kode Buku = MJL , Agama dengan  Kode Buku = AGA,  Novel dengan  Kode Buku = NOV, Ilmiah dengan Kode Buku = ILM.

Cara penulisan rumus excel IF  bertingkat pada kolom jenis buku adalah sebagai berikut ini :
=IF(C4="AGA";"Agama";IF(C4="KOM";"Komputer";IF(C4="MJL";"Majalah";IF(C4="ILM";"Ilmiah";IF(C4="NOV";"Novel")))))

Kolom Biaya/perhari :

Pada kolom Biaya perhari silahkan isi sesuai keinginan kamu. Pada contoh excel yang saya buat adalah  Buku agama 6000. Buku komputer, buku novel dan buku majalah antara 4000 sampai 6000. Sesuaikan saja dan silahkan kalian utak atik sendiri ya.

Cara penulisan rumus excel IF  bertingkat pada kolom biaya buku per hari adalah sebagai berikut ini :

=IF(C4="AGA";6000;IF(C4="KOM";7500;IF(C4="MJL";5000;IF(C4="ILM";7000;IF(C4="NOV";4500)))))

Kolom Keterlambatan :

Pada peminjaman buku pastinya ada perjanjian lama nya hari yang akan di sewa. Kesepakatan awal yang di buat pada studi kasus kali ini adalah palinga lama adalah 7 hari. Jika dia meminjam buku melebihi dari waktu yang kita tentukan secara otomatis dia akan di denda.

Cara penulisan rumus excel IF  bertingkat pada kolom Keterlamabatan adalah sebagai berikut ini :
=IF(E4>7;E4-7;0)

Kolom Denda :

Peminjaman pasti ada yang mengembalikan terlambat, untuk memberikan sanksi pada para peminjam buku yang terlambat . kita bisa gunakan aturan denda. Jika peminjam melebihi waktu yang di tentukan secara otomatis terhitung pula denda nya. Untuk mempermudah pada proses penghitungan denda kita menggunkan rumus perhitungan dan perkalian excel. Jika konsumen terlambat sehari maka akan di denda sebesar 3000 rupiah. Jadi rumus nya adalah =3000*G4

Kolom jumlah biaya :

Pada Kolom jumlah biaya kita menggunakan rumus excel sum saja. Pada kolom jumlah biaya ini menjumlahkan dari biaya pinjam perhari dikalikan lama meminjamnya buku. Berikut ini adalah Rumus excel yang di gunakan pada kolom Jumlah Biaya : =E4*F4+H4

Demikian 4 contoh soal latihan excel yang sering di gunakan di tempat kerja pada umumnya, Dalam hal ini saya memberikan rumu-rumus excel sederhana. Jika anda ingin memperdalam rumus excel. Anda bisa belajar rumus excel seperti  contoh soal excel vlookup dan hlookup yang di kombinasi. Dan  masih bannyak lagi yang wajib kalian pelajari. bila kalian ingin mengembangkan format excel yang si berikan ini silahkan. Semoga dalam belajar ini kalian semua mendapatkan manfaat. Sekian dan terimakasih.
1 Komentar untuk "Kumpulan Contoh Soal Latihan Excel Komputer di perusahaan"

Back To Top